Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kulasravineAvatar border
TS
kulasravine
[MALAYSIA JAGUH DUNIA DAN AKHIRAT]Jembatan terpanjang di ASEAN di resmikan Malaysia
Jakarta - Malaysia baru saja meresmikan jembatan terpanjang se-Asia Tenggara yang dinamai Sultan Abdul Halim Mu'adzam Shah dan dibangun di atas laut. Indonesia pun sudah memiliki tol di atas laut yang bernama Bali Mandara yang dioperasikan PT Jasa Marga sejak September 2013.

Ada beberapa persamaan juga perbedaan di antara kedua jembatan yang indah nan megah ini. detikFinance mencoba menggabungkan dan membandingkan keduanya.

http://finance.detik.com/read/2014/0...ndara?f9911013


berita terkait:

Apa Nama Jembatan Terpanjang se-Asia Tenggara Milik Malaysia?

Jakarta -Jembatan kedua di Penang dan yang terpanjang di Asia Tenggara baru saja diresmikan pada 1 Maret 2014 lalu. Jembatan itu dinamai jembatan Sultan Abdul Halim Mua'dzam Shah yang menjabat dua kali sebagai Yang Di Pertuan Agung di Malaysia.

"Jembatan ini adalah jembatan yang terpanjang di Asia Tenggara dan cocok dinamai dengan nama Raja," ujar Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak saat meresmikan jembatan sepanjang 24 kilometer tersebut, dikutip dari TheMalayOnline, Selasa (4/3/2024).

Pada 24 Februari, koalisi Non Government Organization (NGO) Islam di Penang sudah mengajukan permohonan untuk menamai jembatan itu dengan nama Raja.

Najib juga menyebutkan jembatan tersebut akan digratiskan pada bulan pertama pengoperasian sejak pembukaannya. Namun dia tidak menyebutkan tarif jembatan itu untuk selanjutnya.

Konsesi jembatan tersebut, Jambatan Kedua Sdn Bhd (JKSB), sudah menyebutkan tarif dan menunggu persetujuan Putrajaya. Dia mengatakan tarifnya akan berada di kisaran antara RM 7-RM 10 untuk jembatan pertama sepanjang 13,5 kilometer.

Jembatan bernilai RM 4,5 juta yang menghubungkan Batu Maung yang berada di pulau dengan Batu Kawan yang ada di pusat daratan diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang ada di jembatan pertama hingga 25%.

Jembatan baru ini akan menjadi sarana penghubung ketiga antara pulau dan pusat daratan bersamaan dengan kapal ferry dan jembatan pertama yang menjadi penghubung pertama dan kedua.

Pengendara sepeda motor diperkirakan akan menghabiskan sekitar 20 menit untuk melewati jembatan yang menghubungkan pulau dengan pusat daratan.

Najib mengatakan ide untuk membangun jembatan kedua ini dicetuskan pada 1995 oleh Perdana Menteri Malaysia saat itu Tun Dr Mahathir Mohamad.

Dia menambahkan, mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad dan Tun Badullah Ahmad Badawi yang merupakan kelahiran Penang, adalah tokoh yang memutuskan jembatan itu harus dibangun di bagian ujung selatan untuk membawa perubahan ke Batu Kawan, Nibong Tebal and Balik Pulau.

Dia juga menyebutkan Abdullah sebagai orang yang melanjutkan proyek yang disebut sebagai proyek untuk rakyat Penang kendati negara bagian itu sudah masuk ke Pakatan Rakyat (PR) pada pemilihan umum 2008 lalu.

Apa yang terlihat sebagai bagian dari agenda rekonsiliasinya, Najib mengatakan sangat penting untuk berbuat di luar partai politik dan berbuat yang baik untuk rakyat.

"Kami memiliki visi yang panjang untuk Malaysia. Oleh karena itu sangat penting untuk bekerja sama sebagai satu bangsa kendati kami memiliki pandangan politik yang berbeda," katanya.

http://finance.detik.com/read/2014/0...990101mainnews

Malaysia Jaguh dunia dan akhirat, tak ada tandingan nya emoticon-Cool
0
7.1K
35
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan