jack89Avatar border
TS
jack89
Praktisi Gerak Saka masuk sini dong, yang lain Silahkan
Dengan menyebut nama tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang

Om momod nubie minta izin buka thread untuk Gerak Saka, nggak ada Thread khusus untuk gerak Saka soalnya.

salam untuk para senior Gerak Saka saya minta izin untuk buka Thread tentang silat ini dan juga mohon bantuannya kalau ada yang nanya-nanya.
juga sama master-master di FMA ini, saya juga memhohon bantuannya.
perkenalkan saya Jack, saya nubie yang baru belajar Gerak Saka.

Tujuannya saya buat Thread ini untuk mempermudah Silaturahmi, khususnya dengan saudara-saudara Gerak Saka dan umumnya anggota KFMA dan kaskuser lainnya.

Gerak Saka ini, merupakan nama aliran silat yang sederhana tapi mematikan! nggak percaya!? cobain tuh ama senior Gerak saka, jangan sama saya, saya mah cuman nubie.emoticon-Peace

terdiri dari 5 jurus (atau gerak?) yang sederhana, kalau mau lihat coba ada dimari

Spoiler for penampakan jurus 1-5:


penampakan GS di media (Sang Pendekar, Trans7)

[SPOILER[/youtube]

Spoiler for part 2:


[SPOILER[/youtube]

nah terakhir silmulasi pengaaplikasian GS.

Spoiler for cek di mari:


beberapa referensi tentang Sejarah Gerak Saka

sejarah singkat gerak Saka dari [url[/youtube]
Spoiler for sejarah singkat Gerak Saka:


tentang Gerak Saka yang dimuat di koran TEMPO (saya nggak tahu kapan dimuatnya), ditulis oleh Amal Ihsan
Spoiler for dari koran TEMPO:


Archive kaskus, ada kawan-kawan dari GGBD juga di sini
Spoiler for nah ini dari Archive kaskus:


sedikit menambahkan sejarah pribadi mengenai silat ini;

Pertama kali saya diajarkan silat ini oleh bapak saya ketika kecil dan beliau diajarkan oleh buyut saya. Mereka menyebutnya "Silat Jampang", mungkin karena buyut saya tinggal di daerah Jampang, Sukabumi.(tapi nggak tahu juga sih)
Nah dulu memang "Silat Jampang" diajarkan kepada keluarga dan santri-santrinya bapak.

Sekitar 6 bulan yang lalu, karena lagi nggak ada kerjaan dan emang bosen saya minta diajarin lagi "Silat Jampang" ini, gara-gara takut punah juga nih silat, soalnya waktu itu, yang saya tahu praktisi "SIlat Jampang" tinggal Bapak Saya. Dan hampir selama 6 bulan itu yang diksaih cuma jurus satu(nggak rajin juga sih saya latiannya, tapi bosennya minta ampun!!!)

3 bulan kemudian, Bapak saya meperkenalkan salah satu Jamaah pengajiannya, diperkenalkan namanya Hakim, orang Jakarta, Betawi turunan Arab, dan saya panggil Beliau Ami(paman, dalam bahasa Arab), Ami Hakim.

saya dan adik dibertahu oleh bapak kalau Ami Hakim ini praktisi Silat Gerak Saka, saya inget waktu itu bapak saya bilang "wah ini mah sama kayak silat saya, silat jampang, cuma beda di urutan jurus." Akhirnya oleh bapak saya disuruh latihan Gerak Saka dengan Ami Hakim ini, saya tanya beliau "sama emang?"
"sama inimah dengan Silat Jampang."

selama beberapa waktu latihan dengan ami Hakim berlangsung, saya dan adik diajarkan satu jurus dalam satu malem, terus dikasih peragaan penggunaan jurus di situasi tertentu (boleh dibilang bikin simulasi lah gan), dan setelah malam ke 6, saya dan adik udah dikasih 6 jurus (jurus enam disebut Sanalika), kami latihan secara terus menerus, selama hampir dua minggu penuh.

nah dalam jangka waktu ini, selain latian, saya pake juga nanya Ami Hakim, tentang sejarahnya, komunitas, padepokan Gerak Saka, beliau bilang "udah masuk Trans7 di acara komunitas unik, liat aja di sana", saya pantengin deh Youtube, pengen liat gimana tuh Gerak saka di tipi.

Nah jadi deh saya belajar Gerak Saka, Gurunya Ami Hakim, ini Babe Abdullah yang katanya ngajar di Condet, tempat latiannya di rumah Babe sendiri (tapi saya belum pernah ke sana dan ketemu lho...)


satu lagi, adakah praktisi Gerak Saka atau mungkin GGBD(katanya masih serumpun sama Gerak Saka yah?) di Bandung atau di kota Sukabumi?

Mohon maaf bila ada kesalahan dalam post ini, tolong koreksi bila terdapat kesalahan dalam post saya.

akhir kata, salam Hormat kepada, buyut Mail, guru besar Pi'i, Babeh Nani, Babeh Abdullah, Babeh Nunung, dan para senior Gerak Saka, GGBD, dan penghuni FMA lainnya.

Kukituna, simkuring nyanggakeun ieu Thread di FMA, Mugia urang sadaya aya dina Rodho Kanjeung Gusti nu Hiji
Diubah oleh jack89 12-02-2014 16:45
0
15.4K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan