Kaskus

Entertainment

casncuzAvatar border
TS
casncuz
Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966
ane sebagai pecinta vespa yang tergolong masih bau kencur, ane mau berbagi thread sedikit tentang sejarah perkembangan model vespa dari tahun 1944 - 1966.

yuk langsung engkol and let's go! emoticon-Ngacir


MP5 " Paperino " PROTOTYPE 1944


Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966


Menjelang akhir Perang Dunia Kedua , Enrico Piaggio didorong untuk memulai produksi lagi oleh ide menawarkan pasar seluas mungkin produk murah . Dan , dengan pemikiran ini , pabrik di Biella menghasilkan motor skuter . Prototipe ini , dirancang oleh insinyur Renzo Spolti dan kode MP5 ( Moto Piaggio 5 ) , dibaptis " Paperino " , yaitu " Donald Duck " , oleh para pekerja . Tapi Enrico Piaggio tidak menyukainya , dan lulus pekerjaan ke Corradino D' Ascanio toreview proyek dan membangun sesuatu yang berbeda , lebih maju baik secara teknis dan alirannya . Daripada memodifikasi Paperino , D' Ascanio merancang sebuah kendaraan yang sama sekali baru yang segera menjadi Vespa . Namun, sebelum " berkembang " ke Vespa , sekitar seratus Paperinos diproduksi yang saat ini sangat dihargai oleh kolektor di seluruh dunia .

Spesifikasi Mesin

Sebuah single - silinder , mesin dua -stroke
Ukuran mesin : 98 cc
Kontinyu speed - variator gearbox
rantai transmisi
Roda : 4,00-10 "

PROTOTIPE MP6 VESPA 1946


Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966


Perang belum berakhir ketika Enrico Piaggio memberikan Corradino D' Ascanio pekerjaan merancang sebuah kendaraan sederhana tangguh , ekonomi dan elegan . Ini harus mudah rideable oleh siapa saja tanpa mengotori pakaian mereka , dan memiliki kursi untuk penumpang .
D' Ascanio , yang tidak kekasih besar sepeda motor seperti itu , menyusun sebuah kendaraan benar-benar asli .
Menggali ke dalam aeronautika latar belakangnya dia datang dengan ide sebuah kendaraan yang terpasang pada chassis dengan perubahan gigi di setang . Dia juga menempatkan drive pada roda belakang sehingga menciptakan wheel-mounted engine pengelompokan sangat asli . Lengan suspensi depan , tampak sedikit seperti landing gear pesawat , membuat perubahan roda lebih mudah .
Prototipe ini , MP6 itu , masih tanpa nama ketika pertama kali disampaikan kepada Enrico Piaggio yang membiarkan keluar , " Sepertinya tawon! " . Tawon adalah " Vespa " dalam bahasa Italia . Itu menjelang akhir 1945.
Pada bulan April 1946 , pertama 15 model yang siap di pabrik Piaggio di Pontedera , dekat Pisa .
Prototipe MP6 bervariasi dari versi final dalam hal itu tanpa kipas pendingin mesin , rem tangan berada di kiri bukan di sebelah kanan , bunyi klakson berada di bawah kursi , struts kaki ranjang berada di aluminium , dan itu membual lencana airforce di bagian depan.

Spesifikasi Mesin

Sebuah single - silinder mesin dua -stroke dengan silinder besi dan kepala silinder paduan cahaya .
Bore : 50 mm
Stroke : 50 mm
Ukuran mesin : 98 cc
Kecepatan maksimum : 37,28 mph
Suspensi : elastis dengan pegas baja pada roda depan dan bantalan karet untuk roda belakang dan mesin .
Rem : ekspansi, roda depan yang dioperasikan oleh rem yang dipasang di sisi kanan setang , roda belakang dioperasikan oleh pedal kaki - rem dipasang pada foot rest .
Roda: 3,50-8 "

VESPA 98 1946


Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966


The motoleggera utilitaria Vespa , atau cahaya bermotor runabout , telah disampaikan kepada publik untuk pertama kalinya pada bulan April 1946 pada klub golf Roma. The leg shield memakai Piaggio logo baru , yang menggantikan mantan lambang aeronautika . The dua minggu majalah " La Moto " didedikasikan sampulnya ke Vespa dan skuter baru memicu rasa ingin tahu , kejutan tetapi juga skeptisisme tertentu di kalangan masyarakat . Selama beberapa bulan pertama Vespa dipasarkan oleh jaringan dealer Lancia , dan total 2.484 yang diproduksi pada tahun pertama kehidupan .
Dan petualangan skuter paling terkenal di dunia dimulai .

Spesifikasi Mesin

2 -stroke mesin silinder tunggal . Horizontal cor silinder besi dengan paduan lampu kepala press - fit
Bore : 50 mm
Stroke : 50 mm
Kapasitas : 98 cc
Top speed : 60 km / jam
Suspensi : elastis , dengan baja pegas spiral pada roda depan , dan buffer karet untuk roda belakang dan mesin
Rem : dari jenis ekspansi . Handbrake di sisi kanan stang untuk roda depan , dan pedal di sisi kanan dari lantai untuk roda belakang
Roda : 3,50-8 "

VESPA 125 1948


Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966


Pada tahun 1948, Piaggio meluncurkan Vespa baru. Sehubungan dengan model asli, ukuran mesin telah meningkat menjadi 125 cc, dan shock absorber-dipasang di roda belakang yang ditawarkan pengendaraan yang lebih nyaman. Suspensi roda depan telah dimodifikasi juga, dengan lengan yang terpasang di sebelah kanan roda, di mana ia akan tetap selama bertahun-tahun yang akan datang. Juga, casing mesin sekarang dibuka ke atas memberikan akses mudah ke mesin, kopling, gearbox dan sebagainya.

Spesifikasi Mesin

Sebuah single-silinder mesin dua-stroke dengan silinder besi dan kepala silinder paduan cahaya.
Bore: 56,5 mm
Stroke: 49.8 mm
Ukuran mesin: 124,789 cc
Kecepatan maksimum: 43,5 mph
Suspensi: spring helicoidal pada roda depan, elastis dengan musim semi helicoidal dan hidrolik shock-absorber di roda belakang.
Rem: ekspansi, roda depan yang dioperasikan oleh handbrake stang-mount, roda belakang dioperasikan oleh pedal kaki-rem dipasang di kaki ranjang.
Roda: 3,50-8 "

VESPA 125 SEI GIORNI 1951


Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966


Sebuah kendaraan yang dikembangkan untuk uji coba balap, di mana ia menikmati kesuksesan besar. Styling sangat mirip dengan model standar, kecuali tangki bahan bakar yang lebih besar, wrapround perisai kaki dan karung sisi yang lebih besar untuk rumah karburator pada silinder. Ini mendapat namanya dengan berkompetisi di event Internasional 6 hari tanggal 26 tahun 1951, di mana ia memenangkan sembilan medali emas.

Spesifikasi Mesin

2-stroke mesin silinder tunggal
Bore: 54 mm
Stroke: 54 mm
Kapasitas: 124.2 cc
Top speed: 95 km / jam
Suspensi: elastis, dengan coil spring di roda depan, elastis dengan coil spring dan peredam hidrolik pada roda belakang
Rem: drum besi cor dengan sirip pendingin besar
Roda: 3,50-8 "


VESPA 125 SEI GIORNI 1951


Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966


Sebuah kendaraan yang dikembangkan untuk uji coba balap, di mana ia menikmati kesuksesan besar. Styling sangat mirip dengan model standar, kecuali tangki bahan bakar yang lebih besar, wrapround perisai kaki dan karung sisi yang lebih besar untuk rumah karburator pada silinder. Ini mendapat namanya dengan berkompetisi di event Internasional 6 hari tanggal 26 tahun 1951, di mana ia memenangkan sembilan medali emas.

Spesifikasi Mesin

2-stroke mesin silinder tunggal
Bore: 54 mm
Stroke: 54 mm
Kapasitas: 124.2 cc
Top speed: 95 km / jam
Suspensi: elastis, dengan coil spring di roda depan, elastis dengan coil spring dan peredam hidrolik pada roda belakang
Rem: drum besi cor dengan sirip pendingin besar
Roda: 3,50-8 "

VESPA 150 GS 1955


Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966


Setelah pada tumit dari Vespa 6 Giorni ( 6 Hari ) , yang hanya dalam jumlah terbatas diproduksi , 150 GS adalah " olahraga" versi diproduksi secara massal pertama dari Vespa dan menjadi tonggak dalam sejarah bukan hanya Vespa namun dari motor - scooter pada umumnya .
150 GS dikenang sebagai skuter yang paling indah di dunia yang pernah diproduksi dan sangat dicari oleh kolektor hari ini Vespas vintage.
Skuter publik dibesarkan , telah berubah . Vespa telah menjadi sarana bagaimana menonjol dalam masyarakat yang perlahan-lahan datang untuk berdamai dengan entitas sosial yang baru : pemuda.
Untuk pertama kalinya , sebuah kendaraan lahir sebagai cara yang tenang untuk banyak orang untuk mendapatkan sekitar tiba-tiba menemukan itu mampu napas mengambil kinerja .
Lahir dari pengalaman tim balap Piaggio , GS adalah skuter pertama dengan mesin 150 cc dan sangat sporty dalam konsep . Itu mesin injeksi bahan bakar langsung menghasilkan 8 bhp pada 7.500 revs dan mencapai kecepatan tertinggi 63 mph . Itu gearbox empat kecepatan , dan sadel panjang dan besar 10 " roda memberi garis Vespa baru , terlihat agresif .

Spesifikasi Mesin

Sebuah single - silinder , mesin dua langkah dengan piston bulat tanpa deflector
Bore : 57 mm
Stroke : 57 mm
Ukuran mesin : 145,6 cc
Kecepatan maksimum : 63 mph
Suspensi : koaksial musim semi biconic untuk rear shock- absorber
Rem : drum brakes baik depan dan belakang . Drum dalam paduan cahaya dengan cincin dalam besi cor , dan sirip pendingin
Roda : 3,50-10 "

VESPA 50 1963


Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966


Ini adalah yang paling populer Vespa dengan muda. Brilliant dan mudah ditangani, dengan menarik, styling eksklusif yang menegaskan garis saudara yang lebih besar, itu mesin yang sama sekali baru, dengan silinder diposisikan pada sudut 45 ° dan tidak lagi horisontal.
Skuter terakhir yang dirancang oleh Corradino D'Ascanio, 50 adalah tonggak dalam sejarah Vespa: dari tahun 1964 sampai sekarang, lebih dari 3 juta dibangun.

Spesifikasi Mesin

2-stroke mesin silinder tunggal
Bore: 38 mm
Stroke: 43 mm
Kapasitas: 49 cc
Top speed: 40 km / jam
Suspensi: elemen karet di depan; coil spring dan peredam hidrolik di bagian belakang
Rem: drum depan dan belakang
Roda: 2,75-9 "

VESPA 90 SS 1966


Sejarah Perkembangan Model Vespa dari Tahun 1944 - 1966


Vespa Sprint super 90 Tahun 1966 pasti memiliki desain yang paling asli, dengan yang kecil kaki-perisai dan oddments keranjang beban antara sadel dan stang. Seperti Vespa GS 1955, roda cadangan dapat diposisikan pada platform lantai. Memanfaatkan keberhasilan 90 SS, desainer Piaggio juga menyiapkan versi 50 cc untuk yang lebih muda "Vespisti". 90 SS, seperti adik, adalah salah satu model Vespa jarang, barang koleksi sejati.

Spesifikasi Mesin

2-stroke mesin silinder tunggal
Bore: 47 mm
Stroke: 51 mm
Kapasitas: 88,5 cc
Top speed: 93 km / jam
Suspensi: identik dengan 90
Rem: berventilasi drum aluminium depan dan belakang
Roda: 3,00-10 "

sumber: www.vespa.com

itu dia beberapa jenis model vespa dari tahun 1944 - 1966kalau ada yang mau menambahkan dari tahun 1966 - 2014 monggo silahkan. semoga thread ini bermanfaat buat para pecinta vespa, dan jangan lupa negur ya kalau papasan naik vespa di jalan emoticon-Cool

kalau berkenan boleh di emoticon-Rate 5 Star atau di kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)

tapi jangan di kasih emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Ngakak
Diubah oleh casncuz 31-12-2014 21:49
0
16.2K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan