Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trainingjamurAvatar border
TS
trainingjamur
Lomba Foto Internasional SINGKAWANG MENYAPA DUNIA (Deadline: 22 Februari 2014)

Negara Indonesia mengalami Pertumbuhan fotografi yang sangat pesat baik dari segi industri maupun komunitasnya. Indonesia sebagai salah satu destinasi pariwisata terbaik di Dunia memiliki beragam potensi keindahan alam dan keragaman budayanya yang tersebar dan tersembunyi luas sampai di pelosok daerah tertinggal. Seperti diketahui bahwa sebanyak 183 Kabupaten Daerah tertinggal di Indonesia masih harus dientaskan.

Pada akhir tahun 2011, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal melakukan MoU dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kota Singkawang, Pemerintah Kabupaten Bengkayang dan Pemerintah Kabupaten Sambas untuk membentuk sinergitas program RM (Regional Manajemen) SingBeBas (Singkawang, Bengkayang, Sambas) termasuk salah satu tujuannya adalah sinergitas pengembangan Kawasan Pengembangan Terpadu di Daerah Perbatasan melalui segala pemanfaatan potensi wilayah dan komoditas unggulannya untuk mendongrak perekonomian dalam rangka pengentasan ketertinggalan di wilayah tersebut.

Dengan segala potensi Kawasan SingBeBas dan melalui berbagai kegiatan pendukung yang berhubungan dengan promosi pariwisata, medium lomba fotografi dapat dijadikan alternatif berpromosi melalui momentum pelaksanaan acara Cap Go Meh 14 Februari 2014 yang berpusat di kota Singkawang.

Berangkat dari latar belakang di atas, maka Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Komunitas Fotografi Budpar, Gerakan Daerah Terbarukan, dan Singkawang Grand Mall bermaksud untuk melaksanakan kegiatan lomba foto internasional bertemakan : “Singkawang Menyapa Dunia”, sub tema : “Cap Go Meh”. Harapannya adalah lomba foto ini bisa menjadi agenda tahunan dan bermanfaat bagi perkembangan dunia fotografi dan pariwisata di Indonesia serta pengentasan Daerah Tertinggal khususnya di Kawasan SingBeBas (Singkawang,Bengkayang,Sambas).

JADWAL KEGIATAN LOMBA FOTO INTERNASIONAL SINGKAWANG MENYAPA DUNIA LOKASI RM SINGBEBAS (SINGKAWANG,BENGKAYANG,SAMBAS)

Senin, 3 Februari 2014
Acara Konferensi Pers Lomba Foto Internasional Singkawang Menyapa Dunia yang berlokasi di RM. SingBeBas (Singkawang, Bengkayang, Sambas). Peresmian “Pendaftaran Lomba” oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia. (Dr. Ir. H.A. Helmy Faishal Zaini) melalui klik website : http://bit.ly/LFSingkawang2014

3 – 22 Februari 2014
Pendaftaran dan Pengiriman Karya Lomba melalui website dimulai sejak konferensi pers dan pembukaan website oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia. (Dr. Ir. H.A. Helmy Faishal Zaini) melalui klik website http://bit.ly/LFSingkawang2014
Pengiriman Hasil Karya Lomba ditutup 22 Feb jam 24.00

22 Maret 2014
Pengumuman ke-5 Juara (Juara I,II,III,Hrpn I umum dan Juara I Media)

22 April 2014
Penganugerahan Pemenang

Media
Media elektronik : TV-One, Metro TV, Indosiar, TVRI, Detik.com, channel TV local
. Media Cetak : Kompas, Suara Pembaharuan, Sinar Harapan, Republika, Rakyat Merdeka, Warta
Kota, Indo Pos, Mandarin, The Jakarta Post, Koran Tempo, Sindo.
Media Lokal : Pontianak, Tuntas, Kapuas Pos, Rakyat Kalbar, Kalbar Time, RRI Kalbar.
Lomba Foto akan dipublikasikan di semua platform online website dan social media komunitas fotografi.

DEWAN JURI
  • Arbain Rambey
  • Don Hasman
  • Bambang Widjanarko


Prize:
KATEGORI UMUM
  • Juara 1: Uang Tunai Rp. 10.000.000. Piala & Sertifikat.
  • Juara 2: Uang Tunai Rp. 7.500.000 Piala & Sertifikat.
  • Juara 3: Uang Tunai Rp. 5.000.000 Piala & Sertifikat.
  • Juara Harapan: Uang Tunai Rp. 3.500.000 Piala & Sertifikat.


KATEGORI MEDIA
Juara 1: Uang Tunai Rp. 10.000.000. Piala Dan Sertifikat.

KETENTUAN
  • Lomba ini terbuka untuk umum. Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing.
  • Lomba Foto Internasional Singkawang Menyapa Dunia terbagi menjadi 2 kategori: Kategori Umum dan Kategori Media
  • Untuk kategori umum, foto yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan di media cetak skala nasional, dan belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi apapun.
  • Untuk kategori Media, foto yang dilombakan harus yang dimuat dalam media cetak (Koran/Majalah).
  • Untuk kategori media, kolom keterangan foto diisi dengan data pemuatan tanggal terbit dan halaman, serta nama Koran/Majalah yang memuat.
  • Untuk kategori Media, setiap peserta harus menyimpan bukti tayang di Koran/Majalah yang dimuat untuk verifikasi foto yang dilombakan.
  • Foto yang dikirimkan dalam lomba adalah hasil foto dari pemotretan menggunakan kamera digital(Kamera Pocket dan DSLR). Tidak diperbolehkan menggunakan kamera HP/Smartphone.
  • Setiap foto harus dilengkapi identitas diri peserta yaitu: nama fotografer, judul foto, nomor telepon/hp, e-mail dan identitas diri yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk), KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) dan PASPOR.
  • Seluruh karya yang masuk ke panitia akan diseleksi oleh Dewan Juri, untuk mendapatkan 3 orang Juara Utama dan 1 Juara Harapan untuk kategori umum.
  • Untuk kategori Media akan dipilih satu 1 Juara Utama.
  • Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 8 buah karya foto dalam format digital (JPEG).
  • Peserta diberikan kebebasan dalam memilih objek fotografi meliputi objek: alam, ciptaan manusia, adat istiadat, dan budaya dalam perayaan festival Cap Go Meh terbatas hanya di daerah Singkawang, Bengkayang, and Sambas (SingBeBas) (Kalimantan Barat).
  • Karya foto perayaan Cap Go Meh yang dikirim adalah karya ciptaan sendiri yang diambil pada saat perayaan Cap Go Meh 2014 di kota Singkawang, Bengkayang, and Sambas (SingBeBas).
  • Untuk peserta Lomba Foto Internasional Singkawang Menyapa Dunia yang akan mengikuti hunting foto puncak perayaan Cap Go Meh 2014 di Singkawang pada tanggal 14 Februari 2014
  • Panitia menyediakan ID Card khusus yang bisa digunakan untuk mempermudah akses hunting foto pada perayaan Cap Go Meh 2014.
  • Pendaftaran peserta untuk mendapatkan ID Card dibuka dari tanggal 3-10 Februari 2014 dengan mengisi form yang disediakan di website.


MORE INFO
Diubah oleh trainingjamur 03-02-2014 23:31
0
1.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan