hyroichiAvatar border
TS
hyroichi
Waspada Teknisi nakal di Bengkel motor AHASS HONDA !
Senin, 13 Januari 2013 saya datang ke bengkel resmi AHASS Honda cabang Harjamukti, Jl. Putri Tunggal no. 42 – Cimanggis, Depok untuk mengganti kabel speedo meter motor Honda Vario CBS 2010 + service. Sampai disana saya di informasikan SA dealer terkait bahwa stock speedo meternya sedang kosong. Karena sudah di bengkel, jadi saya putuskan untuk tetap service motor saya walaupun tujuan utama saya untuk mengganti kabel speedo meter yang ternyata tidak ada itemnya. SA noted, saya hanya ingin service saja tanpa mengganti Oli mesin, No Order: 002142010395, Faktur Penjualan No: 002143010444. Kemudian motor di service oleh mekanik yang bernama “Nuh Amran”. Beberapa menit di service mekanik mendatangi saya untuk konfirmasi bahwa busi harus di ganti karena sudah tidak layak pakai, tapi yang saya rasakan motor masih enak enak saja di pakai, tapi saya confirm untuk ganti businya. Kemudian mekanik tanya oli di ganti atau tidak, padahal di WO yang di catat oleh SA tidak ada catatan ganti oli, tapi saya informasikan kepada mekanik tersebut baru saja ganti oli akhir desember, jadi tidak ingin ganti oli dahulu.

Beberapa menit kemudian mekanik mendatangi saya kembali untuk konfirmasi bahwa kanvas rem depan harus di ganti karena sudah tipis. Saya oke oke saja jika memang ada yang harus diganti, karena jujur saya kurang paham jika memang sudah saatnya diganti, pun memang mekanik yang lebih mengerti masalah teknis kendaraaan yang di service. Tetapi masalahnya mekanik yang namanya tertera di struk service atas nama Nur Amran ini menginformasikan kanvas rem depan stock-nya kosong di dealer, kemudian saya dipanggil ke ruang service ditawarkan mekanik tersebut kanvas rem milik teman mekaniknya (saya tidak tahu namanya) dengan harga Rp. 20.000,- jika beli baru katanya Rp. 49.000,-

Salahnya saya oke oke saja karena berdasarkan informasi mekanik tersebut kanvas rem itu baru dan bisa di paki 3-6 bulan ke depan. Jika saya rasakan dari combi brake system rem depan saya sebelum diganti dengan kanvas rem tersebut sangat enak dan pakem. Tapi setelah diganti ini koq rasanya:

1. Tidak pakem

2. Combi Brake System nya seperti tidak sinkron dari rem belakang ke rem depan, tidak seperti sebelum di ganti kanvas remnya.

Ini masalah pertama after service di bengkel motor Honda cabang Harjamukti, Cimanggis. Rem depan bukannya pakem, malah jadi tidak pakem, settingannya lebih los dari settingan awal. Saya merasa tidak puas dengan service dari mekanik tersebut. Karena menurut saya mekanik seperti ini bisa dikatakan mekanik “nakal”. Saya tidak tahu apakah kanvas rem yang diganti itu asli atau bukan? karena setelah diganti, dan saya rasakan pemakaian remnya tidak stabil dan tidak pakem.

Service sudah selesai, Skip. Masalah selanjutnya, yang tadi saya katakan pada SA dan mekanik saya tidak ganti oli, ketika saya ingin bayarkan billing di admin ternyata tertera tagihan “OLI FLICK”. Singkatnya, saya konfirmasi kepada SA kenapa ada tagihan Oli mesin, dan SA panggil mekanik Nur Amran tersebut ke ruang admin pembayaran. Mekanik tersebut beralasan bahwa oli motor saya sudah hitam pekat dan memang harus diganti. Kalau dipikir memang warna oli hitam terang ya? SA sudah menegur mekanik ini bagaimana tanggung jawabnya karena pada WO yang di tulis SA pun tidak ada catatan customer ingin ganti oli. Tetapi mekanik ini tetap berkilah seperti tidak ingin mempertanggung jawabkan kesalahannya ini. Pastinya saya tidak ingin ada tagihan sebesar Rp. 33.000 tersebut dong karena memang bukan keinginan dan kesalahan saya disini. Tapi apa? yang harus pembaca noted disini adalah :

. Mekanik ini seperti tidak ingin bertanggung jawab dengan membayar apa yang telah ia perbuat dengan mengatakan bahwa Oli yang tadi sudah di ganti akan di keluarkan kembali kemudian di ganti dengan oli yang sudah di keluarkan dari motor saya sebelumnya. What… ??? Logika saja jika anda menjadi saya, walaupun oli yang tadi di keluarkan kemudian diganti dengan oli yang sudah dikeluarkan akan tetap dibayar tidak oli yang baru tadi? Benar-benar keterlaluan disini. Akhirnya saya katakan pada SA, daripada ribet, makan waktu kembali, kemudian service nya tidak memuaskan, di samping itu saya khawatir motor saya di apa-apain kalau itu terjadi, saya bayarkan saja menggunakan Debit BCA. Masa oli mau yang baru diganti mau dikeluarin lagi terus diganti sama oli yang baru dikeluarin? logika saja apakah tidak akan terjadi kendala tambahan nantinya? Mekanik tersebut baiknya dikenakan sangsi karena 1. Tidak sopan, 2. Service nya tidak memuaskan, 3. “nakal”, 4. Tidak empaty terhadap customer. Tetapi akhirnya dari pihak SA meminta maaf atas kesalahan ini dan biaya akan di bebankan kepada mekanik tersebut. Alasan si mekanik sih “kalau tidak ikhlas dia juga susah makan dan tidur”, jadi dia dengan terpaksa mau membayarkan kesalahan biaya ganti oli tersebut. Pakai logika kembali pembaca, ini kan kesalahan dan kelalaian mekanik tersebut, kenapa saya di bilang tidak ikhlas membayar penggantian oli mesin ya? sungguh terlalu mekanik ini berucap.

Terakhir, bukan hanya sampai disitu, singkatnya jika saya menggunakan motor saya terasa tidak enak seperti seperti sebelum di service. Motor seperti tidak stabil, tarikan kurang, berbeda dari sebelum di service, lebih enak sebelum di service.

Disini penulis hanya ingin berbagi pengalaman kepada pembaca sekalian, bahwa kita harus selalu aware kepada teknisi atau mekanik nakal seperti itu, jadi kesimpulannya dealer resmi pun tidak menutup kemungkinan adanya penyalahgunaan layanan oleh oknum-oknum mekanik tertentu. Sebaiknya pihak dealer bertindak tegas kepada mekanik yang seperti ini agar tidak terjadi kembali kepada customer lainnya. Mohon kiranya pihak AHASS Honda dapat menindak lanjuti permasalahan seperti ini agar service nya lebih baik lagi ke depannya.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan.

Terima kasih.



Danu W Wahyudi.

Diubah oleh hyroichi 17-01-2014 15:18
azidqi
azidqi memberi reputasi
1
64.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan