ato19Avatar border
TS
ato19
Puji Ridwan Kamil, Basuki Ingin Tiru Kebijakannya
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memuji Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang telah melakukan banyak terobosan di "Kota Kembang" itu. Dia berniat meniru beberapa kebijakannya.

"Memang dia (Ridwan) bagus kinerjanya dan banyak kebijakan yang bisa kita tiru, banyak juga yang tidak bisa kita tiru," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Pria yang akrab disapa Ahok itu mengatakan, Ridwan yang berprofesi sebagai akademisi dan aktivis telah banyak melakukan perubahan untuk Bandung. Terobosan yang telah dilakukan Pemkot Bandung ada yang sudah dilakuka Pemprov DKI, ada juga yang belum.

Misalnya, dalam hal penertiban pedagang kaki lima (PKL). Mulai 1 Februari 2014, Pemkot Bandung mulai menerapkan denda Rp 1 juta bagi warga yang berbelanja di PKL, sementara Pemprov DKI sudah bisa memasukkan PKL Tanah Abang ke Pasar Blok G.

Terkait birokrasi, Ridwan Kamil menginstruksikan semua kepala dinas untuk memiliki akun Twitter sehingga mudah diakses warga. Sementara Pemprov DKI telah melakukan keterbukaan informasi birokrasi melalui semua kegiatan dan rapat yang diunggah di Youtube. Setiap SKPD DKI juga memiliki akun Twitter, tetapi tidak semua aktif mengoperasikannya.

Kemudian terkait kebersihan, Ridwan Kamil menempatkan tempat sampah di sepanjang jalan agar melatih masyarakat buang sampah pada tempatnya. Politisi Partai Gerindra itu juga membuat kebijakan satu hari pelajar gratis menggunakan bus Damri.

Ridwan juga memberikan hotspot gratis di banyak fasilitas publik, termasuk masjid untuk mendorong anak-anak muda ke masjid. Kolong jalan layang yang awalnya kumuh telah disulap Ridwan menjadi Taman Pasoepati yang kini dikenal dengan Taman Jomblo.

Pemkot Bandung juga telah menerapkan sistem parking meter di Jalan Braga, sementara Pemprov DKI Jakarta baru akan melakukan tender pengelola pada April mendatang.

Bus tingkat Bandung juga telah berkeliling "Kota Gedung Sate" tersebut, sedangkan bus tingkat gratis Jakarta baru diuji coba dan akan beroperasional akhir Januari atau awal Februari.

Basuki mengingatkan, permasalahan di Jakarta begitu multikompleks dibandingkan dengan Bandung. Tak sedikit warga Jakarta yang menduduki lahan negara. Begitu banyaknya permasalahan di Ibu Kota, Basuki mengaku sulit memilih permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan.

"Mungkin di Bandung enggak ada yang melanggar HAM kali, ya. Sekarang PKL yang menutupi jalan saja belum beres, beresi warga di pinggir sungai dan waduk saja belum beres, beresi warga yang merokok saja susah ditindak, pelanggar jalur transjakarta juga belum bisa ditindak tegas," ujar Basuki.

A J G M J

mantapemoticon-Kiss

0
1.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan