Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zexquinAvatar border
TS
zexquin
beberapa cara membuat kopi (pecinta kopi masuk)
disini ane mau share beberapa cara untuk buat kopi gan. siapa tau ada agan mau cicip rasa kopinya gan emoticon-Toast

1. drip method (kopi tetes)
Metode ini disebut juga dengan Filter Method. Sampai saat ini, drip method merupakan cara membuat kopi yang paling populer karena kesederhanaan dan efisiensinya.
Cara pembuatan :
Air dituang ke kopi bubuk yang diletakkan di atas kertas saring, menuju ke bejana kopi. Untuk menyeduhnya, cukup panaskan bejana kopi tersebut dan kopi siap disajikan. menurut ane sih ini enakan gan, jadi biji kopi yang keci-kecil kesaring.
beberapa cara membuat kopi (pecinta kopi masuk)

2. French Press
French Press mempunyai nama lain Plunger atau Cafetiere. Metode French Press mengekstrak paling banyak cita rasa yang terdapat di dalam kopi bubuk dan metode ini merupakan cara kedua yang paling populer. Harga alatnya juga terjangkau dan dapat diperoleh di mana-mana.
Coba deh beli biji kopi favorit kamu di kedai kopi, terus bikin kopi sendiri pake metode French Press di rumah.
beberapa cara membuat kopi (pecinta kopi masuk)

3. Turkish Coffee
Disebut juga Arab Method. Cara ini mungkin merupakan asal muasal cara pembuatan kopi pertama kali dan kopi yang dihasilkan juga mempunyai rasa yang sangat kuat dan pekat. Pastinya ngga semua orang akan menyukai kopi jenis ini sih. Kalo agan maunyoba, denger-denger ada salah satu cafe Turki di daerah Gunawarman, Jakarta yang menjual kopi ini.
Cara pembuatan :
Kopi digiling secara manual menggunakan lesung dan alu, atau menggunakan alat penggiling kopi yang disebut kahve değirmeni, lalu ditaruh di sebuah bejana yang disebut ibrik bersama gula dan air. Kemudian campuran ini dididihkan tiga kali dan dituang ke dalam cangkir.
beberapa cara membuat kopi (pecinta kopi masuk)

4. Espresso
Mesin ini adalah alat yang paling umum yang ada di kedai kopi. Mesin espresso ada yang manual dan otomatis.mesin espresso adalah salah satu mesin kopi yang paling canggih karena hampir semuanya serba otomatis (misalnya pengaturan suhu).
beberapa cara membuat kopi (pecinta kopi masuk)

5. Vacuum
Metode ini juga disebut dengan siphon. Cara kerja alat ini sangat lambat dan prosesnya cukup unik. Patut dicoba!
Cara pembuatan :
Air dipanaskan hingga mendidih di dalam teko gelas. Di atas teko tersebut diletakkan bejana gelas berisi kopi bubuk. Air yang panas akan naik ke bejana gelas berisi kopi bubuk, aduk sebentar kira-kira satu menit. Di bejana gelas ini kopi telah siap disajikan namun masih terdapat ampas kopi. Nah, ketika suhu teko gelas di bagian bawah telah mendingin, air kopi di bejana gelas akan turun ke bawah (karena gravitasi dan perbedaan tekanan). Ampas kopi akan tetap tertinggal di atas karena atas kertas saring.
beberapa cara membuat kopi (pecinta kopi masuk)

6.Cold Water Method (Metode Air Dingin)
Kopi dengan cold water method juga umum disebut dengan cold brew coffee (kopi dingin). Cara ini hanya cocok untuk mereka yang sangat sabaaaaaarrrrr menunggu kopinya siap, karena kopi ini harus didiamkan selama kurang lebih 12 jam dulu baru siap disajikan. Konon kabarnya, kopi dingin ini ramah buat kamu yang perutnya sensitif sama asam kopi. Kopi ini bisa disajikan panas, dengan es batu, atau dicampur dengan es dan bahan-bahan lain seperti coklat.
beberapa cara membuat kopi (pecinta kopi masuk)

7. Neapolitan FlipDisebut
Disebut juga Reversible Drip Pot. Dari gambarnya sih alat ini terlihat seperti dua cangkir kopi yang saling bertumpuk.
Cara pembuatan :
Di antara dua cangkir tersebut terdapat alat penyaring yang telah diisi kopi bubuk. Cangkir yang bawah diisi dengan air dan dipanaskan sampai mendidih. Kemudian alat ini dipindahkan dari kompor dan dibalik. Air kemudian akan mengalir melalui saringan dan kopi bubuk, lalu menetes ke cangkir kopi bagian bawah (yang semula berada di atas).
beberapa cara membuat kopi (pecinta kopi masuk)

sebenernya masih ada banyak sih gan, tapi berhubung udah magrib cus dulu yahh. kalo banyak yang komeng ntr lanjut lagi dehh
emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2

bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) ame emoticon-Rate 5 Star yah gan emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia\

tambahan dari agan amnessterz cara memasukkan bubuk kopi ke dalam gelas, atau diseduh asli indonesia gan
1. siapkan, gelas, sendok, kopi bubuk, gula
2. masukan kopi dan gula ke dalam gelas perbandingan 2:1
3.seduh dengan air
4. siap sruput gan emoticon-Toast
ini tambahan dari beberapa situs gan:
Kualitas air
Kualitas air untuk menyeduh kopi harus diperhatikan. Jika menggunakan air keran sebaiknya disaring dahulu. Kemudian perhatikan suhu saat proses perebusan air. Idealnya tidak boleh hingga mendidih bergolak jika menggunakan coffeemaker.

Pilih biji kopi
Sebaiknya beli biji kopi yang belum digiling karena akan mendapatkan rasa lebih nikmat. Jika membeli kopi yang sudah digiling akan kehilangan rasa dan kesegarannya. Kemudian seduh kopi pada coffeemaker atau langsung di dalam cangkir atau mug sebagai kopi tubruk.

Taburi garam
Jika ingin rasa pahit pada kopi hilang, taburi sedikit garam pada cangkir untuk memberikan rasa lebih baik pada kopi Anda. Sajikan dan nikmati kopi selagi hangat agar tak kehilangan rasa dan aromanya.

Jangan dimasukkan ke dalam kulkas
Jangan simpan kopi di dalam freezer atau lemari es, tetapi simpan pada suhu ruang. Rasa kopi juga ditentukan oleh tempat penyimpanan. Suhu ruang bisa membuat rasa kopi menjadi enak dan kopi dapat bertahan selama seminggu atau lebih.
beberapa cara membuat kopi (pecinta kopi masuk) emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh zexquin 07-03-2014 12:24
0
5.2K
43
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan