ariearluAvatar border
TS
ariearlu
Inilah Kerupuk Kebanggaan Indonesia
emoticon-Rate 5 StarWELLCOME TO THE MY THREAD emoticon-Toast


Pastinya agan-agan tau dong kerupuk kebanggaan Nusantara indonesia, Yups bener sekali karena kerupuk makanan asli indonesia gan, dan rasanya juga tak kalah.. cekidot gan kerupuk yg menjadi kebanggan indonesia


1.

Kerupuk udang : adalah kerupuk yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus yang diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Biasanya udang yang digunakan adalah udang-udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk hingga halus. Adonan mentah ini kemudian dikukus dan setelah matang dan kenyal diiris tipis-tipis, setelah itu dijemur hingga kering. Pengeringan dengan terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari. Kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng kapan saja agar bisa menjadi kerupuk yang siap dihidangkan.

2.

Kerupuk kulit: Beberapa daerah menyebutnya rambak atau jangek adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari, kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dihidangkan.

3.

Kerupuk melarat : adalah salah satu makanan khas Cirebon dan sekitarnya. Makanan ini disajikan dengan menambahkan sambal asam. Jajanan kerupuk melarat sangat cocok disantap pada musim kemarau, selain menambah selera makan juga dapat membangkitkan semangat kerja. Tepung tapioka adalah bahan dasarnya, dengan bentuk seperti tali rafia yang ruwet (urak-urakan) dengan beragam warna, di antaranya merah mudah, kuning, putih, dan hijau. Melarat berarti miskin. Kerupuk melarat digoreng tidak memakai minyak goreng, tapi memakai pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, yang melalui proses pengeringan dan penyaringan dengan cara diayak.

4.

Kerupuk gendar : terkadang disebut gendar saja, adalah kerupuk yang terbuat dari adonan nasi yang diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Untuk menambah kekenyalan kadangkala ditambahkan bleng, tetapi jika tidak menggunakan bleng bisa ditambahkan tepung tapioka agar adonan mentahnya menjadi kenyal dan padat. Setelah adonan ditumbuk halus dan merata kemudian diiris tipis dan dijemur sampai kering. Kurang lebih 2-3 hari penjemuran kerupuk mentah ini bisa digoreng dan siap dihidangkan sebagai kerupuk gendar.

5.

Rengginang : adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.

Di Jawa Tengah juga dikenal penganan yang sama yang disebut intip, yakni kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Perbedaan antara intip dan rengginang hanyakah ukurannya. Intip berukuran lebih besar daripada rengginang karena dicetak dari dandang atau periuk penanak nasi

Rengginang dapat digoreng tanpa diberi bumbu maupun rasa, asin atau manis. Ada jenis rengginang yang diberi rasa dengan udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).

6.

Rempeyek : Rempeyek atau peyek adalah sejenis makanan pelengkap dari kelompok gorengan. Secara umum, rempeyek adalah gorengan tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi yang khas, biasanya biji kacang tanah atau kedelai. Peran tepung di sini adalah sebagai pengikat. Pengisi dapat juga bahan pangan hewani berukuran kecil, seperti ikan teri, ebi, udang kecil, jingking, atau laron. Saat ini orang juga membuat rempeyek dari daun bayam.
Rempeyek udang
Rempeyek kacang

Sebagai makanan pelengkap, fungsi rempeyek sama dengan kerupuk.

Rempeyek mudah ditemukan dijual di warung makan, pasar, ataupun di pasar swalayan. Di pedesaan biasanya disajikan dalam acara pernikahan atau pelayatan

7.

Kerupuk Mie : Kerupuk Mie merupakan kerupuk yg paling enk kalau dicampur pakai sambel kacang gan

8.

Kerupuk Palembang : Merupakan Kerupuk Asli Khas Palembang rasanya top markotop gan di jamin ngilerr

9.

Kerupuk kampung Kerupuk ini memang yang paling populer ditengah masyarakat Indonesia, karena dari jaman dahulu hingga sekarang masih tetap eksis dan banyak sekali penggemarnya sehingga bisa dibilang kerupuk yang paling laris manis dipasaran. Beberapa orang banyak yang menyebut kerupuk ini dengan sebutan yang cukup unik yaitu kerupuk uyel, namun selain daripada itu ada juga yang menyebutnya sebagi kerupuk putih karena pada umumnya berwarna putih bersih walaupun ada juga yang berwarna kuning.

10.

Kerupuk Kemplang :Kemplang atau kerupuk merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Bangka. Jenis makanan ini banyak dijumpai di toko-toko tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka. Industri usaha pembuatan kemplang tergolong dalam industri rumah tangga dimana sebagian besar diusahakan oleh kaum ibu-ibu rumah tangga. Daerah sentra pembuatan kemplang di Kabupaten Bangka adalah Kecamatan Belinyu, Sungailiat dan Merawang. Yang paling dikenal di Kabupaten Bangka adalah kemplang Belinyu yang memiliki ciri khas dan rasa yang enak.

Kemplang termasuk kedalam makan selingan atau dapat juga sebagai lauk pauk. Bahan dasar yang digunakan adalah ikan dan tepung tapioka. Dapat pula ikan diganti dengan udang atau cumi-cumi.

11.

Kerupuk Emping dibuat dari buah belinjo, simping segar dan bumbu pilihan. Super gurih, super renyah, super kriuukkk. Dengan harga dan rasa yang pasti ssssiiiipppp

12.

Kerupuk Lanting : Lanting adalah makanan renyah asli dari Kabupaten Kebumen, terbuat dari singkong, rasanya gurih dan renyah. Bentuk lingkaran, ada juga yang seperti angka delapan. Kalo penasaran, cobain lanting asli dari Kebumen, bisa dibeli di toko-toko di sepanjang kota Kebumen.

13.

Kerupuk bawang : Kerupuk bawang tentu sobat semua pernah merasakan kerupuk yang menurut saya enak ini. Kerupuk bawang dapat dimakan sebagai cemilan atau sebagai lauk makanan. Tetapi lebih enak, kerupuk bawang dimakan dengan menggunakan saus. Kerupuk bawang sendiri mudah sekali ditemui, baik toko-toko kecil maupun toko-toko besar seperti di super market.Di samping kerupuk bawang sangat mudah ditemui. Kerupuk bawang juga sangat mudah dalam pembuatannya karena cara membuat kerupuk bawang sendiri tidak terlalu sulit. Tetapi walaupun tidak terlalu sulit, banyak orang yang tidak bisa membuatnya.

14.

Kerupuk Ikan : Kerupuk ikan termasuk salah satu makanan popular di tanah air, kerupuk memiliki beberapa macam jenisnya diantaranya kerupuk udang dan kerupuk ikan dengan berbagai cita rasa.

15.

Kerupuk Lidi ngat jaman SD ,tentunya akan membuat Anda ingat dengan jajanan yang satu ini. Yupz, ini dia krupuk lidi-lidian

lidi LIDIan adalah snack ringan masa SD untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa dibuat dari tepung terigu. Dinamakan Mie Lidi karena snack lezat ini bentuknya kecil memanjang menyerupai lidi pada sapu lidi.
Selain lezat, cemilan yang satu ini juga aman lho untuk dikonsumsi karena dibuat tanpa bahan pengawet.
krupuk lidi ini tersedia dalam beberapa pilihan rasa, yaitu :

Original
Keju
BBQ
Pedas
Pedas banget

16.

Opak Singkong : Opak Singkong adalah makanan cemilan dari Wonosobo. Pada awalnya yang membuat opak singkong dari desa Kalibeber kec. Mojotengah dan sekarang sudah banyak Desa yang membuat opak tersebut.Opak Singkong rasanya gurih, terbuat dari singkong (ubi kayu)kukus, garam dan daun kucai. Cara membuat : singkong kukus dan garam ditumbuk hingga halus kemudian ditempatkan dalam wadah. ambil satu jumput (sebesar bola kelereng) campur daun kucai lalu dipipihkan kemudian dijemur. setelah kering digoreng dengan minyak yang cukup.

17.

Kerupuk Jengkol : Jengkol memang dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki bau yang khas. Selain disemur, ternyata jengkol juga bisa dibuat menjadi kerupuk. Uniknya, kerupuk jengkol ini tidak akan membuat mulut Anda bau seperti saat makan semur jengkol.Seperti kerupuk pada umumnya, kerupuk jengkol ini mempunyai tekstur yang gurih dan renyah. Hanya saja kerupuk jengkol mempunyai aroma yang khas, tidak seperti kerupuk lainnya. Tak heran, banyak orang yang suka dengan kerupuk jengkol ini. Kerupuk jengkol sendiri sudah banyak dijual di warung-warung makanan di sejumlah daerah. Beberapa pengusaha rumahan sudah banyak yang memproduksi kerupuk jengkol.

18.


Kerupuk Baso Goreng Kerupuk Baso Goreng yang berbahan dasar ikan tenggiri dengan proses penjemuran dan pengeringan yang canggih sehingga menghasilkan rasa kriuk dan gurih yang tiada duanya serta beraroma khas daun jeruk.

Varian Rasa :

* Super Pedas
* Sedang
* Lada Hitam
* Rumput Laut

19.

Kerupuk Getes Untuk daerah Bangka, Palembang dan sekitarnya, kerupuk tengiri ini biasa dikenal dengan sebutan kerupuk Atom atau Getas. Selain rasanya yang gurih, kerupuk ini juga tahan lama untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu.

20.


Kerupuk Padang/merah merupakan kerupuk yang biasa dipakai untuk campuran nasi uduk padang atau lontong sayur padang

21.

Kerupuk Tempe : Kerupuk tempe adalah sejenis kerupuk puli atau karak yang dicampur dengan kedelai. Kerupuk tempe dibuat dari beras, tepung tapioka, kedelai dan bumbu seperti bawang putih, garam dan bleng. Beras yang telah menjadi nasi dicampur dengan gerusan bawang putih dan garam, kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu, dicampur dengan bleng dan tepung tapioka yang telah diencerkan, dan kemudian ditambahkan kedelai yang telah direbus dan dikupas kulitnya, lalu di aduk sampai rata dan ditumbuk sebentar. Adonan yang telah jadi ditaruh pada cetakan berupa loyang kemudian dikukus sampai masak dan didinginkan. Setelah dingin, keluarkan dari cetakan, diamkan sampai agak keras kemudian diiris tipis-tipis. Hasil irisan tadi jemur dibawah sinar matahari sampai kering.

For No Repsol :


Mohon DiBantu di emoticon-Rate 5 Star ya gan..

Berharap ada orang dermawan yang akan memberikan emoticon-Blue Guy Cendol (L) untuk ane,emoticon-Malu (S)emoticon-Rate 5 Star

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh ariearlu 03-03-2014 14:12
0
23K
264
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan