Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ucanewsAvatar border
TS
ucanews
PGI: Umat Kristiani Jangan Golput
JAKARTA, KOMPAS.com - Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyerukan kepada Umat Kristen untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu legislatif 2014. Seruan ini ditujukan kepada gereja-gereja yang berada di bawah naungan PGI.

"Kami dari Persekutuan Gereja dan Forum Umat Kristiani menyerukan untuk tidak golput. Kami memang tidak punya kuasa untuk itu, tapi kami hanya bisa menyerukan," kata Ketua Umum PGI, Pdt. Andreas A. Yewangoe, saat membacakan pesan pastoral di Wisma PGI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2014).

Keputusan ini berdasarkan Sidang PGI 2014 di Merauke, Papua. PGI, kata Andreas, khawatir bila rakyat golput, maka yang terpilih adalah wakil-wakil rakyat yang tidak diharapkan sehingga merugikan.

"Jadi prinsip minus malum dipakai dalam konteks ini. Kita memilih yang kurang buruk dari yang buruk. Dan kita berdoa agar yang kurang buruk itu menjadi lebih baik," ujarnya.

Sekretaris Eksekutif Bidang Diakonia PGI Jeirry Sumampow mengatakan ada beberapa alasan di balik sikap lembaganya menyerukan masyarakat agar tidak golput. Alasan pertama, kata dia, adalah Sidang Raya PGI tahun 1972 di Sumatera Utara yang menyerukan kepada gereja agar terlibat dalam partisipasi politik.

"Karena itu, ikut memilih tak hanya semata-mata hak konstitusional warga negara, tapi juga sebagai bagian dari tanggung jawab iman bagi umat Kristen di tengah-tengah bangsa ini," kata Jeirry.

Alasan lainnya, Jerry mengatakan pemilu adalah alat kontrol dan kritik terhadap kekuasaan. Dengan prinsip reward and punishment kepada partai atau penguasa, umat Kristen akan menentukan arah perubahan bangsa.

"Selain itu, tingginya angka golput juga menyebabkan terjadinya kecurangan dan manipulasi suara. Dengan memilih, kita berharap bisa meminimalisasi kecurangan dan manipulasi suara tersebut," ujarnya.


http://indonesiasatu.kompas.com/read....jangan.golput


jangan golput gan. manfaatkan suara anda emoticon-I Love Indonesia (S)
0
2.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan