- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
#cara CS Call Center provider dalam menanggapi komplain customer (betapa hebatnya)


TS
achi90
#cara CS Call Center provider dalam menanggapi komplain customer (betapa hebatnya)
sekedar share aja nih (curhatan TS atas ketidak puasan terhadap pelayanan CS Call Center provider2 di Indonesia)
fyi, TS merupakan pengguna beberapa provider sehingga tulisan ini tidak bertujuan menyudutkan suatu provider apapun, dan ini terjadi hampir di semua provider yang TS dan teman2 TS gunakan
pada suatu hari, ketika sim card suatu provides saya mengalami masalah (misal tidak bisa cek pulsa / kuota tlp, sms & internet atau tidak bisa akses internet) dan saya menelpon call center untuk mengajukan komplain
#telpon pertama : pk 10.00
CS : "selamat pagi, dengan XX(nama CS) bisa dibantu?"
saya : "pak, drtd saya mau (contoh keluhan) akses internet kok ga bisa ya?"
setelah mencoba sesuai perintah CS tersebut, tidak ada hasil, keluhan kita tidak terselesaikan
#pada pk 15.00 saya menelpon call center provider tsb sekali lagi
CS : "selamat pagi, dengan ZZ(dilayani oleh CS berbeda dgn telp saya yang pertama) bisa dibantu?"
saya : "pak, drtd saya mau (keluhan yg sama) akses internet kok ga bisa ya?"
*CS lanjut menjawab sama persis "PERTANYAAN 1" yang disambung "SKENARIO 1"
saya terhening dan kehabisan kata2, akhirnya telpon saya matikan dan mengikuti saran CS tersebut... alhasil? keluhan saya tidak terselesaikan
#4 jam kemudian saya menelpon call center lagi
kali ini diterima oleh CS yang lagi2 (pastinya)berbeda
mulai dengan "PERTANYAAN 1" seperti biasa (5 menit saya terbuang lagi)
dilanjut "SKENARIO 1" dan diakhiri "SKENARIO 2"
saya : "tadi saya sudah melakukan keluhan dengan 2 rekan anda, bp XX dan ZZ, bisa saya bicara dengan mereka?"
(tentunya tidak bisa)
alhasil keluhan saya tidak pernah terselesaikan... dan saya MENYERAH untuk melakukan keluhan ke call center lagi
hanya mendapat jawaban yang sama oleh orang2 yang berbeda
apakah mereka di trainning untuk menghadapi keluhan dengan cara yg sama? menyelesaikan keluhan tanpa solusi, hanya membuat customer malas untuk melakukan keluhan terhadap mereka?
ayolah, anda sekalian (mohon maaf sekali) para CS adalah org2 terpilih dengan pendidikan yg mumpuni untuk menjalankan tugas dengan lebih baik dari ini..
mohon maaf apabila thread yg saya buat menyinggung beberapa pihak, ini hanya pengalaman pribadi saya, yg ketika saya share dengan teman2 ternyata teman2 saya mengalami hal yg serupa...
tujuan dari postingan saya ini semoga ada perbaikan layanan CS dari para penyedia jasa provider di Indonesia

Spoiler for "mohon bantuan":
fyi, TS merupakan pengguna beberapa provider sehingga tulisan ini tidak bertujuan menyudutkan suatu provider apapun, dan ini terjadi hampir di semua provider yang TS dan teman2 TS gunakan

pada suatu hari, ketika sim card suatu provides saya mengalami masalah (misal tidak bisa cek pulsa / kuota tlp, sms & internet atau tidak bisa akses internet) dan saya menelpon call center untuk mengajukan komplain
#telpon pertama : pk 10.00
CS : "selamat pagi, dengan XX(nama CS) bisa dibantu?"
saya : "pak, drtd saya mau (contoh keluhan) akses internet kok ga bisa ya?"
Spoiler for "PERTANYAAN 1":
Spoiler for "SKENARIO 1":
Spoiler for "PENUTUP":
setelah mencoba sesuai perintah CS tersebut, tidak ada hasil, keluhan kita tidak terselesaikan
#pada pk 15.00 saya menelpon call center provider tsb sekali lagi
CS : "selamat pagi, dengan ZZ(dilayani oleh CS berbeda dgn telp saya yang pertama) bisa dibantu?"
saya : "pak, drtd saya mau (keluhan yg sama) akses internet kok ga bisa ya?"
*CS lanjut menjawab sama persis "PERTANYAAN 1" yang disambung "SKENARIO 1"
Spoiler for "jawab saya":
Spoiler for "SKENARIO 2":
saya terhening dan kehabisan kata2, akhirnya telpon saya matikan dan mengikuti saran CS tersebut... alhasil? keluhan saya tidak terselesaikan

#4 jam kemudian saya menelpon call center lagi
kali ini diterima oleh CS yang lagi2 (pastinya)berbeda
mulai dengan "PERTANYAAN 1" seperti biasa (5 menit saya terbuang lagi)
dilanjut "SKENARIO 1" dan diakhiri "SKENARIO 2"
saya : "tadi saya sudah melakukan keluhan dengan 2 rekan anda, bp XX dan ZZ, bisa saya bicara dengan mereka?"
(tentunya tidak bisa)
alhasil keluhan saya tidak pernah terselesaikan... dan saya MENYERAH untuk melakukan keluhan ke call center lagi

hanya mendapat jawaban yang sama oleh orang2 yang berbeda
apakah mereka di trainning untuk menghadapi keluhan dengan cara yg sama? menyelesaikan keluhan tanpa solusi, hanya membuat customer malas untuk melakukan keluhan terhadap mereka?
ayolah, anda sekalian (mohon maaf sekali) para CS adalah org2 terpilih dengan pendidikan yg mumpuni untuk menjalankan tugas dengan lebih baik dari ini..
mohon maaf apabila thread yg saya buat menyinggung beberapa pihak, ini hanya pengalaman pribadi saya, yg ketika saya share dengan teman2 ternyata teman2 saya mengalami hal yg serupa...
tujuan dari postingan saya ini semoga ada perbaikan layanan CS dari para penyedia jasa provider di Indonesia


Diubah oleh achi90 18-01-2014 17:54
0
5.6K
35


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan