Kaskus

Entertainment

aggyshAvatar border
TS
aggysh
Sonic Boom
PENGERTIAN SONIC BOOM
Sonic boom adalah istilah
bagi gelombang kejut di udara yang
dapat ditangkap telinga manusia.
Istilah ini umumnya digunakan untuk
merujuk kepada kejutan yang
disebabkan pesawat-pesawat
supersonik.
Saat pesawat terbang
melebihi kecepatan suara , muncullah
gelombang kejut pada bagian tertentu
pesawat. Gelombang kejut adalah
daerah di udara dimana terjadi
perubahan (tekanan udara,
temperatur, densitas) secara dadakan.
Gelombang kejut ini merambat dalam
bentuk kerucut dan bisa sampai ke
permukaan tanah, membuat pekak dan
memecahkan kaca-kaca. Karena itu
pesawat supersonik biasanya tidak
terbang di atas daerah berpenduduk
Ada dua jenis boom: N-
gelombang dan U-gelombang, N-
gelombang yang dihasilkan dari kondisi
penerbangan yang mantap, dan
gelombang tekanan adalah berbentuk
seperti huruf "N. N-gelombang
memiliki shock depan ke puncak positif
overpressure yang diikuti oleh
penurunan linear dalam tekanan
sampai shock belakang kembali ke
tekanan ambien. U-gelombang, atau
booming terfokus, yang dihasilkan dari
manuver penerbangan, dan gelombang
tekanan adalah berbentuk seperti
huruf "U". U-gelombang memiliki
guncangan positif di depan dan
belakang ledakan itu di mana puncak
overpressures meningkat dibandingkan
dengan gelombang N-.
Ketika sebuah benda
melewati udara itu menciptakan
serangkaian gelombang tekanan di
depan dan belakangnya, mirip dengan
gelombang haluan dan buritan dibuat
oleh perahu. Gelombang ini bergerak
dengan kecepatan suara , dan sebagai
kecepatan meningkat objek, gelombang
dipaksa bersama-sama, karena mereka
tidak bisa keluar dari jalan satu sama
lain, akhirnya penggabungan menjadi
sebuah gelombang kejut tunggal pada
kecepatan suara Kecepatan ini kritis
ini dikenal sebagai Mach 1 dan sekitar
1.225 km / jam (761 mph) di permukaan
laut dan 20 ° C (68 ° F). Dalam
penerbangan halus, gelombang kejut
dimulai pada hidung pesawat dan
berakhir pada ekor.
Suara ledakan sonik
tergantung pada jarak antara
pengamat dan bentuk pesawat
menghasilkan sonic boom. Sebuah sonic
boom biasanya terdengar sebagai
"booming" ganda sedalam pesawat
biasanya agak jauh. Namun, sebagai
orang yang telah menyaksikan
pendaratan pesawat ulang-alik telah
mendengar, saat pesawat dekat sonic
boom adalah lebih tajam "bang" atau
"retak Suara jauh seperti " bom udara
"digunakan pada menampilkan
kembang api Ini adalah
kesalahpahaman umum bahwa hanya
"satu" ledakan yang dihasilkan selama
subsonik untuk transisi supersonik,
bukan, boom kontinu sepanjang karpet
booming untuk penerbangan supersonik
keseluruhan Sebagai mantan pilot
Concorde katakan, "Anda tidak
benar-benar mendengar apa-apa di
papan Yang kita lihat adalah
gelombang tekanan bergerak turun
pesawat -. Itu memberikan indikasi
pada instrumen Dan itulah apa yang
kita lihat Mach 1 Tapi kami.. tidak
mendengar sonic boom atau sesuatu
seperti itu Itu agak seperti bangun
kapal -... itu di belakang kami " [3]
Pada tahun 1964, NASA dan
Federal Aviation Administration mulai
Oklahoma tes Kota sonic boom , yang
menyebabkan delapan ledakan sonik
per hari selama periode enam bulan.
Data berharga dikumpulkan dari
eksperimen, tapi 15.000 keluhan yang
dihasilkan dan akhirnya terjerat
pemerintah dalam class action
gugatan, yang hilang di banding tahun
1969.
Telah ada penelitian terbaru
di daerah ini, terutama di bawah
penelitian Tenang DARPA Platform
Supersonic. Penelitian oleh para ahli
akustik bawah program ini mulai
mencari lebih dekat pada komposisi
booming sonik, termasuk konten
frekuensiBeberapa karakteristik dari
sonic boom tradisional "N" gelombang
dapat mempengaruhi seberapa keras
dan menjengkelkan dapat dirasakan
oleh pendengar di tanah. Bahkan kuat
N-gelombang seperti yang dihasilkan
oleh Concorde atau pesawat udara
militer dapat jauh lebih sedikit pantas
jika waktu naik dari overpressure yang
cukup panjang. Sebuah metrik baru
telah muncul, yang dikenal sebagai
kenyaringan yang dirasakan, diukur
dalam PLdB. Ini memperhitungkan
frekuensi konten, waktu naik, dll
Sebuah contoh terkenal adalah
menjentikkan jari-jari Anda di mana
"dianggap" suara tidak lebih dari
gangguan.
Kisaran energi sonic boom
terkonsentrasi di 0,1-100 hertz
rentang frekuensi yang jauh di bawah
pesawat subsonic, tembakan dan paling
kebisingan industri . Durasi sonic boom
adalah singkat, kurang dari satu detik,
100 milidetik (0,1 detik) untuk sebagian
besar pesawat tempur berukuran dan
500 milidetik untuk pesawat ruang atau
pesawat jet ConcordeIntensitas dan
lebar jalan sonic boom tergantung
pada karakteristik fisik dari pesawat
dan bagaimana dioperasikan. Secara
umum, semakin besar suatu ketinggian
pesawat, semakin rendah overpressure
di tanah. Ketinggian yang lebih besar
juga meningkatkan penyebaran lateral
yang booming itu, memperlihatkan
daerah yang lebih luas untuk boom.
Overpressures di daerah dampak
ledakan sonik, bagaimanapun, tidak
akan seragam. Intensitas Boom
terbesar langsung di bawah jalur
penerbangan, semakin melemahnya
dengan jarak horisontal yang lebih
besar jauh dari jalur penerbangan
pesawat. Lebar tanah daerah paparan
booming adalah sekitar 1 undang-
undang mil (1,6 km) untuk setiap 1.000
kaki (300 m) ketinggian (5 m / m),
yaitu, sebuah pesawat terbang
supersonik di 30.000 kaki (9.100 m)
akan membuat booming penyebaran
lateral yang sekitar 30 mil (48 km),
atau 10.000 meter penyebaran dari 50
kilometer. Untuk penerbangan
supersonik stabil, boom digambarkan
sebagai ledakan karpet karena
bergerak dengan pesawat karena
mempertahankan kecepatan supersonik
dan ketinggian. Beberapa manuver,
menyelam, percepatan atau memutar,
dapat menyebabkan fokus dari boom.
Manuver lainnya, seperti perlambatan
dan mendaki, dapat mengurangi
kekuatan shock. Dalam beberapa
kondisi cuaca kasus dapat mendistorsi
booming sonik
Tergantung pada ketinggian
pesawat, sonik boom mencapai tanah
dua sampai 60 detik setelah jembatan.
Namun, tidak semua booming
terdengar di permukaan tanah.
Kecepatan suara di setiap ketinggian
merupakan fungsi dari suhu udara.
Penurunan atau peningkatan suhu di
dalam hasil yang sesuai penurunan
atau peningkatan dalam kecepatan
suara. Dalam kondisi atmosfer
standar, suhu udara menurun dengan
ketinggian meningkat Misalnya, ketika
suhu permukaan laut adalah 59 derajat
Fahrenheit (15 ° C), suhu di 30.000 kaki
(9.100 m) turun sampai minus 49
derajat Fahrenheit (-45 ° C). Hal ini
gradien suhu membantu menekuk
gelombang suara ke atas. Oleh karena
itu, untuk boom untuk mencapai tanah,
kecepatan pesawat relatif terhadap
tanah harus lebih besar dari
kecepatan suara di tanah Sebagai
contoh, kecepatan suara di 30.000 kaki
(9.100 m) adalah sekitar 670 mil (1.080
km) per jam, namun pesawat harus
perjalanan setidaknya 750 mil (1210
km) per jam (Mach 1,12, di mana 1
Mach sama dengan kecepatan suara)
untuk booming untuk didengar di
tanah. [1]
Suhu variasi, kelembaban ,
polusi atmosfer , dan angin semua
dapat memiliki efek pada bagaimana
sonic boom dirasakan di tanah. Bahkan
tanah itu sendiri dapat mempengaruhi
suara ledakan sonik Permukaan keras
seperti beton , trotoar , dan bangunan
besar dapat menyebabkan refleksi
yang dapat memperkuat suara ledakan
sonik. Demikian pula berumput bidang
dan banyak dedaunan dapat
membantu melemahkan kekuatan
overpressure dari ledakan sonik.
Saat ini ada standar industri
tidak diterima untuk penerimaan
ledakan sonik. Sampai metrik tersebut
dapat didirikan, baik melalui studi
lanjutan atau pengujian overflight
supersonik, diragukan bahwa undang-
undang akan ditetapkan untuk
menghapus larangan saat ini pada
overflight supersonik di tempat di
beberapa negara, termasuk Amerika
Serikat.
Sebuah ledakan sonik
kadang-kadang dapat disebut sebagai
gelombang sonik.
Contoh pesawat yang bias
melakukan sonic boom, adalah:
Sonic Boom F-86 Sabre
F-86 adalah pesawat yang
tergolong pesawat sub-sonic
(kecepatan dibawah mach 1), tetapi
bukan berarti pesawat ini tidak dapat
melakukan sonic boom. F-86 dapat
melakukan sonic boom dengan cara
membawa pesawat ke ketinggian yang
ditentukan (lupa ketinggiannya,
bukunya dah ilang), lalu pesawat turun
menukik sambil mengaktifkan
afterbuner. maka akan terciptalah
sonic boom dengan kecepatan sekitar
mach 1,2.
Walaupun f-86 merupakan pesawat
sub-sonic, tetapi strukturnya dapat
menahan pesawat hingga kecepatan
supersonic.
Sonic boom pada f-86 hanya
digunakan dalam atraksi aerobatik.
Tim aerobatik spirit 78 pernah
melakukan atraksi ini pada perayaan
ulang Tahun ABRI, 5 Oktober 1978, di
Senayan Jakarta.maaf kalau kepanjangan dan gg ada fotonya
0
7K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan