Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suginonoAvatar border
TS
suginono
Freeport Siap Bayar Royalti Emas 3,75%, Jero Wacik: Saya Maunya 5%
Freeport Siap Bayar Royalti Emas 3,75%, Jero Wacik: Saya Maunya 5%

Jakarta -PT Freeport Indonesia bersedia menaikkan pembayaran royalti untuk emas dari 1% menjadi 3,75%. Namun pemerintah menginginkan lebih tinggi lagi, paling tidak 5%.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengungkapkan, sampai saat ini pemerintah masih melakukan renegosiasi kontrak dengan sejumlah perusahaan tambang termasuk Freeport Indonesia.

"Namanya renegosiasi, sudah sekian lama royalti mereka 1%, sekarang mau naik 3,75% itu harusnya syukur," ucap Jero dalam rapat terkait otonomi khusus Aceh, Papua dan Papua Barat, di Ruang Sidang DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/3/2014).

Jero mengungkapkan, dia sebenarnya ingin royalti emas Freeport 5%. Namun jika memang tercapainya 3,75% hal itu patut disyukuri.

"Mereka sudah mau 3,75% tapi saya maunya 5%. Tapi berapapun yang tercapainya nanti kesepakatan royalti ya harus disyukuri, kalau kita tidak bersyukur nanti Tuhan marah," katanya.

Sebelumnya, Presiden Direktur Freeport Indonesia Rozik Soetjipto memastikan pihaknya bersedia melakukan renegosiasi kontrak yang tercantum dalam Kontrak Karya, salah satunya bersedia menaikkan royalti seluruh produksi mineralnya.

"Kami terus melakukan pembicaraan renegosiasi kontrak, ada 6 poin pembicaraan renegosiasi kontrak, mulai dari luas wilayah, royalti, divestasi saham, perpanjangan kontrak, pengolahan dan pemurnian mineral dan peningkatan penggunaan barang dan jasa dalam negeri," ujar Rozik.

Rozik mengungkapkan, perusahaanya bersedia mengubah besaran royalti mineral yang dioleh Freeport mulai dari tembaga, emas, dan perak.

"Kami telah bersedia meningkatkan besaran royalti dalam Kontrak Karya, mulai dari tembaga dari 3,5% menjadi 4%, royalti emas dari 1% menjadi 3,75% dan perak 1% menjadi 3,25% sesuai dengan PP nomor 9 Tahun 2012," ungkap Rozik.

http://finance.detik.com/read/2014/0...-saya-maunya-5

Dulu sungguh terlalu membuat perjanjiannya....era SOEHARTO !!! Lebih memikirkan diri sendiri dan keluarga serta membela mati/antek amerika. emoticon-Mad (S)


Di jaman Megawati membuat PP perubahaan penerimaan fee tetapi tdk di hiraukan oleh Freeport/ amerika

Freeport Siap Bayar Royalti Emas 3,75%, Jero Wacik: Saya Maunya 5%

Penerimaan emas fee3,75, perak 3,25, tembaga 4%

Freeport Siap Bayar Royalti Emas 3,75%, Jero Wacik: Saya Maunya 5%
Diubah oleh suginono 04-03-2014 11:15
0
3.1K
46
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan