aktiviskask.usAvatar border
TS
aktiviskask.us
Festival Tabot Bengkulu


Festival ini diselengarakan pada tanggal 1 sampai dengan 10 Muharram H (Kalender Arab) di kota Bengkulu. Festival Tabot ini digelar berdasarkan Pesta Budaya Tabot yang dilaksanakan oleh masyarakat Kota Bengkulu dalam rangka memperingati gugurnya Amir Hussain, cucu Nabi Muhammad SAW, di Padang Karbala (Irak).

Festival yang akan berlangsung pada 4-14 November 2013 ini telah diselenggarakan secara tetap oleh masyarakat kota Bengkulu sejak abad 14. Masyarakat kota Bengkulu percaya bahwa apabila perayaan ini tidak mereka selenggarakan maka akan terjadi musibah atau bencana. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila perayaan Tabot ini penuh dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat ritual dan kolosal.

Dalam Pelaksanakan Festival Tabot, ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah Pembuatan Tabot, Kenduri dan Sesaji, Perlengkapan Musik Tabot, Kelengkapan lainnya. Kebudayaan Tabot di Bengkulu dibawa dan diperkenalkan oleh pendakwah dari Punjab, India, tahun 1336 Masehi dan juga oleh pasukan Gurkha (tentara bayaran Inggris) tahun 1685. Festival tahunan ini menjadi tontonan menarik bagi masyarakat dan bahkan digemari wisatawan domestik dan mancanegara. Ratusan, bahkan ribuan orang tumpah-ruah di sepanjang jalan dan lapangan untuk menyaksikan berbagai tahapan prosesi menarik dalam acara tersebut.


Berikut sedikit Galery Fotonya..emoticon-Smilie

Spoiler for 1:


Spoiler for 2:




sumber : google.com
0
27.6K
302
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan