CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sipil /
Konsultan Teknik Sipil - Thread [ASK & Need Help] disini tempatnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011896192/konsultan-teknik-sipil---thread-ask-amp-need-help-disini-tempatnya

Konsultan Teknik Sipil - Thread [ASK & Need Help] disini tempatnya

Tampilkan isi Thread
Halaman 48 dari 66
agan2... ane mau mengajukan sedikit pertanyaan...
kalo sekilas ane baca2 berkas ini sepertinya pekerjaan pembuatan jalan... ada yang bisa bantu menjelaskan ke ane maksud dari... ( bahasa sederhana nya) :

1. Renolith system , Base course pavement with renolith additive
2. eco cure21 layer 20cm
3 Lean Concrete reinforced concrete pipe culvert (RCPC)
4. Gabions apakah itu sama dengan "bronjong" ?
5. Stone masinry wall and drain..?? (apa ini TPT kah)
6. asphalt surface latasir
7. asphalt Pen 60/70
8. perbedaan prime coat dan latasir


*nb.. ane baru bekerja di perusahaan bidang konstruksi dan dapet tugas untuk analisis projects..

makasih atas bantuannya emoticon-Smilie
Diubah oleh durror
halo om om sepuh sipil

adakah dari om om sebagian yang masih menyimpan File Tugas akhir dari om om sekalian? ane kebetulan masuk tahap penyusunan tugas akhir akan tetapi ane belum tau mau mengambil tugas akhir apa

adakah para sepuh sepuh sekalian yang hendak berbagi sebagai bahan refrensi saya

saya mohon bantuannya terima kasih om om mastah sekalian emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


ente nulis gini di bbrp trid sekaligus....dipikir spam , kena banned momod ntar
minta maaf gih..

semoga om momod gak marah..
Quote:


iya om sorry soalnya ane bingung mau nanya dimana lagi om emoticon-Sorry

Butuh pertolongan

Agan saya ada masalah ada satu gedung yang ukurangnya 22 x 11 m2, mengalami kebocoran atau rembes di atapnya, kebetulan atapnya dak beton..saya pernah di beritahu oleh teman ada material yg berlapiskan aspal yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi kebocoran itu, ada yg tau gak apa nama material yg berbentuk seperti karpet berlapiskan aspal dan cara memaasangnya menggunakan pemanasan, menurut sumber itu...
Quote:


itu namanya waterprofing (wf) jenis membran (merek semua ada: sika,fosroc,bitutine dll), dengan macem2 ketebalan membran (yg akan berpengaruh diharga, makin tebal makin mahal)

peng-aplikasiannya yg paling bagus memang dgn pembakaran/torch (bukan pemanasan/dipanasi) ada juga peng-aplikasian yg non torching.

kalo dari pengalaman saya , utk jenis waterprofing membran yg paling sering dipake di proyek, adalah merek bitutine (ini bukan promo ya).

Kenapa tidak pake yg coating tp yg memakai bahan aspalbase (misal merek shell)?. harga lebih murah dibandingkan wf membran .

yg perlu menjadi catatan: bahwa semua jeni wf diatas wajib diproteksi dengan screed (adukan beton) diatasnya, selain utk proteksi yg bisa membikin "luka" permukaan wfb(yg bisa membuat fungsi wf gagal) juga utk melindungi dr "jahatnya" sinar ultraviolet matahari (ada juga sih jenis wf yg tidak perlu proteksi screed bahkan berwarna, tp mahal dan tidak cocok utk area yg banyak digunakan utk kegiatan).

help me

gan ane dapet tugas gambar talud..
tapi tingginya 25 m gan, disini ada yang punya contoh gambarnya ga gan?
ini ane ada gambar tebing nya gan
Spoiler for tebing:


ane cuma pengen liat contoh gambarnya aja gan..
Diubah oleh cintink
Quote:


Ada yang perlu diingat dalam pemasangan waterprooding dengan sistem membrane.

1. Membran berbahan dasar MINYAK BUMI, sementara beton berbahan dasar SEMEN + AIR. Dimana - mana yang namanya MINYAK tidak akan pernah menyatu dengan AIR, walaupun dalam pemasangannya di bakar (torching) karena sifat menempelnya hanya sebatas di permukaan luar sehingga dalam jangka waktu tertentu bisa terjadi pengelupasan.

2. Berdasarkan prinsip pada nomor 1 di atas, bisa terjadi air mengalir diantara lapisan membran dan permukaan beton.

Solusi yang biasanya berhasil dan murah adalah dengan menggenangi daerah atap dengan campuran air + semen + bonding agent yang dibuat dengan cukup encer sehingga seluruh pori - pori beton yang terbuka dapat terisi dengan semen.

Quote:


maaf mau tanya : dalam pengertian anda, pemasangan wf (khususnya tipe membrane-kasus diatas) tsb saat beton basah atao kering?..emoticon-Smilie

tujuan torching bukan mengeringkan air

Quote:


seberapa bisa masuk pori2 beton?, bagai mana dengan efect "shrinkage"

emoticon-Smilie

Tipe ato jenis wf sangat banyak, tp bukan berati sembarang penggunaan nya, utk hasil optimal/maksimal mesti disesuaikan dengan :
1.lokasi (t4 wf di aplikasikan): terpapar lgs sinar matahari atao tidak, apakah terkena air secara kontinu, dll
2.proteksi yg dipakai,
3.fungsional area yg di proteksi

Diubah oleh C4hkri5
Quote:


Pemasangan membran tentu pada saat beton sudah kering. tapi harus di ingat bahwa hasil hidrasi semen yaitu gel tobermorite mengandung H20 (air hidrat) di dalamnya.

Tujuan torching betul bukan untuk mengeringkan air karena betonnya sudah kering tetapi agar membran tersebut menjadi leleh sehingga dapat menempel pada permukaan beton. Tapi ya itu tadi, sifat menempelnya hanya mekanis dan tidak dapat menyatu secara kimiawi malah kalau tidak tepat pengerjaannya air dapat masuk di sela - sela membran dan permukaan beton lalu keluyuran kemana mana dan menjadikan rembesan di tempat lain.


Quote:


Retak susut biasanya hanya terjadi di permukaan, kalau beton sudah cukup umur dan pengeringannya (curing) baik shrinkage jarang terjadi. Salah satu keuntungan membran apabila terjadi kracking membran tersebut cukup lentur.

Quote:


setuju dengan pendapat ini.



Setahuku kebanyakan gedung menggunakan waterproofing membrane, untuk menghindari rembesan pada roof gedung.
Quote:


mohon bantuannya emoticon-Big Grin
suhu2, mohon pencerahannya...
kalo bikin cor jalan yang kuat untuk mobil lewat dan mobil parkir pake perbandingan semen brp ya? kalo googling tadi ada yang bilang pake perbandingan 1 semen : 2 pasir : 3 koral apakah udah kuat?

ada baca2 juga komposisi beton K100-K350 menurut SNI, tp ga tau yang cukup kuat untuk mobil yg mana ya...

Kalo mau hitung butuh 20m3(kubik) butuh brp sak semen (kg) dengan pake perbandingan 1semen:2pasir:3koral ?

thanx bantuannya
Quote:


pesen ready mix aja. emoticon-Smilie minta 20m3 K350 emoticon-Big Grin
Quote:


maksudnya mau hemat gan...
mau tau perlu kekuatan semen brp yang cukup untuk mobil biasa aja lewat, kalo K350 mungkin untuk jalan raya ya biar kuat dilewati truk bermuatan...
Kalo misalnya K100 aja kuat kan ga perlu pake K350 bro...

lebih murah mana pesan ready mix dengan campur manual ya?
Quote:


kuat tuh maksudnya gmn yeah?
kalau ngga mau retak retak ya harus ada reinforcement bar (besi tulangan)
dan tebalnya minimum 100mm, bukan buat plesteran asal asalan,

Considered jadi perkerasan kaku (rigid pavement)

kalau mau hemat ya pake pasir dan batu aja (tp kl kena air ya ga janji dech...
Diubah oleh epstein

ASK

Permisi semuanya saya ingin bertanya, saya ada sebidang tanah kosong di pojok jalan raya desa.
Nah, rencananya saya mencoba membangun sendiri, bangunan ini 2 lantai.
Masalahnya adalah ketinggian tanah kosong tersebut terpaut 1m dari jalan raya,
Rencananya bangunan ini akan saya tinggikan hingga 50-75cm dari jalan raya, jadi akan naik sekitar 1.50-1.75m dari posisi awal.
Ketika saya cek lokasi, ternyata sudah ada bekas pondasi yang masih tertanam, setelah saya tanyakan ternyata memang sekitar 30 tahun yang lalu lokasi ini ada bangunannya tapi sudah di bongkar.

Spesifikasi:
  1. Tanah 9x60 dibagian depan, semakin kebelakang lebarnya mengecil jadi 7m.
  2. Pojok Jalan raya
  3. Ketinggian -1m dari jalan raya.
  4. Masih ada sisa Pondasi sekitar 20-30cm dari tanah.
  5. Gambar lokasi dan foto menyusul.
  6. Gambar denah belum ada.

Batas:
  • Depan: Got lebar 1m sepertinya akan di buat trotoar --> Jalan raya Utama
  • Kanan: Got lebar 1m untuk trotoar tapi belum di tutup --> bahu jalan tapi berbentuk sungai sepertinya akan di tutup. --> jalan raya.
  • Kiri: Rumah warga (ketinggian -1m dari jalan raya)
  • Belakang: Tanah sendiri (-1m)


Rencana:
  • Bangunan ini lantai 1 nya akan dijadikan toko, dan lantai 2 nya akan di jadikan rumah tinggal.
  • Ketinggian bangunan 1.50m - 1.75m dari ketinggian tanah saat ini.
  • Sedikit masuk 5m dari jalan raya untuk parkir.
  • Bangunan tersebut 2 lantai full.
  • Ukuran bangunan 8x30. Tinggi 4.5m (Lt.1) dan 3.5m (Lt.2).
  • Dinding menggunakan bata ringan (60x20x12.5).
  • Kolom 30x30 antara @6d13 atau @8d13.
  • Begel @d8 jarak 10cm.
  • Pondasi cakar ayam 1x1m.
  • Dek betonnya menggunakan bata ringan juga. (*)
  • Bangunan tanpa kolom ditengah.


Pertanyaannya:
  1. Apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu, membuat pondasi atau menguruk lokasi terlebih dahulu ?
  2. Apakah perlu membongkar pondasi yang sudah ada sebelumnya ? Sisa pondasi tersebut tidak terlalu tinggi dari tanah saat ini.
  3. Apakah perlu menggali lagi untuk menanam pondasi, mengingat ketinggan tanah yang nantinya di uruk sudah hampir 1.50m ?
  4. Apakah susunan batu kali harus setinggi 1 meteran ? Mengingat sisi kiri dan belakang masih -1m.
  5. Ketika menguruk, bagaimana truk pasir urukan bisa mencapai lokasi ? Apakah harus dibuat jembatan terlebih dahulu ?
  6. Seberapa besar ringbalk yang dibutuhkan untuk bentangan 8m ? Apakah harus menggunakan H-Beam ?
  7. Seberapa besar sloof yang harus dibuat ? Mempertimbangkan tebal dinding 12.5cm.
  8. Apakah membuat dek beton dengan proses normal (cor) dengan yang instan (bata ringan) mempunyai efek yang signifikan ? Karena saya lihat dengan menggunakan bata ringan dek bisa selesai lebih cepat.
  9. Dimanakah seharunya letak dari PVC untuk saluran air ? Karena biasanya orang-orang disekitar sini menaruh pipa tersebut di dalam kolom.
  10. Saya masih bingung dengan sistem plumbing, bentuk septic tank, dll. Adakah referensi yang dapat dibaca ?
  11. Ada sebuah sumur dibagian belakang, seharusnya mengenai bangunan, apakah boleh sumur itu ditutup (uruk) ? Karena banyak orang mengatakan bahwa pamali untuk ditutup.


p.s:
Mungkin akan ada yang bertanya mengapa saya membangun sendiri dan tidak menggunakan jasa konstruksi.
Mengingat tempat ini cukup desa dan beberapa kenalan konstruksi saya sepertinya juga tidak terlalu kompeten, penilaian ini didasarkan bahwa mereka tidak melakukan perhitungan beban yang akan di tanggung bangunan terutama dilantai 2, atau memasukan pipa PVC di dalam kolom dan biasanya mereka belajar konstruksi dari melihat orang membangun.
Karena jelas saya lebih tidak kompeten, mengapa saya tidak mencoba sendiri saja dan mendapatkan pengalaman berharga walaupun akan ada kemungkinan bangunan ambruk, dsb.
Walaupun pada akhirnya saya menggunakan jasa konstruksi, paling tidak pertanyaan-pertanyaan yang anda jawab ini dapat memberikan imajinasi dan pengalaman berharga untuk saya dan orang-orang yang membacanya.


(*) Dek beton bata ringan (Maaf, saya tidak berniat menyebutkan sebuah merk)

Terima Kasih
Diubah oleh Ludevil
Quote:


Diubah oleh C4hkri5
Quote:


Kuat itu tidak retak2 atau pecah2 dipermukaan gan... rencana pake wiremesh M5 untuk besi tulangan dan tebal semen 10cm... nah tinggal cari campuran semen/beton yang kuat kira2 gimana...

Ask

Permisi agan2 ane maw bertanya ne
tadi ane kan masuk lab beton...
Jadi ada asisten yang tanya apa arti dari "JHONDOL" emoticon-Bingung

ad yg tw g???

Mohon di jawab ya para sesepuh emoticon-Malu
Halaman 48 dari 66


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di