Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zurickzaryanAvatar border
TS
zurickzaryan
Pria Ini Klaim Payudaranya Membesar Seperti Wanita karena Obat HIV-AIDS
Pria Ini Klaim Payudaranya Membesar Seperti Wanita karena Obat HIV-AIDS

Tanzania, Betapa terkejutnya Joseph Mkanda ketika menyadari kini dirinya memiliki payudara dengan besar yang tak biasa untuk ukuran pria. Ya, Joseph mengalami pembesaran payudara hampir seukuran payudara wanita. Menurutnya, kondisi ini ia dapat setelah mengonsumsi obat HIV-AIDS.

Dikutip dari ippmedia.com, Minggu (5/1/2014), pria ODHA yang kini berusia 45 tahun itu mengaku payudaranya mulai tumbuh setelah mengonsumsi obat HIV-AIDS. Awalnya, ia menduga penyebabnya adalah karena pola makan dan dietnya yang tak seimbang. Namun kemudian ia mengubah kesimpulannya.

"Saya merasa sangat malu untuk pergi keluar dari rumah, karena saya memiliki payudara seperti wanita. Saya takut orang-orang akan menertawakan saya," ungkap Joseph.

Ia sendiri diharuskan rutin minum obat tersebut untuk mengontrol perkembangan virus HIV-AIDS di dalam tubuhnya. Menurut seorang dokter di desanya, pertumbuhan payudara tersebut tergolong wajar karena ia telah mengonsumsinya dalam jangka waktu lama. "Pada saat ini, saya tidak tahu apa yang harus dilakukan atau harus pergi ke mana," tuturnya.

Lain lagi yang dialami oleh Salima Omar (36). Wanita yang juga berasal dari Tanzania ini mengeluhkan adanya efek aneh pasca konsumsi obat HIV-AIDS. Ia dan salah seorang putranya yang juga ODHA mengaku telah mengonsumsi obat anti-retroviral (ARV) sejak Oktober 2007.

Tak paham apakah karena kandungan obat atau hal lain, Salima yakin perubahan ini terhadu karena ia dan sang putra tak bisa mengikuti aturan minum obat dengan baik. Salima diberitahu bahwa ia harus memiliki pola makan dengan gizi cukup untuk menyeimbangkan obat tersebut. Namun karena kondisi keuangannya yang tak menentu, ia kadang tidak minum obat.

"Obat ini sangat kuat, jika Anda mengonsumsinya tanpa cukup makanan, Anda menjadi sangat lemah. Tapi keuangan keluarga kami sangat tak menentu," ujar Salima.

Sementara itu, dilansir The Morning Starr, Tanzania dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah ODHA cukup banyak. Di tahun 2011, diperkirakan terdapat 1,4 juta ODHA di negara yang terletak di Afrika bagian Timur tersebut.
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
3.7K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan