Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kongeauwAvatar border
TS
kongeauw
Soal Jalan Rusak, Ahok Jangan Cuma Berkoar
Soal Jalan Rusak, Ahok Jangan Cuma Berkoar



inilah..com, Jakarta - Dalam menangani jalan berlubang pasca banjir, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diminta tak hanya sekedar berkomentar, namun bagaimana mendesak aparat dibawahnya untuk segera melakukan perbaikan.

"Harus segera bertindak, kerjakan jangan asal teriak-teriak soal kwalitas penanganan jalan yang dilakukan Dinas PU jelek," kata Direktur Eksekutif Komisi Pemantau dan Pemberdayaan Parlemen Indonesia ( KP3I) Tom Pasaribu di Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Tom menegaskan, agar Ahok berhati-hati untuk berbicara. Sebab jalan berlubang akan dapat menjadi bumerang bagi Pemprov DKI Jakarta, jika ada warga yang celaka akibat rusaknya jalan, maka Pemprov DKI akan dituntut.

"Pemprov DKI Jakarta bisa dituntut. Harusnya Ahok bisa baca aturan," tegasnya.

Meski adanya korban akibat jalan rusak memang menjadi tanggung jawab semua pihak. Namun lanjut Tom, dalam Undang-undang No22/2009 tentang Lalulintas, Angkutan dan Jalan disebutkan penyelenggara jalan dalam hal ini Pemprov DKI, wajib memberikan jalan terbaik bagi pengendara.

"Masyarakat memang mempunyai hak untuk menuntut penyelenggara jalan. Pasalnya dalam pasal 24 ayat 1 disebutkan, penyelenggara jalan wajib memperbaiki jalan yang rusak," katanya.

Jika Pemprov DKI belum memperbaiki jalan, maka sebagai penyelenggara jalan, Pemprov DKI bisa dipidanakan. Ia merinci hukumannya, misalnya lalai dan belum memperbaiki dan menimbulkan korban ringan maka setiap penyelenggara jalan bisa dikenakan kurungan penjara paling lama 6 bulan dengan denda Rp12 juta.

Untuk korban luka berat diancam kurungan satu tahun dengan denda Rp24 juta sementara untuk yang menyebabkan meninggal dunia maka bisa dipidana kurungan lima tahun dengan denda Rp120 juta.

Untuk itu dirinya meminta Pemprov DKI, dalam hal ini Gubernur DKI Jokowi, maupun Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama segera mengatasi kondisi jalan yang berlubang.

"Jangan hanya mengatakan kualitas perbaikan jalan yang kurang baik. Action-nya lah," tandasnya.[bay]

[url]http://metropolitan.inilah..com/read/detail/2069599/soal-jalan-rusak-ahok-jangan-cuma-berkoar#.UurVyvtYWSo[/url]

Tolong jangan paksa Ahoax melakukan sesuatu yang tidak bisa dia lakukan! Kalo ternyata dia memang bisanya hanya berkoar, setidaknya dia sudah melakukan sesuatu.. emoticon-Malu
0
1.9K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan