Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tridinewsAvatar border
TS
tridinews
Subsidi Ditarik, Tarif Listrik Untuk Rumah Mewah, Perhotelan Dan Mall Akan Berubah Se
Subsidi Ditarik, Tarif Listrik Untuk Rumah Mewah, Perhotelan Dan Mall Akan Berubah Se

Mulai 1 Mei 2014, Pemerintah , setelah disetujui oleh komisi VII DPR RI kembali akan mengurangi subsidi listrik terhadap pelanggan non subsidi yakni pelanggan golongan R3 (Pelanggan besar), bisnis menengah (B2), bisnis besar (B3) dan kantor pemerintah sedang (P1) serta akan dilakukan penerapan tarif adjustment, berarti tarif listrik tersebut dapat berubah setiap bulannya seperti layaknya harga pertamax saat ini. Penentuan tarif tersebut disesuaikan mengikuti naik-turunnya kurs rupiah dan harga minyak yang saat ini menjadi penentu dari biaya pokok produksi listrik di PLN.

Melihat data yang dilansirkan oleh kementerian ESDM, formula penghitungan tarif adjustment adalah Tarif Baru = Tarif Lama + Tarif Adjustment.

Rumus Penghitungan Tarif Listrik Adjustment

Tarif baru golongan R3 (Rumah Mewah), B2 (Hotel), B3(Mall) dan P1(kantor pemerintah) = Tarif Lama ( Golongan R3,B2,B3 dan P1) X (1 + % Tarif Adjustment).

Persentase Tarif Adjustment = %(Koefisien kurs x kenaikkan kurs dalam rupiah) + %(Koefisien ICP x Kenaikan harga ICP dalam dolar + %(Koefisien Inflasi x Kenaikan inflasi (%)

Misalnya jika tarif lama untuk rumah mewah Rp 1.352/kWh (sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 30 Tahun 2012) dan jika Tarif adjustment-nya = naik 1%, maka tarif baru untuk rumah mewah (R3) = Rp 1.352 x (1+1%) = Rp 1.366/kWh.

Rinciannya 1 + 1% sama dengan 1,01 dikalikan Rp 1.352 maka hasilnya Rp 1.365,52 (Rp 1.366/kWh). Kemudian ada selisih penambahan sebanyak 14, yang berasal dari 1.366 dikurangi 1.352 = 14.

Antisipasi Kenaikan Tarif Listrik Dengan Hemat Energi

Untuk Golongan yang akan menerima dampak kenaikan tarif listrik baru ini mungkin sudah bisa mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kenaikan tarif dasar listrik yang baru ini. Dengan melakukan optimasi kelistrikan dan melakukan perawatan atau mungkin penghematan energi merupakan isu penting yang harus dilakukan.

Lakukan perawatan peralatan kelistrikan sebaik mungkin untuk meyakinkan bahwa energi yang anda pakai sesuai dengan yang anda bayarkan, lakukan pengukuran dan pemeriksaan panel-panel listrik secara berkala. Gunakan peralatan hemat energi serta budayakan hemat energi disegala aspek kehidupan.
Diubah oleh tridinews 28-01-2014 04:33
0
2.2K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan