Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Pribumi Beragama Buddha
Wahhhh judulnya ekstrim banget ya,... emoticon-Smilie Pribumi beragama buddha??? memang ada apa sih dengan sipribumi ini?

Adakah wajah pribumi beragama buddha, kadang kala orang hanya mengetahui bahwa pemeluk buddha di indonesia adalah orang keturunan tionghoa. Setiap vihara dikota-kota memiliki bangunan tionghoa dan bertulisan tionghoa.
Ada sebuah kasus teman buddhis kita yang asli jawa, ia ditanya oleh seorang buddhis keturunan tionghoa dengan pertanyaan "kamu buddhis, kok tampangmu jawa yah?". Sungguh ironis jika ada pertanyaan seperti itu.
Sesungguhnya ada pribumi pemeluk buddha, coba kita tengok diwiliyah jawa tengah sana banyak vihara yang memiliki bangunan non tionghoa. Saya pernah berkunujung ke Desa Bangkal, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. kebetulan disitu ada vihara aliran Vajrayana dan pemeluknya asli pribumi.

Pribumi Beragama Buddha
wajah pribumi sedang mendengarkan dharma divihara vajra bumi rahula

Walaupun umat yang datang kebaktian dapat dihitung oleh jari, namun hal tersebut menandakan masih ada pribumi pemeluk buddha. menurut wiryadi 80th salah satu umat bercerita, bahwa dulu dikampungnya banyak umat buddha, tapi sekarang banyak umat yang menikah degan beda agama sehingga mereka ikut dengan pasangannya, ada juga umatnya pergi kekota untuk bekerja dan kuliah.


Pada dasarnya di indonesia ini pernah diduduki oleh kerajaan buddha terbesar diasia tenggara seperti kerajaan holing (kalingga) yang berada dijawa tengah dan kerajaan sriwijaya yang berada dipalembang. dari hal tersebut sudah membuktikan jika umat buddha diindonesia dulu adalah pribumi. jangan heran jika saat ini ada wajah pribumi beragama buddha, walaupun sisa - sisa jaman dulu. emoticon-Smilie

Demikian sedikit gambaran pribumi beragama buddha.
Kesimpulan dari cerita ini adalah ketidaktahuan tentang sejarah dan hanya melihat hanya satu warna saja, sedangkan banyak warna disekitar kita.

~semoga bermanfaat~

infobuddhis.blogspot.com/2014/01/pribumi-beragama-buddha.html
Diubah oleh dragonroar 02-02-2014 08:21
0
13.5K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan