Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pumkinzAvatar border
TS
pumkinz
Survei, Publik Lebih Suka Capres Muda

Spoiler for :


Jakarta - Hasil survei Pusat Kajian Pancasila, Hukum, dan Demokrasi Universitas Negeri Semarang menunjukkan publik lebih menyukai calon presiden berusia muda. Direktur Pusat Kajian Arif Hidayat mengatakan 73 persen responden lebih menyenangi calon presiden yang umurnya di bawah 55 tahun.

"Sebanyak 17 persen lainnya menyatakan tak suka dan 10 persen tak tahu," katanya saat memaparkan hasil survei berjudul "Menakar Potensi Modal Sosial dan Politik Capres Muda di Pilpres 2014" di Jakarta, Ahad, 9 Februari 2014. Arif melanjutkan, publik yang suka dengan usia capres mendatang di atas 55 tahun sebesar 62 persen. Yang menjawab tak suka 30 persen, sedangkan yang tak tahu 8 persen.

Survei ini dilakukan pada 3 Januari-9 Februari dengan jumlah responden 1.070 orang yang tersebar di 34 provinsi. Responden yang dipilih adalah mereka yang sudah memiliki hak pilih pada Pemilu 2014 dan bukan TNI/Polri aktif. Tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, margin of error sekitar 3 persen. Pengambilan data dilakukan melalui teknik wawancara dengan bantuan kuesioner.

Dari hasil survei tersebut, Arif menyarankan agar para pemimpin partai politik memanfaatkan tokoh muda partainya yang memiliki elektabilitas tinggi. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dengan angka 20,28 persen; Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Golkar Priyo Budi Santoso 16,26 persen; dan Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Hidayat Nur Wahid 10,09 persen.

"Momentum elektabilitas ini mestinya dimanfaatkan. Soalnya, mereka akan menjadi tokoh tua saat Pemilu 2019 nanti," ujarnya.
0
858
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan