Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

itreng88ayasAvatar border
TS
itreng88ayas
'Emas Hijau": disekitar kita ! tapi terabaikan dan terlupakan !
"Orang bilang tanah kita tanah surga" Dan di tanah Surga ini sebenarnya banyak tanaman/ tumbuhan yang berpotensi sebagai " EMAS HIJAU", Yg sayangnya kurang mendapat perhatian dari masyarakat ataupun Pemerintah ! Sebenarnya tanaman/ tumbuhan ini punya potensi besar sebagai komoditas ekspor tuk bahan2 industri ! dan bisa juga sebagai alternatif pengganti BBM ! Beberapa tanaman tersebut antara lain :
Spoiler for jarak:
JARAK ; Tanaman ini bisa di temui di lahan2 kosong-hutan. pantai . biji jarak sering juga dipakai tuk obat gatal secara tradisinal .dan biasa digunakan tuk bahan campuran minyak pelumas. selain tuk bahan Biofuel (alternatip pengganti BBM ),Tapi sayang potensi besar ini kurang diminati oleh petani, mereka masih enggan tuk menanam jarak ini !emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for singkong:
Singkong adalah yg paling mudah ditemui sehari hari ! Adapun selama ini kebanyakan singkong hanya tuk makanan-tepung tapioka-gaplek dll ! Tapi sebenarnya bisa digunahkan tuk bahan pembuat Ethanol ( alternatif pengganti BBM). hanya sedikit perusahaan Ethanol maupun alkohol di Indonesia yg memakai singkong sebagai bahan, karena terbatasnya pasokan singkong !Dan mereka lebih suka menggunakan tetes tebu daripada singkong ! emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for ubi jalar:
Ubi jalar atau ketela atau telo ,lebih banyak di konsunsi langsung daripada diolah terlebih dahulu,Banyak ketela yang udah terkenal kelesatannya macam Ubi Cilembu-ketela Gunung Kawi-dll yg umumnya hanya dikukus tuk menjadi camilan atau makanan pendamping ngopi ! walau sebenarnya potensi tuk ekspor sangat besar, karena Singapura dan Jepang sangt menggemari ketela ini . Yang juga bisa tuk diet ! Di Jawa Timur ada perusahaan yg mengelola ketela menjadi makanan yg lezat, "Bakpao Telo" tuh nama perusahaan nya dan terletak di Lawng Kabupaten Malang. disini disediakan bermacam2 makanan olahan berbahan ketela !.emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for gembili:
Gembili adalah sejenis umbi-umbian, yg masih banyak ditemui didesa desa. yg menggunakannya hanya sebagai makanan atau dibikin keripik ! Namun banyak ahli memperkirakan bahwa Gembili bisa menjadi primadona dimasa datang ! Mengingat potensinya sebagai bahan pembuat Ethanol ataupun minuman beralkohol. dan sayangnya sampai saat ini belum ada pengembangan Gembili secara serius, dan hanya sebagai tanaman pendamping saja !emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for garut:
Garut adalah sejenis umbi2an yang sering diambil tepung/pati tuk pembuatan kue ! dan potensi Garut yg lain : tuk bubur bayi /anak autis-minuman beralkohol, sedang tuk bahan obat desentri -eksim-dll Dan Garut biasanya juga dipakai sebagai bahan baku industri :Kosmetik-Lem-Minuman beralkohol ! Diyakini banyak pihak bahwa potensi pengembangan dan penanaman masal Garut akan membawa perubahan hidup petani didesa !.emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for porang atau iler-iler:
Porang atau yg biasa disebut iler-iler adalah primadona dari jenis umbi2an ini ! Manfaat dari iler-iler ini sangat banyak sekali. dan potensi tuk ekspor sangat besar sekali. Di Jepang iler-iler diolah dan jadi bahan utama KONYAKU salah satu makanan Jepang yg amat digemari ! Sementara diSingapura sudah ada yg menjadikan iler-iler sebagai tablet untuk diet.Di industri tekstill dibutuhkan sebagai bahan tuk membuat kain mengkilap, dan produsen lem pun membutuhkan untuk bahan perekat ! Iler-iler juga digunakan sebagai pengganti agar2 atau gelatin, sebagai bahan baku pembuatan negative film-Isolator-Seluloid, karena sifatnya yg mirip selulosa !.emoticon-I Love Indonesia (S)

Benar benar tanah Surga Indonesia ini, yang sayangnya kurang / tidak dimanfaatkan dengan baik, Potensi dari "Emas Hijau " ini sungguh2 amat besar, dan menunggu tuk dikelola secara benar dan membutuhkan perhatian dari Pemerntah baik Pusat atau Daerah ! Dan tentu saja dari masyarakat sebagai penanam "Emas Hijau" ini, dan neng yakin kelak bisa meningkatkan kemakmuran rakyat / terutama para petani,Dan neng yakin masih banyak potensi2 lain di tanah Surga ini, dan berharap Agan semua bisa menambahkan ? dan bisa menjadi inspirasi kita semua ,terima kasih. sumber Google/ Wikipedia Indonesia.
0
12.6K
134
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan