sitishofiahsAvatar border
TS
sitishofiahs
Apakah Sistem Pendidikan di Indonesia akan Berhasil?

Assalamu'alaikum Wr.Wb

emoticon-I Love Kaskus (S) original post by sitishofiahsemoticon-I Love Kaskus (S)

---------------------------------------------------------

emoticon-Rate 5 Star Tolong Bantu Ane dengan emoticon-Rate 5 Star

emoticon-Sundul Tinggalin jejak juga.... emoticon-Sundul

emoticon-Blue Guy Cendol (L) Sekalian Sama Cendolnya Deh... emoticon-Blue Guy Cendol (L)

---------------------------------------------------------

Disini, saya cuma mau ngebahas tentang sistem pendidikan di Indonesia. Pada tahun ajaran baru 2013-2014, dinas pendidikan merancang kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013sebagai kurikulum percobaan. Mengapa ada kurikulum yang baru? Nanti saya akan jelaskan. Lalu, dengan keadaan sekolah-sekolah berkurikulum 2013 ini, apakah sistem pendidikan di Indonesia akan berhasil?

---------------------------------------------------------

Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang masih dalam tahap percobaan dan hanya ada di sekolah-sekolah tertentu. Awal mula adanya Kurikulum 2013 adalah karena prilaku Gayus Tambunan. Ingatkah agan, bahwa Gayus adalah salah satu mahasiswa terpintar di Indonesia? Dan, sekarang Gayus telah menjadi koruptor. Itu semua dikarenakan sistem pendidikan Indonesia yang dulu, yang masih mengandalkan pengetahuan dibanding sikap.Karena peristiwa itu, mentri pendidikan merancang kurikulum ini.

Spoiler for tentang kurikulum 2013:


Setelah membaca RI Terendah di PISA, WNA: Indonesian Kids Don't Know How Stupid They Aredan Apakah Sistem Pendidikan di Indonesia Akan Sukses ? saya terinspirasi membuat thread ini. Walaupun judulnya agak mirip sama yang artikel tersebut, ane usahain isinya bakal beda.

---------------------------------------------------------

Apakah Sistem Pendidikan di Indonesia akan Berhasil?

Kita lihat dari cara belajar pada kurikulum 2013. Yang pertama,Di Kurikulum 2013, anak dituntut untuk menjadi aktif. Yang ngomong di kelas : Guru 30%, Siswa 70%. Itu artinya, banyak tanya jawab, presesntasi, berpendapat, dan aktivitas-aktivitas lainnya yang membuat siswa aktif.

Kedua,di Kurikulum 2013 siswa dituntut untuk "mengerti sendiri". Misalnya, dalam pelajaran Bahasa Inggris SMP kelas 7, gak ada pelajaran tenses sama sekali. Walaupun, gak ada pelajarannya tapi siswa diharapkan terbisa sendiri oleh praktik-praktik berbicara. Selain itu, siswa juga dapat belajar sedikit demi sedikit dari temannya yang jago.

Ketiga, di Kurikulum 2013 harusnya gak terlalu banyak soal. Apalagi soalnya susah banget. Soal kayak gini malah bikin mental siswa jatoh.

Keempat, di Kurikulum 2013, siswa harus senang saat belajar. Siswa gak boleh jenuh. Agar senang, biasanya guru harus mengajak siswa bemain sambil belajar, intermeso, dll. Guru juga diharapkan gak killer. Mengapa? Karena marah-marah hanya dapat menakut-nakuti siswa dan merusak mentalnya.

Menurut ane sih, kalau ketiga-tiganya berjalan, udah ada perkembangan pendidikan di Indonesia. Dan Kurikulum 2013 kemungkinan besar akan berhasil. Permasalahannya, apakah sekolah-sekolah Kurikulum 2013 sudah menerapkannya?

---------------------------------------------------------

Kebetulan, ane dapet Kurikulum 2013 gan. Ane mau menggambarkan cara pengajaran guru-guru ane.
. Guru A : Guru yang satu ini, sepanjang hari ngajarnya panjang lebar, slow, kadang gak jelas ngomong apa. Buat ane jenuh. Guru ini belum menerapkan kurikulum 2013
. Guru B : Guru yang satu ini, baik banget. Yang bikin kesel soalnya di lks 1 bab dari awal sampai akhir emoticon-Cape d... (S). Terus pas tugasnya dikumpulin, disuruh pake judul 'Tugas 1' biar gampang nilainya. Istilahnya sih " enak di elo, gak enak di gue emoticon-Cape d... (S) ". Guru ini belum menerapkan kurikulum 2013

. Guru C : Guru yang satu ini buat siswa aktif. Tapi, kadang kita dibiarin ngisi soal lagi emoticon-Berduka (S) . Jadi sama ini guru ane kadang rame, kadang males. Guru ini cukup menerapkan Kurikulum 2013
. Guru D : Guru yang satu ini maksa buat ikutan les diluar sekolah. Bayar lagi. Wajib. Kalau gak, nilainya dikurangin. Udah killer, maksa lagi. Ini sih namanya PEMAKSAAN. Guru ini belum menerapkan kurikulum 2013.
. Guru E : Inilah guru terfavorit ane. Suka banyak game sama intermeso. Waktu itu sih pernah sulap, terus maknanya disambungin sama pelajaran jadi inspirasi. Guru ini juga juara "Guru Berprestasi". Tapi masalahnya, kalau udh disuruh ke lab, boringnya minta ampuuun. Guru ini lumayanlah.

Bukannya, ane nyindir-nyindir guru, tapi inilah yang ane rasakan sebagai murid. Tapi, ane minta maaf kalau ada yang kesinggung. emoticon-Sorry

Dilihat dari guru-guru yang tadi, gak semuanya udah menerapkan kurikulum 2013. Masih ada yang berdarah daging Kurikulum 2006. Jadi, keberhasilan pendidikan di Indonesia ada ditangan para pengajar. Tapi, gak semua guru itu sempurnakan? Pasti ada yang kurang.

Mungkin ini bisa jadi bahan renungan bagi para guru agar sistem pendidikan di Indonesia agar berkembang.

---------------------------------------------------------

CMIIW

emoticon-SundulJangan Lupa Tinggalin Jejaknya emoticon-Sundul

emoticon-2 Jempol Thread Ini Menampung Seluruh Kritikan Maupun Saran dari Agan emoticon-2 Jempol

emoticon-Request Pro dan Kontra juga Boleh... emoticon-Request

emoticon-Blue Guy Bata (L) Namun Tidak Menerima Bata emoticon-Blue Guy Bata (L)

emoticon-Kiss Sekian dari ane... emoticon-Kiss

Wasslamu'alaikum Wr.Wb.


---------------------------------------------------------

emoticon-Matabelo Semoga Sistem Pendidikan di Indonesia Berkembang emoticon-Matabelo

Spoiler for jangan dibuka:
Diubah oleh sitishofiahs 18-02-2014 06:01
0
2.3K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan