Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

benedick.henryAvatar border
TS
benedick.henry
Gan, sendirian pas valentine? Ni tips yang bermanfaat buat agan semua!


Bagi seseorang yang belum memiliki pasangan, mungkin tanggal 14 Februari adalah saat yang tepat untuk menderita amnesia. Hingar-bingar hari valentine beserta dengan hiasan-hiasan bertemakan cinta yang ditemui di setiap sudut pusat perbelanjaan membuat perasaan bertambah gelisah. Merayakan hari valentine bisa menjadi saat paling menjenuhkan. Jangankan setangkai bunga mawar, bagi mereka yang single coklat pun bisa terasa pahit.

Hal di atas akan terjadi pada mereka menempatkan valentine dalam sudut pandang yang sempit. Artinya, mereka hanya berpikir bahwa merayakan hari valentine hanyalah untuk mereka yang berpasangan. Bahwa kasih sayang ketika valentine hanya khusus diberikan pada kekasih masing-masing.

Jika Anda memiliki pandangan yang berbeda tentang valentine, maka Anda pun wajib mempersiapkan diri menyambut moment spesial ini. Ada banyak hal yang Anda bisa lakukan untuk merayakan hari valentine, sekalipun Anda belum memiliki pasangan. Bisa jadi, di valentine inilah saatnya Anda mendapatkan seorang pasangan. Atau, di moment setahun sekali ini Anda memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaan Anda pada seseorang.

Jepang adalah salah satu negara dengan keunikannya merayakan hari valentine. Pasalnya, valentine tidak hanya dimeriahkan oleh mereka yang berpasangan. Pada hari valentine, setiap wanita di Jepang diperkenankan memberikan coklat kepada orang yang benar-benar mereka sukai. Disebabkan karena wanita Jepang sering malu mengungkapkan perasaannya, sehingga moment valentine khusus dijadikan hari dimana mereka bisa melepaskan isi hatinya kepada orang yang dicintai. Tiidak mengherankan jika, di hari valentine pria-pria berwajah tampan dan berhati baik akan mendapatkan kiriman banyak coklat giri, coklat khas valentine di Jepang. Anda bisa meniru gaya ini.

Tapi, jika Anda belum berminat untuk memiliki hubungan khusus dengan seseorang, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menebarkan kasih sayang di hari valentine, seperti:

Merayakan Hari Valentine Bersama Penderita Kanker


Bekerjasamalah dengan yayasan kanker atau rumah kanker untuk memfasilitasi pertemuan Anda dengan penderita kanker. Anda mungkin tidak sendirian datang ke sana. Ajaklah teman-teman Anda yang belum memiliki pasangan untuk datang bersama Anda ke yayasan kanker dan merayakan hari valentine di sana. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sana, misalnya:

  • Memutar filem tentang perjuangan para survivor kanker
  • Mengajak para penderita kanker untuk menuliskan kisahnya dengan rencana dibukukan sebagai buku inspirasi, dan
  • Berbagi bunga mawar dan sekotak coklat


Dengan melakukan aktivitas ini, Anda telah berhasil memberikan makna lebih pada hari valentine. Selain memberikan makna pada hidup Anda, Anda juga memberikan support Anda kepada penderita kanker untuk bangkit dan tersenyum bersama Anda.

Penggalangan Dana

Begitu banyak musibah yang terjadi dunia ini, tidak terkecuali di negara Anda sendiri. Selama musibah tersebut, mungkin banyak korban yang akhirnya harus merasakan susah. Di Indonesia misalnya, bencana banjir, gunung meletus, longsor, dan lainnya telah membuat ribuan orang menjadi korban. Mereka kehilangan rumah dan pekerjaan dan harus hidup di pengungsian.

Ajaklah teman-teman Anda yang single untuk menjual bunga di sepanjang jalan, dengan tujuan hasil penjualan bunga tersebut akan diberikan kepada korban bencana yang membutuhkan. Dengan melakukan aksi ini, Anda sekaligus mengajak para pengguna jalan untuk merasakan moment valentine, dan ikut berpartisipasi di dalammnya.

Kampanye Tentang HIV/AIDS

Untuk merayakan hari valentine 2013 yang lalu, Elthon John dan teman-teman memasukan agenda kampanye AIDS. Dengan tema “Love is in my blood”, mereka menusukkan sebuah jarum di tangan mereka dan mengunggah moment tersebut di Twitter. Dengan aktivitas ini, mereka berharap tidak ada lagi diskriminasi terhadap penderita AIDS dan para penderita AIDS pun berhak untuk mendapatkan perlakuan dan kasih sayang yang sama dengan yang lainnya.

Anda pun bisa melakukannya, dengan cara yang lebih sederhana. Mungkin Anda bisa mengajak teman-teman Anda untuk membagikan brosur dengan tema kasih sayang, dibagikan ke mahasiswa di kampus-kampus. Atau, jika Anda mau sedikit lebih sibuk, Anda dan teman-teman bisa merancang sebuah seminar, yang temanya tentang “Bagaimana kasih sayang bisa membangkitkan hidup penderita AIDS”. Atau, bisa juga Anda memberikan setangkai bunga kepada setiap pria yang sudah beristri, dengan tambahan pesan di dalamnya yang bertuliskan, “Saya akan menyayangi dan melindungi istri dan anak-anak saya dari HIV/AIDS.”

Rayakan dengan Keluarga

Anda mungkin tidak memiliki pasangan tahun ini, tapi keluarga tidak akan membiarkan Anda sendiri di moment valentine. Rancanglah sebuah acara valentine sederhana dengan keluarga Anda. Jika setiap hari Anda disibukkan dengan jadwal pekerjaan yang padat, saatnya Anda melepaskan diri sejenak dengan berbagi kasih sayang dengan keluarga Anda.

Ada banyak hal unik yang bisa Anda lakukan untuk mengisi valentine bersama keluarga, misalnya:
  • Memasak masakan spesial untuk mereka. Lakukan saja, sekalipun Anda kurang pandai memasak. Dengan kasih sayang, keluarga Anda akan menghargai hasilnya. Nah, setelah itu baru ajak keluarga Anda mengunjungi restoran favorit keluarga. Anda yang mentraktir.
  • Karaoke bersama keluarga bisa menjadi moment menyenangkan untuk melepaskan penat. Berhubung ini adalah hari valentine, jadikan karaoke ibarat lomba bernyanyi. Buat peraturan jika lagu yang dinyanyikan haruslah bertemakan cinta. Skor paling rendah wajib membelikan coklat kepada seluruh anggota keluarga.
  • Berlibur bisa menjadi moment paling menyenangkan bersama keluarga, terlebih di hari kasih sayang. Daripada Anda mengajak keluarga pergi ke pusat perbelanjaan, dimana Anda akan menemui banyak pasangan yang sedang bertukar bunga dan coklat, lebih baik Anda mengajak keluarga Anda ke daerah-daerah yang dekat dengan Alam, seperti daerah pegunungan atau perkebunan. Suasana seperti ini akan membuat Anda lebih rileks dan tentu saja menyehatkan.
  • Membuat foto keluarga juga bisa menjadikan valentine Anda berbeda. Setidaknya, Anda bisa mengingat bagaimana besarnya kasih sayang di dalam keluarga Anda ketika Anda melihat foto tersebut ada di dinding kamar Anda, atau di atas meja kerja Anda. Agar suasana valentine tetap menyatu, gunakan dresscode khusus. Anda bisa membuat kaos keluarga berwarna pink dengan sebuah quote:
    I don’t care how poor a man is; if he has family, he’s rich – Dan Wilcox dan Thad Mumford


Saatnya Menyayangi Diri Anda Sendiri

Mungkin, inilah saat yang paling tepat untuk Anda membuktikan bahwa Anda pun berhak menyayangi diri Anda sendiri. Memanjakan diri Anda adalah salah satu cara untuk merayakan hari valentine. Ada banyak hal yang tidak bisa Anda lakukan setiap hari, tapi bisa Anda coba lakukan di moment valentine, misalnya:

  • Jika setiap hari Anda sangat ketat menjalankan aturan diet, di hari valentine bebaskan diri Anda untuk mencicipi makanan yang Anda suka.
  • Jika Anda tidak memiliki waktu untuk menjalankan hobi, lakukan hal itu saat valentine. Habiskan waktu Anda untuk bermain musik, melukis, menulis buku, traveling atau mendengarkan musik. Jika Anda suka mendengarkan musik, lagu “It’s My Life” milik Bon Jovi atau “Single Happy” milik Oppie Andaresta bisa menjadi salah satu lagu yang membuat hati Anda nyaman.
  • Pergi ke salon. Anda memang butuh memanjakan diri Anda dengan pijatan kecil di seluruh tubuh. Lakukan perawatan rambut, kulit, dan kuku. Anda akan merasa lebih segar dari sebelumnya.
  • Lakukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan, misalnya melakukan olahraga ekstrim seperti arung jeram atau buggy jumping. Atau sekadar pergi ke taman fantasi dan mencicipi naik roller coaster sambil berteriak melepaskan penat Anda.
  • Jika Anda ingin mengadopsi gaya valentine di Jepang, belilah beberapa batang coklat dan berikan kepada salah seorang single lainnya yang juga banyak dikagumi oleh orang lain. Mungkin orang tersebut telah menerima coklat dari banyak orang yang juga menganguminya. Anda bisa sekalian mengirimkan pesan bertuliskan: “Saya tahu anda dapat banyak coklat tapi kesulitan menghabiskannya. Jangan khawatir, saya penggemar coklat. Kita bisa menghabiskan waktu bersama untuk menghabiskan coklat tersebut. Anggap saja ini bala bantuan dari Saya untuk Anda.”


Pesan seperti ini akan membuat Anda terliahat misterius dan membuat dia menjadi penasaran. Coba, deh!

Valentine mamang terlalu sepi untuk dilewatkan sendiri. Namun, valentine juga terlalu sayang untuk dilewatkan tanpa kesan apapun yang membuat Anda lebih berarti dan lebih dewasa dalam menjalani hidup.

Happy Valentine Single Ladies and Boys!

Sumber

Ada ide lain gak ya?
0
1.4K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan