Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bayupratamotAvatar border
TS
bayupratamot
Kenapa internet indonesia sangat mahal
Berikut urutan negara-negara dan kecepatan internet tercepat dan terlambat :

Spoiler for Urutan:


Dari data di atas dapat kita lihat bahwa koneksi indonesia memiliki koneksi yang lambat.

Berikut adalah sebab yang saya dapat ketika sedang browsing masalah koneksi internet indonesia yang sangat lambat :

Pengembangan jaringan telekomunikasi kanal lebar berbasis kabel serat optik telah dicanangkan sejak 1996 melalui Program Nusantara 21. Namun, program itu terhenti sebelum masuk abad ke-21.

Kebijakan yang tak konsisten ini menyebabkan Indonesia kini tertinggal dalam layanan telekomunikasi di kawasan ASEAN serta masih menghadapi masalah kesenjangan layanan informasi dan komunikasi.

Menurut Setyanto P Santosa, Ketua Umum Masyarakat Telekomunikasi Indonesia, posisi negara ini menurun dari posisi pertama pada era 1970 hingga 1980-an menjadi di bawah empat negara, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Indonesia hanya mengandalkan jaringan nirkabel, yaitu sistem seluler dan satelit. Padahal, jenis prasarana telekomunikasi ini lebih rendah dalam hal kualitas dan kecepatan penyampaian sinyal dibandingkan sambungan kabel serat optik.

Jaringan telekomunikasi di Indonesia, ujar mantan Direktur Utama PT Telkom Indonesia itu, 95 persen berupa telekomunikasi nirkabel dengan kualitas sambungan yang buruk.

seharusnya Indonesia mengikuti tren pengembangan telekomunikasi yang terjadi di dunia. Layanan telekomunikasi di negara maju, 60 persen menggunakan kabel serat optik. Teknologi itu memiliki beberapa kelebihan, antara lain bebas gangguan, berkecepatan tinggi, dan berkapasitas tinggi.

Kurangnya jumlah infrastruktur yang menggunakan konsep jaringan fixed broadband atau kabel serat optik, membuat perkembangan kecepatan internet di tanah air terkesan sangat lambat. Para pakar telekomunikasi terus mendesak pemerintah untuk segera melakukan investasi di bidang telekomunikasi dan membangun jaringan fixed broadband sesegera mungkin.
Dengan Fixed broadband koneksi internet lambat di tanah air akan jauh lebih cepat dan nyaman.
(di kutip dari kompas.com)

Penyebab mahalnya internet di indonesia :

Menurut beberapa informasi yang saya dapatkan dari browsing masalah penyebab mahalnya internet indonesia, saya mendapatkan beberapa penyebabnya .

Indonesia adalah negara khatulistiwa, sehingga membutuhkan kabel backbone yang panjang dan mahal serta routing yang jauh. Tidak seperti negara lain seperti jepang yang backbone nya ke amerika serikat dan membutuhkan jarak yang lebih pendek.

Selain itu, untuk routing juga membutuhkan biaya. Indonesia hanya memiliki 2 rout. Yaitu singapura dan australia. Sedangkan jepang memiliki rout yang banyak. Diantaranya adalah kore, china, amerika, russia dll.... Semakin banyak rout maka akan semakin kompetitif harganya.

Regulasi pemerintah yang kurang efisien juga penyebab mahalnya tarif internet di indonesia. karena penyedia layanan internet harus membayar Biaya hak penyelenggaraan (BHP) yang terlalu tinggi sehingga harus melakukan hitung-hitung dari bisnis balik. Jika modal mereka belum kembali, tentu mereka akan lebih meninggikan tarif internet.



Terimakasih telah membaca artikel saya tentang penyebab lambat dan mahalnya internet diindonesia.
Informasi ini saya dapatkan dari hasil browsing, dan saya kumpulkan menjadi sebuah artikel.
semoga bermanfaat buat para pembaca.
0
1.9K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan