Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kopitubruk04Avatar border
TS
kopitubruk04
Ini Penyebabnya Ketika Kita Memakan Pedas Kepala Terasa Gatal
emoticon-Shakehand2SELAMAT BERKUNJUNG KE THREAD ANE emoticon-Shakehand2


Quote:


emoticon-I Love Indonesia (S) Budayakan komen dan jangan lupa di rate ya emoticon-Rate 5 Star emoticon-Wink emoticon-I Love Indonesia (S)


Selamat Siang Agan/Aganwati s'mua, waktunya makan siang neh gan, Ane dari Pagian udah ngincer banget pengen makan nyang pedes-pedes emoticon-Stick Out Tongue, tapi kenapa yah gan kalo kita makan yang ada rasa pedas kita selalu berkeringat dan kepala terasa gatal emoticon-Bingung emoticon-Bingung (S) karena penasaran ane bela'in dulu kagak makan siang malah nyari' menjelajah, menyelami alam mbah google # eaaalaaa... malah jadi ngelantur emoticon-Cape d... (S)

Susah juga gan ternyata menemukan artikel atau jawaban mengenai thread ini #apalagi dengan keadaan perut laper kayak ane emoticon-Malu (S) ane kumpulin semua artikel dan coba ane simpulin dimari gan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)

Makan tanpa ada rasa pedas rasanya tidak afdol untuk orang Indonesia. Rasa pedas atau sambal yang hampir setiap hari dikonsumsi oleh manusia, apalagi ane gan suka banget ama makanan pedas

Quote:


Bagi pecinta makanan pedas, makanan yang mengandung banyak cabe sudah menjadi santapan sehari-hari. Tapi untuk sebagian orang, makan makanan yang pedas bisa menyebabkan mata, hidung berair. dan kepala terasa gatal Mengapa demikian?

Selain menambah citarasa makanan, cabe yang pedas dapat membuat tubuh sehat. Rasa pedas dan sensasi terbakar yang dihasilkan cabai disebabkan oleh konsentrasi tinggi dari bahan aktif yang disebut capsaicin.

Capsaicinmerupakan bahan kimia nabati yang berasal dari alam. Bahan ini digunakan oleh cabe untuk sistem pertahanan dirinya agar tidak dimakan oleh pemangsa seperti hewan.

Capsaicin telah banyak dipelajari untuk efek mengurangi rasa sakit, manfaat baik untuk kardiovaskular, menurunkan berat badan dan membantu mencegah bisul. Selain itu, capsaicin ini juga yang membuat mata dan hidung orang yang memakannya berair. Mengapa?

Dilansir dari WHFoods, hal ini karena capsaicin dapat merangsang sekresi lendir yang membantu mengatasi hidung tersumbat, sesak paru-paru dan juga tentunya membuat orang seolah-olah menangis karena matanya berair.

Rasa pedas yang dapat merangsang sekresi lendir ini, menjadikan cabai baik untuk mencegah dan mengobati sinusitis, membantu mengurangi hidung tersumbat, flu dan sesak napas.

Tak hanya itu, mata berair ketika makan makanan pedas bisa juga disebabkan karena terjadi iritasi pada mucous membrane (selaput lendir) yang ada di mata.

Bila terjadi kontak dengan mucous membrane, seperti kulit atau mata, maka capsaicin akan menimbulkan rasa terbakar. Dan bila mempengaruhi mata, akan membuat orang menangis.

Ane simpulin jadi ketika kita memakan pedas, otomatis kelenjar keringat nyang ade di tubuh kita akan keluar gan termasuk yang ade dikulit kepala, Nah karena kepala kita berkeringat waktu makan pedas mangkanye kita merasa gatal dan langsung menggaruk kepala kita

Ternyata Makanan Pedas ada manfaatnya juga lho bagi Tubuh kita, berikut ulasannya ane coba sampaikan gan

8 Manfaat Makanan Pedas

Setiap orang mempunyai cara makanan dan pola makanan yang berbeda. Hanya harus pandai mengimbangi makanan mengikut piramid makanan untuk mendapatkan nutrient yang seimbang untuk tubuh badan.

Setiap jenis makanan mempunyai khasiat yang berbeda. Begitu juga dengan makanan pedas.
Makanan pedas mungkin menjadi kesukaan dari sebagian orang, tetapi ada juga orang yang tidak suka dengan makanan pedas.

Orang yang tidak suka makanan pedas kebiasaannya takut perutnya akan sakit ataupun telah mempunyai penyakit yang tidak boleh makan makanan pedas. Namun makanan pedas ternyata ada manfaat baik bagi tubuh kita.

1. Melancarkan pernafasan
Makanan pedas bertindak seperti obat untuk yang mempunyai masalah pernafasan dan membantu pengidap asma, bronkitis kronik, sinusitis dan penyakit pernafasan yang lain agar bernafas lebih baik.

2. Menjaga mood
Makanan pedas boleh meningkatkan penghasilan hormon yang memberi rasa ketenangan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini mampu membantu mengurangkan depresi dan stress.

3. Mencegah Kanser
Banyak penelitian menunjukkan kuantiti teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanser. Kapsaicin sejenis zat dalam cabe dapat menyebabkan rasa panas, terbakar bila terkena kulit . Ia memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak sel-sel kanker mati tanpa merusakkan sel di sekitarnya.

Menurut American Association for Cancer Research, kapsaisin juga memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanker dan leukimia. Sedangkan kunyit, yang dijadikan bahan dalam kari dan mustard, boleh memperlambatkan proses penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor. Untuk memberikan hasil semaksimal mungkin, campurkan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 peratus lebih banyak.

4. Memperbaiki fungsi pencernaan
Manfaat cabe dalam saluran pencernaan adalah meningkatkan aliran darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Kapsaisin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab penyakit gastrik.

Akan tetapi jika anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralkan asid di perut.

5. Menghilangkan Gejala peradangan/iritasi
Kapsaisin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala iritasi yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka pernafasan, mengurangkan radang pada saluran pernafasan dan gejala peradangan yang lain.

6. Menyehatkan jantung
Cabe menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah juga menunjukkan kadar kolesterol yang tidak baik/LDL boleh mencegah pengoksidaan yang akan menyebabkan pembuluh darah tersumbat.

Kapsaisin juga berkesan melawan keradangan, yang telah dikenal pasti sebagai faktor risiko penyakit jantung.
Hasil kajian juga menunjukkan, budaya makan makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke menjadi lebih rendah.

Alasannya, cabe merah boleh mengurangkan kesan dari kolesterol yang berat, sedangkan kapsaisin pula boleh melawan peradangan. Kedua-duanya merupakan faktor risiko untuk masalah jantung.

7. Turunkan berat badan
Cabe mengandung kapsaisin, memiliki kesan termogenik yang boleh menyebabkan tubuh membakar kalori ketika mengunyah selama 20 menit. Ia yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi kerana kapsaisin meningkatkan suhu tubuh dan berperanan dalam meningkatkan denyutan jantung.

Tambahan pula, kajian menunjukkan orang yang suka makanan pedas biasanya makan dalam kuantiti yang sedikit sehingga berat badan lebih terjaga. Lagipun, rasa pedas itu boleh meningkatkan metabolisme anda.

8. Menurunkan tekanan darah
Menurunkan tekanan darah. Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi ini boleh menghasilkan sistem kardiovaskular yang lebih kuat.

SUMURNYA Gan

Gak selamanya Makanan Pedas baik buat Tubuh kita, ternyata ada juga efek Negatif bagi tubuh kita. Manusia pada hakikatnya mempunyai beragam jenis selera baik itu pola hidup, tampilan, sampai pada makanan. Di Indonesia saja sangat banyak tersaji beragam jenis makanan yang dapat menggugah selera kita dikarenakan di Indonesia sendiri mempunyai budaya yang bermacam hingga makanan khasnya juga berbeda-beda.
Bicara problem makanan, bila anda merupakan seorang yang amat suka dengan makanan yang pedas-pedas jadi terasa kurang mantap seandainya sajian di atas meja kurang pedas. Cabe memanglah mempunyai lebih dari satu faedah kesehatan tetapi tahukah anda bahwa makanan yang memiliki bahan pedas itu justru tidak baik untuk kesehatan serta disarankan tidak terus-terusan atau berlebihan mengkonsumsinya. Mengapa demikianlah ? Simak lebih dari satu alasannya:

Makanan pedas tidak baik untuk kesehatan kulit
Terlampau banyak mengonsumsi cabai apa lagi yang digoreng dapat bikin kulit anda jadi berminyak serta banyak timbunan lemak yang tertahan di kulit terutama kulit muka hingga orang yang senang makan sambal kadang-kadang bisa kita jumpai berwajah berjerawat. Karenanya bila anda memanglah seseorang yang doyan dengan sambal jadi kontrollah pola makan anda supaya anda terus sehat.

Makanan pedas dapat menambah asam lambung serta menyebabkan maag
Bila anda terus-terusan mengonsumsi makanan pedas jadi anda rawan terkena penyakit maag. Pasien maag yang tetap mengonsumsi makanan pedas punya potensi mengakibatkan luka pada lambung yang mengakibatkan pendarahan.

Makanan pedas bisa mengakibatkan insomnia
Di saat orang makan makanan yang pedas di waktu malam sebelum saat tidur jadi suhu tubuh dapat naik yang mengakibatkan lebih sukar mengawali tidur dikarenakan suhu tubuh butuh diturunkan sebelum saat tidur.

Kurangi nafsu makan
Memang perihal ini tidak dirasakan oleh sebagian besar penikmat makanan pedas, tetapi ada satu masalah di mana orang yang senantiasa makan makanan pedas jadi nafsu makannya jadi kurang dan condong untuk minum semakin banyak air.

Makanan pedas bisa mengakibatkan sariawan
Terus-terusan makan makanan yang pedas jadi anda rawan terkena sariawan apa lagi ditambah gaya hidup anda yang kurang sehat hingga rawan sekali terkena penyakit ini. Serta perihal yang terparahnya adalah sariawan dapat berlanjut dan tumbuh di sekitar bibir serta mulut hingga mengganggu kesenangan makan anda.

Menyebabkan sakit perut
Manfaat capcaisin diproduksi oleh tumbuhan awal mulanya merupakan untuk jadikan zat untuk memproteksi dari serangan hama. Terlampau banyak makan pedas mengakibatkan iritasi pada pencernaan yang mengakibatkan meningkatnya gerakan usus hingga mulas-mulas serta menyebabkan problem pencernaan. Untuk anda pencinta makanan pedas, telah waktunya untuk cermati pola makan anda. Upayakan tidak terlampau banyak makan pedas dikarenakan dapat beresiko negatif untuk kesehatan.

SUMUR

Jadi Kesimpulannya Gan ane sampaikan manfaat dan dampak negatif bagi kesehatan akibat mengkonsumsi makanan pedas.
Dampak positif
Rasa pedas pada makanan ternyata memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan sendi dan kerusakan tulang, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit peradangan sendi. Selain itu, rasa pedas dalam makanan juga bisa mengurangi risiko kanker, karena pada rasa pedas itu bisa membunuh sel kanker dengan cara menyerang mitokondria tanpa merusak sel-sel yang sehat, dan dapat meringankan rasa sakit di mulut bagi penderita kanker.
Rasa pedas juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan kebekuan darah. Selain itu, rasa pedas juga dapat mengurangi derita saat flu dan pilek, meningkatkan metabolism dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Juga, rasa pedas bisa meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan menurunkan tekanan darah, dan dengan tingginya kadar vitamin A dan C dalam cabai, bisa membantu memperkuat dinding pembuluh darah yang membuatnya menjadi elastis dan lebih mampu menyesuaikan diri dengan perbedaan tekanan darah.
Sementara itu, untuk dampak negatif bagi tubuh dengan mengkonsumsi makanan pedas adalah, makanan pedas dapat menimbulkan iritasi dan membentuk pola aneh dari lidah, mengurangi lapisan pelindung lambung sehingga lambung mudah terkena infeksi. Selain itu, makanan pedas juga dapat mengganggu produksi asam lambung sehingga menimbulkan rasa tidak enak pada perut. Dan, rasa pedas juga dapat menimbulkan pengaruh terhadap kualitas tidur atau insomnia. Sedangkan dampak paling buruk akibat seringnya mengkonsumsi pedas, adalah lidah kita menjadi kurang bisa mengenali rasa dari makanan atau minuman yang dikonsumsinya.
Makanan pedas memang bisa meningkatkan selera makan, namun kita juga harus bisa mengontrolnya agar makanan pedas yang kita konsumsi tidak menimbulkan efek negatif. Dengan mengkontrol makanan pedas yang kita konsumsi, maka rasa pedas yang menambah selera makan itu akan memberikan dampak positif bagi tubuh kita.

Akhir kata, terima kasih buat agan-agan yang udah mampir.
Perut ane udah laper banget Gan, Kalo berkenan ane boleh donk dibagi ijo-ijonya buat isi kulkas ane emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Kaskuser nyang baik selalu ninggalin jejak emoticon-Traveller
emoticon-Travelleremoticon-Traveller
Polling
0 suara
Ini Penyebabnya Ketika Kita Memakan Pedas Kepala Terasa Gatal
Diubah oleh kopitubruk04 27-01-2014 07:35
0
50.8K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan