Kekecewaan ane terhadap jasa pengiriman barang jne
TS
rino.ci.51udhex
Kekecewaan ane terhadap jasa pengiriman barang jne
Semata-mata TS membuat thread ini karena ke kecewaan TS akan jasa pelayanan pengiriman barang JNE yang tidak menunjukan professional kerja dan responbilty yang buruk. Semoga dengan kejadian ini bisa membuat pihak jne sadar diri dan semakin meningkatkan pelayanan terhadap masing-masing customer. Agar tidak ada lagi ke kecewaan dari para pengguna jasa JNE.
Ane memesan barang dari ID iwwyn yaitu antenna penguat signal mifi bolt super 4g pada tanggal 29 januari 2014 dapat no resi pada jam 4.15 wib tanggal 30 januari 2014, berikut percakapannya
dan kemudian barang baru sampe saat hari senin tgl 3 februari 2014, berikut percakapan dengan kurir jnenya lalu si kurir ceritanya sudah menemukan rumah ane tapi ternyata si kurir lupa klo barang yang ane pesan tertinggal, soalnya saat dirumah yang nerima barang tsb beserta bukti pengiriman selesai adalah abang ane. berhubung abang ane gtau apa2 trus si kurir menyodorkan bukti pengiriman tsb tanpa membawa barangnya akhirnya dengan sengaja abang ane tanda tangan bukti pengiriman tsb tetapi ternyata barang itu tertinggal dikantor si kurir ini. lalu inilah percakapan antara abang ane dan si kurir
A=abang ane
K=kurir jne
K: wah maaf mas ternyata barangnya ketinggalan dikantor
A: loh terus ini gimana mas?? kan sudah di tanda tangan??
K: tenang mas nanti saya balik lagi sekalian cek barangnya di kantor
A: oh, oke tapi bener ni udah terlanjur tanda tangan begini g masalah??
K: ga masalah mas tenang aja, saya janji besok (hari selasa tanggal 4 feb 2014) balik lagi sekalian anterin lagi barangnya
A: oh oke ya udah klo begitu
lalu ane coba telp kurir jne ini dan begini lah percakapan telp ane:
G: ane
K: K
G: halo sore mas, gimana barang pesenan saya tadi kata nya ketinggalan yah di kantor nya mas??
K: oh ia bener mas, maaf ya ketinggalan nih barang pesenan mas.
G: ya tapi gimana tuh mas kan udah di tanda tangan sama abang saya, apakah di status resi di website masih on process atau sudah terkirim
K: tenang aja mas selama barang pesenannya belom sampe bakal on process
G: (lah klo seterusnya on process smp kapan itu barangnya nyampe) ts sambil pikir
G: oh ya udah mas klo begitu, ya saya si minta tolong aja mas klo bisa hari selasa(4 feb 2014) itu barang pesenan saya sudah sampe.
K: ok mas, insya allah nanti kita kabarin klo barangnya udah ketemu
[/spoiler]
Spoiler for begini:
alu setelah seminggu itu barang tidak ada kabarnya, akhirnya ts inisiatif telp jne kantor cabang bekasi karena denger info paketnya ada disana. tapi tetap ane telp itu CS sana sehari g pernah diangkat akhirnya hari berikutnya diangkat itu telp dari ane. katanya barangnya bakal di process dan di check.
oke, dengan sabar ts menunggu kabar dari pihak sana tapi g ada kabar lagi. sampe 3hari berlalu setelah ane telp cs bekasi. akhirnya ane datengin pihak jne kacab bekasi (koq jadi ane yang jemput bola ya??kan ane customer??)
setelah minta solusi dari sana ternyata paket ane malah di oper ke jne kacab jati asih. loh loh koq bisa?? katanya paket emang udah dari seminggu disana dan klo dari luar kota pasti ada disana. semenjak itu ane jadi males klo mesti jemput bola lagi bwt ambil paket karena di oper2 bolanya kesana kemari ga professional bgt pihak jne. akhirnya ane telp cs hari minggu kmrn dan katanya sama bakal di kroscek terus si kurir di tindak lanjutin dan barangnya segera di informasikan keberadaannya.
akhirnya dengan rasa gondok ts kesel bgt karena jawabannya sama kaya gini juga mengecewakan bgt dan dari pihak sananya sampe ts membuat thread ini ane belom dpt kabar dari pihak jne
seperti itulah, sampai saat ini barang belom juga datang sampai tanggal ts membuat thread ini
oia ane juga sudah nelp si kurir tapi ga pernah diangkat dan g ad jawaban pula proses kelanjutan paket ane
hari ini senin ane telp kurirnya awal pertama ga di angkat sampe2 ane udah terlanjur kesel, muak, dan emosi tak terbendung akhirnya
ane sms aja kurir nya kaya gini
Spoiler for nih:
[spoiler=balesan si kurir]
Spoiler for percakapan:
dan akhirnya si kurir berani angkat telp ane, karna nada ts di sms tinggi dan karena si kurir g terima akhirnya dia sok bijak ngasih tau ane dengan nada keras. yo wess ane bales lagi dengan nada keras. begini percakapan via telp
A= ane
K= kurir
B= Bokap (tiba2 ikut campur)
A: halo mas, situ gimana si udah janji koq g ditepatin saya hubungin ga bisa2 baru pas saya sms kaya gini anda jawab
K: lah mas klo bicara yang sopan donk mas pake bahasa yang baik, klo urusan paket bukan urusan saya lagi mas itu di oper oleh kacab sana. saya juga pas tau klo barangnya di oper dah g ada hak lagi mas
A: situ gimana sih udah janji kan ke saya ya tanggung jawab lah sudah bicara niatnya baik malah ngotot santai lah
K: situ duluan yang ngotot ke saya pake bahasa yang g ngenakan
A: lah situ duluan yang ga ada kabar dengan janji yang g di pertanggung jawabkan.
K: mas klo barang sudah ada di kacab bukan koridor saya tapi sama pihak pemaketnya yang tinggal menugaskan kurir untuk mengirim. saya mah g ada wewenang soal ini tergantung mereka ngasih tugas. lagi pula mas jne ga bakal rugi kehilangan satu konsumen kaya mas juga ga bakal ganti rugi klo barang hilang!!!
A: oh gitu (seandainya ada alat perekam gw rekam ini)
K: memang konsumen saya situ doank pake nada tinggi
A: Oh gitu ( wih ni kurir sakti bener dah g mau ngaku salah hahaah)
A: ya pokoknya saya ga mau tau itu barang harus ada mas
K: nih mas saya kasih tau walaupun mas nya sudah lapor ke cs pusat juga saya ga bakal di pecat mas saya jamin g takut saya juga memang bukan koridor saya lagi
A: lah terus gimana
B: (bokap mencairkan suasana yang panas) halo mas, gimana ya paket anak buah saya koq belom terkirim2 sampe skrg ini saya sudah nunggu loh (bokap speak jadi boss ane)
K: oh ia halo pak paket tertahan di kacab jatiasih jadi itu bukan saya lagi yang antar tapi kurir lain tapi tenang pak, paketnya g ilang pasti kita hubungin koq.
B: loh ia tapi kata anak buah saya mas nya susah dihubungin, jadi gini mas saya minta tolong bantuannya mas bwt tau proses paket saya gimana kelanjutannya mohon konfirmasinya
K: oke pak, gini aja bapak langsung telp ke petugas yang bersangkutan mengenai paket bapak. namanya pak buang susilo. nanti bapak klo mau tanya paket bapak kemana tanya aja dia, saya cuma kurir doank pak
B: oh oke lalu saya sekarang bicara dengan bapak siapa??
K: nama saya jubaidi pak.
B: oh oke kalo begitu saya minta no telp pak buang boleh pak jubaidi
K: boleh pak nanti saya kirim sms nya ke no ini
B: ok terima kasih
K: ia sama2
A: ah sampah!!(ngedumel sendiri)
nah sampai saat ini no telp atas nama pak buang susah dihubungi alias ga diangkat2
makin gondok ane dan mungkin ikhlas deh tuh barang kemana kek udah bodo amat yang ane sesali adalah tanggung jawab pihak jne dan kurir yang tidak punya etos kerja yang baik kualitas buruk. mending saat terima pegawai tes psikotes dulu deh biar yang diterima kerja punya tanggung jawab dan janji yang harus di tepati.
okeh ane tau sedikit prosuder jne klo masalah seperti ts ini memang bukan koridor si kurir tapi kan si kurir sudah janji, ya janji harus ditepatin lah.
maaf klo thread ane berantakan nanti ane update lagi klo barang ane udah sampe dan masalah baru yang mengesalkan
Quote:
maaf koreksi, tidak bermaksud memprovokasi agar agan ataupun aganwati tidak menggunakan jasa jne. thread ini dibuat agar supaya agan2 tidak mengalamin kejadian yang sama seperti ts
sekian dari ts maaf klo threadnya berantakan maklum hati lagi mumet bgt bingung mesti ngapain, maaf maaf juga klo ada salah kata maklum ts ini cuma manusia yang kadang bisa emosi juga. nerima saran dan kritik dari agan ataupun aganwati.
jangan lupa bantu
Spoiler for Update tanggal 12 Feb 2014:
sekitar jam 3an ane inisiatif langsung mendatangi JNE pusat daerah tomang walaupun agak sedikit nyasar karena tertipu oleh gedung baru JNE akhirnya di beritahu bahwa gedung baru belum aktif beroperasional lalu ditunjukan lah jalan kira2 500m dari jne gedung baru ada jne gedung lama. mampirlah ts kesana sekalian mau komplain masa paket ane yang belum sampe
masuk lah ane ke ruangan CS ada security wanita menghampiri menanyakan keperluan. ane jawab "mau komplain masalah paket yang belum sampe". lalu ambil no antrian sekitar 5 menit langsung maju ke meja CS JNE.
wih mba CS yang jaga cantik gan
niat ane yang tadi nya mau marah - marah jadi ter netralisir gara2 liat ini cewe
ok langsung ke point conversation
A= ane
CS= CS Jne
A: selamat siang mbak (agak sedikit gugup)
CS: siang mas, ada yang bisa saya bantu??
A: ia ni mba saya mau komplain masalah paket saya yang belum sampe ni dari tanggal 30 jan 2014 pengiriman sampe saat ini belom sampe.
CS: check status barang ya mas?
A: ia mba sekalian saya mau cerita dulu jadi begini paket sudah di antar oleh salah satu kurir anda a/n Jubaidi gtw palsu apa bukan. itu tanggal 3 februari sudah mengantarkan paket saya kerumah berhubung saya tidak ada dirumah beliau menitipkan paket nya ke abang saya tapi beliau main langsung aja bawa note pengiriman selesai gitu tanpa mengambil paket saya terlebih dahulu dan langsung menyodorkan ke abang saya. berhubung abang saya gtau menau akhirnya beliau ttd. nah kata si kurir ini paket saya tertinggal di kantornya dan beliau bilang tgl 4 februari 2014 bakal di anterin paketnya yaitu antenna. yowess denger keterangan begitu saya si percaya si kurir. nah sampe sekarang itu paket saya belom dikirim juga mba .
ini masalah janji kurir mba ke saya, gimana si jne punya kurir ga punya tanggung jawab bgt.
CS: Di phpin ya mas??
A: ia mba, udah gitu ini kurir baru bisa di hubungin pas saya ancem mba. baru tuh dia angkat telp dari saya walaupun saya ngaku salah kurang sopan saat itu tapi berhubung saya sudah kesel seminggu ini dan beliau g angkat telp dari saya juga ya udah gondok lah saya. namanya customer mba barang belom sampe wajar donk saya emosi. disitu juga saya ga pake bahasa kotor koq pas smsin si kurir (sambil nyodor bukti sms ane sama si kurir ke mba cs). nah setelah itu dia malah ngoper lagi paket saya ke pak buang susilo, gimana sih ?? itu asli mba, kurir mba emang mau ketemuan sama saya berhubung ada boss saya yang cairin suasana, g jadi deh ketemuan mau main jotos2an sama si kurir.
CS: oh gitu mas, maaf ya mas atas kelakuan si kurir kami juga masih memperbaiki pelayanan kami mas. oke deh mas saya minta no resi nya mas sekalian nanti saya coba follow up supaya barang mas cepat di antar ke rumah.
A: malah enak bgt lagi jawab omelan saya "kehilangan customer kaya mas g bakal rugi jne". masa kurir anda begitu. tau kan klo customer adalah raja (sambil tepok jidat)
CS: waduh maaf lagi ya mas maaf bgt. maaf atas pelayanan kami
A: ia udah lah mba gini aja pokoknya itu barang harus ada mba
CS: ada koq mas status barang masih on process tapi emang saya ga tau keberadaannya dimana, tapi ntr saya check
A: maka nya kurir anda bilangin tuh yg bener kerjanya udah janji g ditepatin mau jadi apa coba
CS: ia mas maaf bgt yah
A: ini saya udah mentok mba udah 4 hari setelah kejadian itu si kurir g bisa dihubungin, akhirnya saya telp cs jne kacab bekasi alhasil dia bilang kroscek dulu nanti di konfirmasi lagi. oke saya tunggu, 2 hari kemudian ga ada jawaban si cs sana saya telp jne pusat ttp jawaban sama di kroscek ntr di konfirmasi lagi akhirnya saya langsung datengin kacab bekasi eh malah barang saya g ada disana dan di oper ke jatiasih. gimana si main oper2an aj kaya bola??
CS: itu operasional sana ya mas yang jawab.
A: ia lah mba!!! gimana si masa customer jemput bola lucu banget, anda seharusnya sebagai penyedia jasa melayani customer dengan baik bukan ngoper sana ngoper sini di phpin pula
CS: oh ia mas didata kami mas konfirmasi tgl 9 februari 2014 nah terus di follow up sama orang sini ke bekasi sana klo tgl 10 februari 2014 harus di anter ulang paketnya mas tapi koq sampe skrang belom ya (sambil garuk2 kepala)
A: saya dateng dari bekasi cuma bwt ngurus ginian doank loh mba, ini penting loh bwt saya. udah seminggu begini g ada kabar
CS: hah, dari bekasi mas seriusan??
A: ia lah mba jauh ni, cuma ngurus beginian gara2 kurir anda g ikhlas.
A: yah kurir anda g ikhlas ntu mba,
sambil jawab bareng
A: klo g ikhlas g usah kerja (sambil ketawa jodoh kali yah bisa barengan gini)
CS: klo g ikhlas g usah kerja (sambil ketawa)
CS: oke mas tunggu dulu sebentar ya, saya kedalem dulu mau bantu proses paket mas ke PIC yang bersangkutan
A: oke
tunggu sekitar 15 menit si cs keluar juga dari tempat persembunyian
CS: sory ya mas lama tadi saya sudah coba follow up ke bekasi katanya barang ada di bekasi
A: (pasang muka cemberut) bekasinya yang kranji apa jatiasih mba??
CS: wah gtau juga saya mas hahaah, barangnya aman koq lagi di oper pihak sana
A: tuh kan di oper lagi males banget (tepok jidat)
A: gimana si JNE mengecewakan sekali pelayanannya
CS: ia mas maaf bgt maaf yah (kaya yang memelas untung ane masih punya rasa kemanusian jadi g bisa marah sama ni cewe)
A: ya udah mba jadi kelanjutan paket saya gimana?? hari ini bisa antar ga??
CS: insya allah bisa mas, klo g hari ini hari besoknya tgl 13 februari 2014 soalnya waktu udah mepet (liat jam udah jam 4) udah mau lewat operasional kerja takut g keburu.
A: loh, gimana si mba. pokoknya saya gmau itu paket harus ada hari ini. udah di phpin lagi masa di phpin lagi mba
CS: gak koq mas kali ini, gini aja nanti saya kasih no PIC yang bersangkutan sama paketnya mas. hari ini lagi di push terus sama pic nya ke bekasi. karena saya coba bantu mas yang udah jauh2 dari bekasi kesini sampe saya bilang gitu mas ke PIC nya jadi mohon dengan sangat di anter segera barangnya tapi ga menutup kemungkinan besok baru dikirim.
A: (udah males, udah tau kelakuan JNE kaya gini) ya udah lah mba klo emg bisa besok. tapi saya minta no PIC yang bersangkutan bwt follow up terus barang saya.
CS: Oke mas (sambil catet di kertas no PIC a/n Arif) nih nanti klo paketnya mas belom sampe juga hubungin no ini aja
A: ya elah ngabisin pulsa saya mba
CS: bisa di sms koq mas, soalnya ini no esia. telp juga bisa klo mas mau
A: ia deh
A: anyway saya boleh tau g mba itu kurir yang ngantar paket saya emang bener a/n jubaidi.
CS: bentar ya mas saya check..... oh disini yang nganter paket mas a/n pak buang susilo tapi di oper ke kurir nama maryono
A: (loh - loh tu kan bener kurir biadab takut sebut nama asli malah make nama palsu) ya kan mba palsu, gimana si ga ada tanggung jawabnya g professional kurir anda. gsah di kerjain disini tu mba orang2 kaya begitu.
CS: ia maaf bgt ya mas dengan pelayanan kami yang sangat mengecewakan mas (sambil pasang muka melas)
A: (yah udah ane klepek2)
CS: ada lagi g mas??
A: oh ada mba, waktu itu saya sudah kirim email ke cs jne tapi ga ada balasan. gimana si aduh
CS: itu mas ngirim pas jam kerja atau jam pulang kerja mas
A: jam kerja donk mba
CS: (lagi2 mengulang kata maaf yang sama)
A: ini ya mba klo emang barang saya ilang atau emg g di proses. saya bikin surat terbuka di media kompas atau kaskus(padahal sudah dipasang dikaskus). soalnya saya udah gondok. pokoknya secepatnya ya mba
CS: oke mas, (lagi dan lagi mengulang kata maaf yang sama)
A: yaudah mba saya pulang dulu.
CS: oke mas.... eh, tunggu dulu mohon centang opsi pelayanan kami mas
A: oh ini ya udah saya centang ini ya mba (cukup)
ya udah ane langsung cus lagi ke bekasi, sedikit terobati tapi masih belom sampe itu barang. mudah2an sampe besok amin
UPDATE KOMEN
Spoiler for mungkin korban oknum:
Quote:
Original Posted By diarayanti►Ane juga baru kejadian minggu kemaren gan, rencananya mau buat surat terbuka buat jne nya. Tapi belum sempet, kebetulan agan udah buat dluan. Nanti ane update + bukti smsnya.
Quote:
Original Posted By beelzebub99►jne emang jelek gan, ane pesen barang di situ slalu lama bgt sampe. walaupun dah dikonfirmasi barangnya dah sampe di kota ane juga masih msti nunggu 2-4 hari
mending pake tiki, lebih terjamin
Quote:
Original Posted By Westcandle►mulai sekarang tinggalkan JNE ya, kalo perlu semua seller FJB kaskus hindari pengiriman pake JNE.
ane pernah ngirim barang, kebetulan ane pake JNE. besoknya ane kirim lagi baranag yg sama dengan tujuan sama tapi pake jasa ekspedisi yg beda(bukan JNE. dan ternyata yg sampe duluan bukan yg pake JNE. dan waktu yg dari JNE itu tibaa, isinya berantakan. kayaknya dilempar-lempar paketan ane. bukannya mau menjelekkan ya, tapi kalo masalah kualitas pelayanan sih JNE menurun drastis dari 3 tahun yg lalu. padahal dulu ane suka banget pake jasa JNE, tapi sekarang ane sudah mulai menghindar.
lagian mereka juga ga rugi kan kalo kehilangan pelanggan (kata-kata yg bego dari seorang kurir JNE)
Quote:
Original Posted By babaroid►hati2 gan kalo paket agan ga diketahui keberadaannya dan pihak jne juga seakan gamau tau paket agan hilang bisa jadi paket agan jatoh dijalan saat dibawa kurir.
Dulu ane pernah beli barang pas kurirnya nyampe rumah barangnya malah ga ada, trus kurirnya sepik2 ketinggalan dikantor besok mau dianter, taunya pas malem ane ditelpon sama orang yg nemu paket ane, tergeletak dipinggir jalan katanya besoknya emang kurir ada yg dateng kerumah sih (beda orang tapi sama yg awal dateng) buat ngecek barangnya udah sampe apa blm, ane bilang aja tuh jatoh dijalan dan ane maki2 dah tuh org
Quote:
Original Posted By c4jaket►Mohon tindak lanjut JNE
Kami kirim barang dengan data sebagai berikut:
» Resi SUBJ100235265114
Kepada: Michael
Alamat: MRG2 Tanjung Duren, Jak Bar
Nmr telp: 0817 9201 xxx
Isi paket: sepatu
(selanjutnya kami sebut dengan 'resi A' dan 'paket A' & 'alamat A')
» Resi SUBJ100235294514
Kepada: Yeni M
Alamat: PT. WOM FINANCE Rangkasbitung
Nmr telp: 0852 8066 xxxx
Isi paket: sepatu
(selanjutnya kami sebut dengan 'resi B' dan 'paket B' & 'alamat B')
Kedua paket kami kirim dari Sidoarjo pada tanggal 5 Pebruari 2014. Pukul 17:38 dan 17:51 WIB (menurut resi)
Keadaannya: paket A dengan alamat A (yg kami terakan di paket A diberi resi B oleh JNE dan dikirimkan ke alamat B. Resinya yg ditukar oleh JNE. Paket A sudah sempat diterima oleh pembeli di alamat B dan menanyakan kepada kami kenapa alamat dan isi paket tidak sesuai yg mereka pesan. Esok harinya petugas JNE kembali ke alamat B dan menyatakan bahwa paket tertukar. Paket B diberikan kepada pembeli di alamat B. (Sudah beres dan sesuai). Tetapi pembeli di alamat A yang seharusnya menerima paket A dengan resi A sampai saat ini belum menerima barang pembeliannya. Pembeli di alamat B juga sudah memberikan alamat yang benar untuk paket A agar segera diantarkan.
Mohon tindak lanjut JNE. Segera. Karna ini merugikan pembeli barang kami, juga merugikan kami sebagai penjual yang sempat disangsikan kredibilitasnya.