Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

firmanh1945Avatar border
TS
firmanh1945
Ciri-ciri Hoax (perlu baca agar tidak gampang dibodohi)
Gan akhir-akhir ini banyak sekali ya, berita palsu atau hoax yang beredar di internet. Dengan berbagai macam motif dan tujuan, orang2 yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kebebasan yang terdapat pada internet untuk menyebarkan berita bohong. Nah agar agan-agan tidak mudah termakan oleh berita bohong tersebut, kali ini akan saya jabarkan semua mengenai hoax termasuk ciri-cirinya.

1.Bentuk Hoax.
Pada dasarnya Hoax bisanya berupa uraian tulisan ataupun foto/gambar yang disertai uraian di bawahnya. Berikut ini adalah foto-foto atau artikel yang sudah terbukti Hoax.
http://gamijah.blogspot.com/2010/10/...kan-bulan.html
http://www.syahida.com/2014/01/249/h...eter-benarkah/


2.Tujuan Hoax
Hoax biasanya bertujuan untuk mencari sensasi. Semakin banyak orang yang terpengaruh pada informasi bohong yang pelakunya sebarkan, maka pelakunya akan semakin merasa puas. Kadang-kadang juga dapat terpengaruh oleh motif politik, menfitnah seseorang atau kelompok tertentu, mencari keuntungan dkk.
Contoh :
“Mie ayam [masukkan merek] menggunakan pesugihan pocong ngiler agar laris”
“ Si [selebritis] adalah seorang [masukkan isu yang nyerempet SARA di sini]!”. Nah tipikal berita kayak gini yang biasanya nyerempet ke sudut pandang bisa berbentuk SARA, jalan hidup, teori, atau lainnya, dan dipublikasikan di komunitas homogen”.
“ Tsunami 2004 bukan bencana alam, tetapi disebabkan oleh bom atom Negara…..”

3. Modus operandi
Para pelaku hoax akan berusaha agar berita bohongnya segera menyebar dan dibaca oleh banyak orang. Oleh karena itu agar pembaca yakin bahwa berita tersebut asli, mereka biasanya menggunakan istilah-istilah yang rumit dan tampak ilmiah. Selain itu agar beritanya cepat menyebar, mereka kadang-kadang member ancaman ataupun menjanjikan keuntungan bagi mereka yang telah menyebarkan beritanya.

4. Ciri-ciri Hoax
1. Hoax yang berupa uraian tulisan / berita.
Salah satu citi utama hoax yang berupa uraian tulisan yaitu kata-katanya semua sama di semua situs apabila dicari di google, alias cuma Copy Paste dari satu situs ke situs lainya. Pikirkan aja pakai akal, apabila memang berita besar, tidak mungkin hanya ada satu penulis yang menulisnya.
Selain itu semua hoax sumbernya tidak jelas dan isinya pun terkesan mengada-ada (dibesar-besarkan) dan beritanya tidak jelas. Biasanya pelaku hoax mencantumkan kalimat2 dibawah ini
• Ada kalimat “Sebarkan ke tmn2 anda jg ya”. Ciri khas hoax adalah meminta penerima menyebarkan ke sebanyak mungkin penerima.
• Ada kalimat “Sudah banyak yang tertipu”. Kalimat ini bertujuan untuk meyakinkan penerimanya untuk segera mengirimkan hoax tersebut. Padahal kalau begitu, justru yang tertipu adalah yang menyebarkannya.
• Ada kalimat “Tadi jg ada beritanya di TV one 4:19 PM”. Kalimat ini meminjam nama tenar media tertentu, demi meyakinkan korbannya agar makin percaya.
• Menggunakan berita yang sedang booming lalu diubah agar terkesan luar biasa atau menrik untuk dibaca. Contoh :”tsunami telah membuat fossil raksasa muncul”
Sumber : http://amintea2.wordpress.com/2010/1...ciri-ciri-nya/

2. Hoax yang berupa foto
Sama seperti hoax pada uraian tulisan, ciri utama Foto Hoax yaitu foto tersebut HANYA DIAMBIL PADA SATU SUDUT PANDANG. Ciri foto hoax apabila dicari di google maka hanya akan ditemukan gambar yang sama yang di dipotret pada sudut yang sama alias foto tersebut aslinya hanya ada satu saja.
Sebagian besar foto hoax telah dimodifikasi menggunakan photoshop agar tampak meyakinkan. Selain itu foto hoax biasanya memanfaatkan nama tempat, agama, suku, kelompok, symbol, perkumpulan, perusahaan ataupun nama Negara tertentu agar lebih menyakinkan.
Beberapa foto hoax adalah foto yang tidak sengaja diambil pada sudut pandang tertentu sehingga membuat objek foto tersebut berbentuk menyerupai objek lain.
Selain itu ada juga foto2 yang diburamkan atau seakan-akan diambil dari jarak jauh sehingga tidak jelas. biasanya hoax dari foto2 yg diburamkan iki adalah foto2 hewan2 cryptologi atau foto2 mistis
. Berikut ini adalah contoh2 foto yang sudah terbukti hoax

ini foto sudah lama, denger2 katanya aslinya fossil maamoth yag sudah dimodif pake sotoshop.

Jin gua Hiro, aslinya cuma patung di suatu gua di tempat wisata

Bener2 tampak asli. tapi sebenarnya cuma hoax
[img]http://s.kaskus.id/images/2014/01
/19/4363170_20140119090903.jpg[/img]
ini hoax yg memanfaatkan peristiwa WTC agar cepat menyebar

hoax yg menggunakan sotoshop wkwkwk

ini jga sotoshop

ini hoax yg menggunakan embel2 agama yang bikin ane ngakak sekaligus marah. Bikin gua ngakak soalnya gak masuk akal. Foto ini katanya adalah ledakan nuklir yang menyababkan tsunami di yogyakarta pada beberapa tahun lalu, tapi fotonya gak masuk akal banget. ciba pikir kalo ada ledakan nuklir sedemikan jelas kenapa tak satupun dari orang2 yang difoto yang melihat ke arah nuklir tsb. Anehnya sampai saat ini masih banyak orang yang percaya hehhhhhhhhhhh. Ini kayaknya foto matahari terbenam deh yang sudah sedikit diubah

Sekian dulu dari saya, semoga informasi ini dapat berguna. TERIMA KASIH
Diubah oleh firmanh1945 19-01-2014 14:18
0
31.5K
38
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan