swantonfoxAvatar border
TS
swantonfox
Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta
Spoiler for sejarah:



Spoiler for sejarah part 2:
[/URL]


assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

buat para sepuh dan aktifis forsup, mohon maaf kalo tulisan ane acak kadut, maklum baru pertama kali nulis di forsup emoticon-Smilie

ane mau cerita tentang kampung legend, crita yang waktu ane kecil sering di ceritain sama enyak or nenek ane.
sebenernya bukan kampung legend juga, karena masalah kerajaan tanjung jaya udah ada di web pemerintahan DKI (liat sumber spoiler sejarah).
nah tapi disini, ane mao cerita versi yang pernah ane denger tentang kerajaan tanjung jaya dari para orang tua TS.

jadi kalo versi enyak ane sih, dulu emang tuh di deket kali muara (nama pangkalan kali ciliwung) ada kerajaan, yang mimpin cewek, orang orang dulu nyebut dia ratu janebah, dia tuh islam, karena kalo dia mao pegih kemana mana sebelum dia jalan ama kereta kudanya, itu di adzanin dulu baru dah dia pegih, dan konon katenye waktu ane masih kecil mah (awal tahun 90an) masih sering kedengeran suara kuda ama kereta lewat kalo malem di deket kali, katanya.

nah disitu ada sumur tua, sumur rumah baba haji kontong, kalo mnurut crita crita orang tua sih, di bawah tanahnya, ada terowongan ghoib, ato malah terowongan asli, itu terowongan katanya mah ada yang sampe nembus ke cirebon.

oke ane kasih beberapa perfotoan yang ane ambil kemaren

Spoiler for foto 2:


LANJUTAN

nah pas mingkin kebawah tuh kita bakalan nemuin kali ciliwung, kalo orang orang sini bilang mah namanya pangkalan kali muara, atasan dikit kali wa jalim, trus bawahnya kedung muara.

nah kalo soal masalah kali nih, kalo kata bapak ane nih, ni kali tahun 70an terkenal banyak orang orang gede (soalnya yang kesitu pada bawa mobil) yang mandi di situ pas malem2 pada bulan tertentu contohnye malem 1 suro letak mandi nya di pertemuan antara kali ciliwung sama kali cijantung.

waktu ane masih jaman SMA maen silat betawi, kalo malem 1 suro juga sering disuruh turun kesitu, katanya sih buat nggedein nyali ama mental aje. malem dingin tapi aernya anget plus di situ ada puun rengas gede bener,

nah konon katenye tuh puun ada yang nungguin berupa siluman uler cewek, ama buaya buaya dah, kalo buaya sih dari kecil ane di biasain buat kaga takut, soalnya kalo kata orang tua dulu buayanya tuh masih betua, masih kompi leluhur kite. mereka kaga bakalan ganggu malahan sering ngebantuin, entar nyelametin sodara yang nyari ikan lagi banjir nganyut trus nyangsrang di puun bambu lah, trus nahan rumah2 supaya kaga kebawa aer kalo ada banjir jakarta.

nah tuh mahluk ghoib slain bermukim disitu juga, pada nungguin pusaka pusaka, ane kaga tau persis dah apaan aja , tapi kalo dari yang ane denger dari crita crita mah, ada keris, ada golok, batu mereh delime ama mahkota di pala tuh uler apa ya?


beberapa perfotoan tentang kali

Spoiler for foto 1:



untuk benda benda peninggalan yang pernah di ceritain nenek ane sbnernya banyak tapi ane udah lupa, soalnya itu pan crita waktu ane kecil, sampe katanya ada boneka emas lah dll.

PRAKATA
buat para sepuh dan aktifis forsup, sgitu dulu aja deh crita dari ane, maaf kalo bahasanya belepotan.
buat para sepuh yang mungkin bisa menerawang tentang daerah ane, ane seneng banget deh kalo sepuh juga ngeshare ke ane soal apa yang sepuh liat. bakalan jadi masukan yang berarti banget buat ane. emoticon-Smilie
dan buat yang penasaran dan kali aja mao ngliat mistik dan pusaka kampung ane, maen aja ke kampung muara RT3 RW3 kelurahan tanjung barat jakarta selatan. Insya Alloh penduduk nya welcome semua. emoticon-Smilie

makasih buat yang udah baca kampung legend yang di critain ama orang2 tua ane
wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Spoiler for foto 3:



wallahualam bissawab
0
28.3K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan