vannzenviqAvatar border
TS
vannzenviq
[Ngamen 18+] Ini Pilihan bukan Keterpaksaan..
Proud to be part of

Click Image To Visit Our Home




Spoiler for Repost:


Quote:


Quote:


Beberapa hari yang lalu, kurang lebih jam sembilan pagi, ane menjadi penumpang bus umum yang sudah sangat lama tidak pernah ane tumpangi. Yah, sejak tahun 2003 sudah lama banget kan gan?.. emoticon-Big Grin
FYI, sebelum tahun itu, dari sekitar 1996 ane adalah pelanggan tetap bus umum jalur itu. Ini salah satu penampakan bis umumnya gan:
Spoiler for Bus:

Agan-agan kaskuser regional Solo dan sekitarnya pasti tahu dan pernah liat atau bahkan pernah jadi penumpang juga. Kenapa ane lama gak naik bus itu? Karena emang udah gak ada kepentingan rutin di jalur itu, ane merantau ke kota lain dan juga ane udah ada kendaraan pribadi.

Bukan soal bus umum jalur ini yang pengen ane angkat ceritanya disini gan, tapi soal pengamen yang menghuni/menguasai/menggawangi(atau apalah istilahnya) dalam bus yang ane maksud. Dulu tahun 1996 hingga 2003 ane sangat hafal siapa-siapa saja pengamen dan lagu-lagu yang sering mereka bawakan. Naik dari mana, lalu turun dimana ane sampe hafal. Ada yang jadi favorit ane karena lagu-lagunya yang bagus, updated, suara bagus dan sopan saat meminta pemberian penumpang. Dan ada juga yang ane benci karena nyanyinya ngawur (menghibur kagak mengganggu iya) dan saat meminta pake maksa.

Spoiler for CERITA:

Ane mulai menghitung-hitung sendiri untuk ukuran sekarang dengan angka kasar gan. Jika dalam satu kali "naik" seorang pengamen mendapatkan rata-rata 10 orang (ane rasa lebih dari itu, tapi anggap aja begitu) dari 30 bahkan 50 penumpang yang ada dan setiap orang memberikan seribu rupiah, mereka sudah mengantongi Rp. 10.000,-
Dalam waktu sehari (pagi-sore, 12 jam) ada sekitar 48 bus yang melintas di wilayah ngamen mereka karena setiap 15 menit bus jalur ini melintas searah. Jika dihitung bolak-balik ada 96 bus melintas.
Jika pengamen menaiki 25% saja dari bus yang melintas, yaitu 24 bus, maka dalam sehari sudah mendapatkan Rp. 240.000,-
Rp. 240.000,- per HARI
Rp. 1.200.000,- per MINGGU (5 hari kerja emoticon-Hammer)
Rp. 4.800.000,- per BULAN

Quote:

Inget gan, ane hanya ambil contoh jika HANYA 25%kesempatan yang mereka gunakan, dan 5 hari kerja (tambah dibikin enak nih gan hitungan ane emoticon-Ngakak (S)).. Bagaimana jika mereka bisa mengoptimalkan peluang itu?.. 50% atau 80%?.. Tidak akan mungkin 100% sih emoticon-Hammer
Tapi itu adalah angka yang sangat luar biasa dengan modal lagu yang sama (tanpa belajar lebih), mengafal kunci gitar kecil (ukulele) yang sama, tanpa modal BBM, kedisiplinan jam trayek dan biaya perawatan onderdil (jika dibandingkan dengan kru bus).. emoticon-Cape d... (S) Kenapa berani menyanyikan lagu yang selalu sama?.. Yah, karena penumpangnya yang berbeda-beda gan.. emoticon-Hammer (S)

Ane jadi manggut-manggut sendiri dan mengerti mengapa ane masih menemui mereka yang telah lebih dari 18 tahun tetap menjadi pengamen. Karena bagi mereka itu adalah PILIHAN, bukan KETERPAKSAAN atas keadaan hidup yang mereka jalani.

Quote:


Sekian thread "singkat" dari ane, semoga agan-sista berkenan berbagi pendapat disini.. emoticon-Smilie

NOTES: TS bukan bermaksud merangsang minat agan untuk jadi pengamen dengan hitungan itu. Hanya sekedar berbagi "lamunan" yang TS yakin sudah banyak juga agan-sista lamunkan.. emoticon-Smilie. TS juga tidak terlalu menganggap mudah untuk jadi pengamen (mereka butuh mental yang kuat, menghadapi masalah sindikat, premanisme dll..).. So mari diskusikan emoticon-Smilie


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)






Diubah oleh vannzenviq 13-03-2014 12:06
0
29.3K
213
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan