Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ex_visionAvatar border
TS
ex_vision
Sharing Manfaat dari Menggunakan Jasa Perencana Keuangan
Salam sejahtera agan-agan sekalian. Ane sekedar mau sharing tentang jasa Financial Planner. Tulisan ini dibuat se-objektif mungkin tanpa bermaksud promosi atau menjelekan Financial Planner tertentu. Sharing ini dilatarbelakangi oleh karena ane telah merasakan manfaat dari menggunakan jasa perencana keuangan. Rata-rata mereka adalah orang-orang yang kompeten dalam membantu klien membuat rencana keuangan yang tepat. Salah satu keunggulan yang mereka miliki adalah pengetahuan soal prinsip, perhitungan, dan data-data akurat terbaru seputar pengelolaan keuangan pribadi.


Beberapa manfaat yang ane rasakan secara pribadi ketika menggunakan Financial Planner:
- mereka mampu mengevaluasi hal-hal apa yang sebenarnya penting untuk ane siapkan, namun selama ini luput dari perhatian Ane.
- setelah melakukan evaluasi, mereka membantu ane menghitung semua kebutuhan uang yang diperlukan (dan ane kaget ketika tahu jumlah yang perlu dipersiapkan sangat besar); namun yang patut diacungi jempool, mereka dapat merencanakan bagaimana jumlah kebutuhan yang besar itu dapat dicapai dengan uang yang kecil, yang ane sanggupi.
- Financial Planner membantu ane hingga rencana keuangan yang dibuat benar-benar ane lakukan. Mengenai hasil, sejauh ini sudah sesuai dengan yang keluarga ane harapkan (malahan ada kelebihannya). Menariknya, ane baru kena consultation fee jika perencanaan yang dibuat benar-benar masuk akal bagi ane dan ane telah mengeksekusinya.


Ane tidak mau sebut spesifik jasa Financial Planner yang ane gunakan (takut berbau promosi), namun menurut ane ada beberapa Financial Planner Team yang bagus dan kompeten. Contoh-contohnya:
- QM Financial (www.qmfinancial.com)
- Summa Financial (www.summafinancial.com)
- Finansia Consulting (www.finansiaconsulting.com)


Perbedaan yang ada di antara Financial Planner tersebut biasanya ada di sistem pembayaran jasa keuangan. Setau ane, kalau seperti QM Financial, itu kita dikenakan consultation fee di awal untuk dibuatkan rencana, namun kalau Summa Financial pembayaran baru dilakukan ketika klien mengeksekusi rencananya (dengan asumsi klien memang memahami bahwa rencana tsb benar-benar sesuai) ; sebelumnya mohon koreksi kalau ane salah atau kurang spesifik menjelaskan. Nah, kalau soal pelayanan itu relatif. Yahh ane ga punya indikator baku menilai mana yang lebih ramah, care, dsb.


Intinya, jika kita tidak begitu dalam memahami bagaimana merencanakan keuangan keluarga, jasa perencana keuangan yang ada saat ini akan memberikan manfaat yang sangat positif. Sekian gan dari ane. Kalau agan-agan sekalian ada yang punya komentar seputar hal ini, silahkan. emoticon-Smilie
0
1.7K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan