Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lontyfortyeightAvatar border
TS
lontyfortyeight
Yuk mengenal Manfaat ASI (Air Susu Ibu)
SELAMAT DATANG !




Quote:


Banyak dari para ibu yang sudah bekerja pada umumnya jarang memberikan buah hatinya ASI eksklusif. Masalah yang klasik tentunya karena tiada waktu untuk menyusui buah hati nya sehingga tidak jarang bayi yang seharusnya diberi ASI justru diberi susu bubuk.

Spoiler for Menyusui:

Padahal disadari atau tidak, pemberian ASI kepada bayi banyak manfaatnya. Berikut manfaat dari ASI (Air Susu Ibu) yang telah ane rangkum menjadi sebuah trit, semoga dapat bermanfaat dan membuka kesadaran kita semua akan pentingnya memberi ASI dibanding susu formula bubuk.


Manusia minum air susu manusia, sapi minum air susu sapi, ini merupakan prinsip yang tak dapat diubah. Namun entah mulai kapan di bawah dorongan propaganda beraneka rupa iklan susu bubuk, membuat masyarakat pada umumnya mempunyai pemikiran yang salah, yakni susu sapi adalah yang terbaik, baru kemudian air susu ibu (ASI).

Kenyataannya, coba kita pikirkan, tiap pabrik susu bubuk dengan segala upaya memperbaiki susunan gizi dalam susu bubuk, tujuannya adalah supaya kualitas susu bubuknya sebisa mungkin mirip dengan kualitas ASI. Maka jelas ASI adalah pilihan paling tepat bagi bayi anda.

Dokter anak yang juga pakar laktasi, Utami Roesli, Sp.A., IBCLC., FABM menegaskan, pemberian ASI secara eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan akan menjamin tercapainya pengembangan potensi antara lain kecerdasan anak secara optimal.

Hal ini karena selain sebagai nutrien yang ideal dengan komposisi yang tepat serta disesuaikan dengan kebutuhan bayi, ASI juga mengandung nutrien-nutrien khusus yang diperlukan otak bayi agar tumbuh optimal.

Seperti kita tahu, sejak konsepsi dalam kandungan hingga usia dua tahun pertama kehidupan, merupakan masa kritis. Pada periode kehidupan ini, sel-sel otak tumbuh sangat cepat. Masa ini merupakan masa kritis bagi komponen otak yang bertanggung jawab terhadap kecerdasan anak, yang hanya terjadi sekali seumur hidup dan tak akan berulang.

Dengan demikian, bila dalam periode ini anak mengalami kekurangan gizi yang dibutuhkan otak, perkembangan otak dan kecerdasannya akan terpengaruh. Oleh karena itulah, kecukupan gizi perlu diperhatikan.

Kebutuhan gizi bayi 0-6 bulan sudah bisa tercukupi hanya dengan minum ASI secara ekslusif. Tak ada makanan dan minuman lain yang lebih baik untuk bayi 0-6 bulan selain ASI. ASI mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan bayi sesuai dengan prinsip gizi seimbang.

ASI mengandung zat kekebalan tubuh yang dapat melindungi bayi dari alergi dan penyakit-penyakit, seperti diare, infeksi usus, penyakit pernapasan dan sebagainya.



Quote:


Berikut Komposisi zat-zat Gizi yang terdapat dalam ASI (Kolostrum, Peralihan dan Matur) Sumber://http://www.kajianpustaka.com
Spoiler for Komposisi Zat Gizi ASI:


Lebih dekat dengan Kolostrum.
Kolostrum dalam ASI merupakan cairan pra-susu (cairan yang keluar sebelum ASI sebenarnya berproduksi) dan cairan ini berwarna kekuningan yang keluar pada awal-awal masa menyusui, yaitu pada 24-36 jam pertama setelah proses melahirkan selesai.

Banyak kandungan yang terdapat dalam cairan emas ini. Diantara kandungan kolostrum adalah banyaknya vitamin dan mineral yang sangat penting bagi perkembangan serta pertumbuhan sang bayi itu sendiri tubuh, yaitu vitamin A, B carotene dan vitamin E. Selain hal tersebut kandungan yang terdapat dalam kolostrum lainnya adalah mengandung kadar sel darah putih yang tinggi yang bersifat protektif menghancurkan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Karena banyaknya manfaat kolostrum dan khasiat kolostrum itu sendiri maka pengetahuan akan pentingnya mengenal kolostrum ini penting sekali diketahui oleh para ibu-ibu yang baru melahirkan. Komposisi dari kolostrum sendiri yang tak kalah penting dalam hal ini adalah kandungan dari zat Immunoglobulin. Terutama adalah Immunoglobulin A, di mana Immunoglobulin ini akan sangat bermanfaat untuk pertahanan tubuh terhadap infeksi seperti yang telah disebut di atas.


Berikut ini manfaat ASI bagi bayi di antaranya :

Manfaat Bagi Kesehatan :

Quote:



Manfaat ASI untuk kecerdasan dan otak :

Quote:


Bahaya dibalik tidak menyusui.
Dijelaskan oleh dr Utami Roesli, Sp.A, IBCLC FABM,ketua Sentra Laktasi Indonesia dalam acara diskusi media mengenai Perlindungan Hak Menyusui bagi Wanita. Dalam diskusi panjangnya ia menyebutkan, “Selama ini, manfaat menyusui identik dengan kesehatan bayi saja. Banyak juga para ibu yang karena berbagai hal tidak memberikan ASI kepada bayinya. Padahal menyusui dapat mengurangi resiko sang ibu terkena kanker Payudara,” kata dr Utami.

Lalu sebenarnya apa yang menjadi alasan Tidak menyusui menyebabkan kanker Payudara? Dilansir dari beberapa penelitian, Wanita yang tidak memberikan ASI kepada buah hatinya, dapat meningkatkan pertumbuhan hormon Estrogen dalam tubuh. Hormon tersebut lambat laun akan menumpuk dan memicu tumbuh kembang sel Kanker. Bahkan tak hanya menyebabkan sang Ibu terserang Kanker Payudara saja, Kanker Ovarium ‘pun bisa datang tanpa gejala dini yang bisa diketahui dengan mudah.


Ternyata tidak Menyusui tak hanya dapat menyebabkan kanker payudara saja . Resiko lain dari Ibu yang tidak memberikan ASI kepada sang bayi, antara lain sebagai berikut.
Quote:


Sayangnya di Indonesia, pemberian ASI mulai jadi suatu kegiatan yang ditinggalkan. Gencarnya iklan susu formula di televisi sedikit banyak telah memengaruhi para orangtua, terutama para Ibu. Padahal ada banyak hal yang bisa didapatkan oleh Ibu dan buah hati jika Ibu tidak enggan memeberikan ASI secara rutin.


Sekilas Info:
Daftar negara tingkat menyusui yang baik menurut World Breastfeeding Trends initiatives (WBTi). (Sumber:http://mixcustom.blogspot.com/2010/11/sri-lanka-terbaik-dalam-menyusui.html)
1. Sri Lanka
2. Malawi
3. Maldives
4. Zambia
5. Mongolia
6. Ghana
7. Mozambi
8. Nikaragua
9. Costa Rika
10. Bolivia
11. Pakistan
12. Bangladesh
13. Afganistan
14. Uruguay
15. Argentina
16. Uganda
17. Brazil
18. Nepal
19. China
20. Peru
21. Gambia
22. Kolombia
23. Vietnam
24. Filipina
25. Republik Korea
26. Bhutan
27. India
28. Ekuador
29. Republik Dominika
30. Indonesia(miris ganemoticon-Berduka (S))
31. Meksiko
32. Cape Verde
33. Taiwan

Penilaian dilakukan WBTi selama tahun 2008-2009 terhadap 33 negara. Didapatkan 9 negara yang mendapatkan hasil biru dengan nilai tertinggi ditempati oleh negara Sri Lanka, 22 negara mendapatkan hasil kuning termasuk Indonesia dan dua negara mendapatkan hasil merah.


"WBTi disini melakukan pelacakan, penilaian, monitoring, implementasi serta strategi global untuk makanan bayi dan anak-anak kecil (infant and youth child feeding)," ujar Dr Arun Gupta selaku koordinator regional IBFAN Asia dalam acara 'Oneasia Breastfeeding Partners Forum 7 di Grand Flora Hotel Kemang, Jakarta, Kamis (11/11/2010).


Dr Arun menuturkan dalam melakukan rangking ini didasarkan pada 3 tahap, yaitu tahap pertama berupa penilaian secara nasional, tahap kedua melakukan ranking terhadap negara atau region tersebut berdasarkan data dan tahap ketiga adalah melakukan penilaian ulang untuk menganalisis trends.


Indikator yang digunakan dalam penilaian WBTi ini terdiri dari 15 indikator yang terbagi dalam dua bagian, yaitu indikator bagian pertama berhubungan dengan kebijakan serta program negara tersebut, sedangkan indikator bagian kedua berhubungan dengan praktek pemberian makan bayi dan anak.


"Kita sedih melihat Indonesia ada diurutan 30, setidaknya hasil ini bisa menjadi motivator bagi kita untuk memperbaikinya. Tapi ada juga indikator lain yang menunjukkan hasil bagus seperti penanganan menyusui saat bencana," ujar Mia Sutanto, selaku Ketua AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia).

Untuk pengumpulan data di Indonesia ini melibatkan partner dari Kementerian Kesehatan, AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), Selasi (Sentra Laktasi Indonesia) dan juga Perinasia (Perkumpulan Perinatologi Indonesia).






Nah banyak manfaatnya kan gan ? Semoga trit ini dapat bermanfaat. terima kasih sudah menyempatkan diri membaca. dirangkum dari berbagai sumber.

Quote:


Diubah oleh lontyfortyeight 10-02-2014 00:22
0
3K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan