Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indoalphaAvatar border
TS
indoalpha
Burger Big Mac dipakai untuk mengukur nilai Rupiah?? WoooW..
Artikel super mencengangkan lainnya di: www.indoalpha.com emoticon-Ngakak

Kita semua pasti tahu Burger Big Mac yang dijual McDonald bukan?



Tapi tahukah burger ini dipakai menjadi alat untuk mengukur nilai mata uang suatu Negara? emoticon-Ngakak



Mengherankan, tapi memang ada. The Economist menciptakan Big Mac Index ini pada tahun 1986 sebagai panduan ringan untuk melihat apakah mata uang Negara tertentu berada pada level yang “benar”.

Ide ini berdasarkan teori Purchasing-Power-Parity (PPP), sebuah gagasan bahwa nilai tukar pada jangka panjang, akan bergerak menuju tingkat yang sama sesuai dengan harga barang dan jasa yang identik antara dua negara.

Misalnya? emoticon-Bingung (S)

Harga Big Mac di US pada Jan’14 adalah USD 4.62, sedangkan di China harga Bic Mac hanya USD 2.74 (setelah mengkonversi Yuan ke USD).

Maka secara kasar, Big Mac Index mengatakan bahwa mata uang Yuan undervalued sebesar 41% saat itu.


Dan mata uang Yuan akan bergerap menutup gap tersebut dalam jangka panjang, seiring dengan bertumbuhnya kesejahteraan China mendekati US.

Percaya tidak percaya, Indeks ini cukup efektif karena Big Mac dijual di 120 negara dan bisa dibilang sudah menjadi makanan umum rata-rata orang di dunia. Selain itu komposisi isinya juga relatif sama menurut standar franchise MacDonald. emoticon-Matabelo



Bahkan, Burger ini tanpa sengaja menjadi standar Internasional hingga ada Negara yang berusaha memanipulasi Burger ini.

Presiden Argentina, Cristina Kirchner, memanipulasi Burger ini untuk memanipulasi data inflasi dan sehingga mata uang mereka terlihat kuat. Dugaan manipulasi ini muncul di tahun 2011, karena kenaikan harga burger ini jauh lebih tinggi dari data inflasi yang dirilis Pemerintah.

Dan kenyataannya? Kecurigaan para ekonom independen ini benar. Kalau kita ingat baru beberapa minggu lalu manipulasi Presiden Argentina ini terbongkar (Baca disini: Dont Cry for Me Argentina).

Artikel super mencengangkan lainnya di: www.indoalpha.com emoticon-Ngakak



Apa kata Big Mac Index ini tentang Rupiah?




Harga Bic Mac di Indonesia adalah Rp 28,000 atau USD 2.3 per burger. Sedangkan di US, Big Mac seharga USD 4.62 per burger. Maka Big Mac Index menunjukan bahwa Rupiah undervalued sebesar 50.2%.emoticon-Hammer2

Tapi kalau disesuaikan dengan tingkat kesejahteraan (gaji minimum di Indo dengan US kan beda gan...)

Maka nilai Rupiah sebenarnya undervalued sebesar 12% dari angka Rp12,140/ 1 US Dollar. Artinya, nilai wajar Rupiah ada di sekitar Rp10,600. Wow. emoticon-I Love Indonesia (S)


Memang, Big Mac Index ini dipakai untuk panduan sederhana saja, karena tentu ada faktor-faktor penting lainnya yang membuat nilai mata uang suatu negara menguat atau melemah terhadap US Dollar.

Tapi dari apa yang Penulis baca dari riset-riset para ekonom baik lokal maupun asing, mayoritas juga mengestimasi Rupiah akan menguat di tahun 2014 ini, ke sekitar level Rp11,000 – Rp11,500 per 1 US Dollar. Mari kita lihat perkembangannya!

Source: www.indoalpha.com/big-mac-index/


Mau tau rekomendasi Saham dengan potensi keuntungan >20% per Saham? Lihat di: www.indoalpha.com
emoticon-2 Jempolemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh indoalpha 19-02-2014 16:49
0
16.6K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan