- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
10 iLmuwan dan penemuannya yg belum kita tahu
TS
jihad2231
10 iLmuwan dan penemuannya yg belum kita tahu


Selamat Pagi Kaskuser

Quote:
Pagi ini kita akan membahas 10 ilmuwan dan penemuannya yang mungkin kita lupakan/belum kita kenal 



Quote:
Penemuan atau reka cipta adalah suatu bentuk, komposisi materi, peranti, atau proses yang baru. Sebagian penemuan didasarkan pada bentuk-bentuk, komposisi, proses, atau gagasan-gagasan yang sudah ada sebelumnya. Yang lainnya adalah terobosan-terobosan radikal yang mungkin memperluas bagas-batas pengetahuan atau pengalaman manusia.
Penemuan dapat pula berupa reka baru (innovation), dan dengan demikian menjadi suatu terobosan besar.
Penemuan dapat pula berupa reka baru (innovation), dan dengan demikian menjadi suatu terobosan besar.
Quote:
10 iLmuwan dan Penemuannya
Spoiler for 1. Penemu Korek api:
John Walker
(29 Mei 1781 – 1 Mei 1859)
(29 Mei 1781 – 1 Mei 1859)
Spoiler for :

kimiawan Inggris yang pada tahun 1826 secara tidak sengaja menemukan korek api gesek dengan mencampur potas dan antimon. Penjualan pertama yang tercatat dari tokonya adalah pada 7 April 1827 dengan istilah friction lights. Ia menolakmempatenkan penemuannya dan sebaliknya memilih untuk melanjutkan kajian ilmiahnya. Ia juga tidak memberikan komposisi pasti korek api ciptaannya. Di lingkungannya, ia memiliki reputasi sebagai seorang ahli botani, mengembangkan minat pada kajian mineralogi, serta menghabiskan banyak waktunya mengerjakan percobaan kimia.
Spoiler for 2. Penemu Batu baterai:
Spoiler for :
Penemu batu baterai ini berasal dari Italia. Ia lahir di sebuah kota bernama Como yang terletak di wilayah Lambardia pada tahun 1745. Ia kemudian wafat di kota yang sama tempat di mana ia dilahirkan, yakni Como di tahun 1827 di usia 82 tahun. Volta kabarnya seorang bangsawan terkemuka. Ia terlahir di keluarga yang terpandang bersama dengan 8 saudaranya yang lain.
Volta dikenal sebagai seorang ahli fisika, pengarang, ahli kimia, dan seorang guru besar. Ia menemukan batu baetai atau yang dahulu dikenal dengan istilah “tumpukan Volta” di tahun 1800. Selain menjadi penemu batu baterai, sesungguhnya Volta juga berjasa menemukan kondensator, pistol listrik, lampu udara dan juga eudimeter. Selain alat-alat yang disebutkan sebelumnya, Alessandro Volta juga menemukan peralatan yang dikenal dengan nama elektrofikus, yakni alat yang mampu menghasilkan muatan energi listrik dengan cara induksi. Berkat alat ini, Volta kemudian diangkat menjadi seorang guru besar di Universitas Pavia. Tahun berikutnya ia kemudian berhasil menciptakan alat yang terkait dengan listrik statis. Berkat penemuannya ini kemudian ia diangkat menjadi anggota dari Royal Society yakni perkumpulan ilmuan yang termasyur di Eropa. Selain itu, Volta juga diganjar hadiah Mendali Copley.
Volta dikenal sebagai seorang ahli fisika, pengarang, ahli kimia, dan seorang guru besar. Ia menemukan batu baetai atau yang dahulu dikenal dengan istilah “tumpukan Volta” di tahun 1800. Selain menjadi penemu batu baterai, sesungguhnya Volta juga berjasa menemukan kondensator, pistol listrik, lampu udara dan juga eudimeter. Selain alat-alat yang disebutkan sebelumnya, Alessandro Volta juga menemukan peralatan yang dikenal dengan nama elektrofikus, yakni alat yang mampu menghasilkan muatan energi listrik dengan cara induksi. Berkat alat ini, Volta kemudian diangkat menjadi seorang guru besar di Universitas Pavia. Tahun berikutnya ia kemudian berhasil menciptakan alat yang terkait dengan listrik statis. Berkat penemuannya ini kemudian ia diangkat menjadi anggota dari Royal Society yakni perkumpulan ilmuan yang termasyur di Eropa. Selain itu, Volta juga diganjar hadiah Mendali Copley.
Spoiler for 3. Penemu Mobil:
(17 Maret 1834 – 6 Maret 1900)
Spoiler for :

Dikenal sebagai seorang penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman.[1] Pada tahun 1890 ia berhasil mengembangkan mesin pembakaran internal, dan pada tahun 1883 Daimler menciptakan mesin yang bertenaga bensin[1], dan mematenkan mesin empat tak. Daimler membuat mobil pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz).
Pada tahun 1890, ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Dua puluh empat tahun tahun setelah kematian Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan kooperatif jangka panjang dengan Benz & Cie. milik Carl Benz, dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung untuk membentuk Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG.
Pada tahun 1890, ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Dua puluh empat tahun tahun setelah kematian Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan kooperatif jangka panjang dengan Benz & Cie. milik Carl Benz, dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung untuk membentuk Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG.
Spoiler for 4. Penemu Tank berlapis baja:
Sir Ernest Swinton
Spoiler for :

Kendaraan untuk perang ini pertama kali diciptakan pada tahun 1915 oleh seorang Inggris bernama Sir Ernest Swinton.
Percobaan pertama dimulai pada awal Perang Dunia I.
Tank pertama muncul pada tahun 1916, sudah dilengkapi dengan senjata yang berbeda-beda menurut typenya. Ia digerakkan dengan mesin 6 silinder berkekuatan 150 tenaga kuda. Meskipun begitu orang masih belum memperoleh kepuasaan sehingga pada tahun 1917 muncul model baru yang sudah diperbaiki antara lain pada mesin penggeraknya yang diperbesar kepasitasnya.
Tank-tank ini dapat dibedakan atas :
1. Tank untuk tugas pengintaian atau tugas kepramukaan, jenis ini digolongkan kelas ringan.
2. Tank untuk tugas penjelajahan medan perang, jenis digolongkan kelas sedangg dan
3. Tank untuk bertugas melindungi pasukan infanteri, jenis ini digolongkan kelas berat.
Percobaan pertama dimulai pada awal Perang Dunia I.
Tank pertama muncul pada tahun 1916, sudah dilengkapi dengan senjata yang berbeda-beda menurut typenya. Ia digerakkan dengan mesin 6 silinder berkekuatan 150 tenaga kuda. Meskipun begitu orang masih belum memperoleh kepuasaan sehingga pada tahun 1917 muncul model baru yang sudah diperbaiki antara lain pada mesin penggeraknya yang diperbesar kepasitasnya.
Tank-tank ini dapat dibedakan atas :
1. Tank untuk tugas pengintaian atau tugas kepramukaan, jenis ini digolongkan kelas ringan.
2. Tank untuk tugas penjelajahan medan perang, jenis digolongkan kelas sedangg dan
3. Tank untuk bertugas melindungi pasukan infanteri, jenis ini digolongkan kelas berat.
Spoiler for 5. Penemu Thermometer:
(1564-1642)
Spoiler for :

Ahli astronomi Italia, ahli matematika, ahli fisika, guru besar, pengarang, penemu hukum gerak yang kemudian dirumuskan oleh Newton, bapak metode eksperimental, penemu hukum benda jatuh, penemu hukum bandul, penemu thermometer dan teleskop, penemu teori matematik gerak parabola. Ia orang pertama di dunia yang menerapkan matematika untuk menganalisis mekanika. Ia menghubungkan fisika dan astronomi dengan matematika dan tidak dengan filsafat tradisional. Ia menentang pendapat Aristoteles dan Ptolemeus.
Sebenarnya orang pertama di dunia yang menemukan teleskop atau teropong adalah Hans Lippershey, ahli optika Belanda, pada tahun 1608. Tapi Lippershey tidak mau menerima patennya. Ketika mendengar hal itu Galileo lalu membuat teleskop sendiri. Mula-mula teleskopnya hanya mampu membesarkan benda 9 kali dan akhirnya berhasil membuat teleskop yang mampu membesarkan benda 33 kali. Dengan teleskop sederhana ini Galileo jadi masyhur karena menemukan cincin Saturnus, empat buah bulan Yupiter, gunung-gunung dan kawah-kawah dibulan. Ia juga menemukan di bawah galaksi sebenarnya gugusan bintang yang berjuta-juta banyaknya.
Galileo lahir di Pisa,Italia,pada tanggal 15 Febuari 1564 dan meninggal di Arcetri pada tanggal 8 januari 1642 pada umur 78 tahun karena demam. Ia lahir tiga hari sebelum Michelangelo meninggal dan tutup usia satu tahun sebelum Newton lahir. Ayah Galileo bernama Vicenzo Galilei, ahli musik dan matematika. Ia mengharapkan Galileo menjadi dokter. Ketika Galileo berumur 10 tahun, orang tuanya pindah ke Florence, di sini Galileo bersekolah di biara Vallombrosa. Pada umurnya 17 tahun ia disuruh ayahnya masuk Universitas Pisa jurusan kedokteran.
Pada suatu hari ia masuk ke Katedral kota itu. Disitu ia melihat lampu gantung yang sedang dinyalakan oleh koster (pelayan gereja). Lampu-lampu itu berayun-ayun karena disentuh koster. Lebar ayunanya bermacam-macam. Galieo menghitung lamanya ayunan dengan denyut nadinya karena waktu itu belum ada alrloji atau alat ukur lainnya. Setiba dirumah ia mengulangi peristiwa itu dengan bola dari berbagai ukuran dan berat. Akhirnya ia menemukan hukum ini: Waktu ayun tidak tergantung pada lebar ayun dan berat bandul, asal lebar ayun tidak terlalu besar. Waktu ayun berbanding lurus dengan panjang bandul dan berbanding terbalik dengan akar percepatan yang disebabkan gaya grafitasi.
Sebenarnya orang pertama di dunia yang menemukan teleskop atau teropong adalah Hans Lippershey, ahli optika Belanda, pada tahun 1608. Tapi Lippershey tidak mau menerima patennya. Ketika mendengar hal itu Galileo lalu membuat teleskop sendiri. Mula-mula teleskopnya hanya mampu membesarkan benda 9 kali dan akhirnya berhasil membuat teleskop yang mampu membesarkan benda 33 kali. Dengan teleskop sederhana ini Galileo jadi masyhur karena menemukan cincin Saturnus, empat buah bulan Yupiter, gunung-gunung dan kawah-kawah dibulan. Ia juga menemukan di bawah galaksi sebenarnya gugusan bintang yang berjuta-juta banyaknya.
Galileo lahir di Pisa,Italia,pada tanggal 15 Febuari 1564 dan meninggal di Arcetri pada tanggal 8 januari 1642 pada umur 78 tahun karena demam. Ia lahir tiga hari sebelum Michelangelo meninggal dan tutup usia satu tahun sebelum Newton lahir. Ayah Galileo bernama Vicenzo Galilei, ahli musik dan matematika. Ia mengharapkan Galileo menjadi dokter. Ketika Galileo berumur 10 tahun, orang tuanya pindah ke Florence, di sini Galileo bersekolah di biara Vallombrosa. Pada umurnya 17 tahun ia disuruh ayahnya masuk Universitas Pisa jurusan kedokteran.
Pada suatu hari ia masuk ke Katedral kota itu. Disitu ia melihat lampu gantung yang sedang dinyalakan oleh koster (pelayan gereja). Lampu-lampu itu berayun-ayun karena disentuh koster. Lebar ayunanya bermacam-macam. Galieo menghitung lamanya ayunan dengan denyut nadinya karena waktu itu belum ada alrloji atau alat ukur lainnya. Setiba dirumah ia mengulangi peristiwa itu dengan bola dari berbagai ukuran dan berat. Akhirnya ia menemukan hukum ini: Waktu ayun tidak tergantung pada lebar ayun dan berat bandul, asal lebar ayun tidak terlalu besar. Waktu ayun berbanding lurus dengan panjang bandul dan berbanding terbalik dengan akar percepatan yang disebabkan gaya grafitasi.
Spoiler for 6. Penemu Logaritma:
John Napier
(1550 - 1617)
Spoiler for :

Lahir dekat Edinburgh, Skotlandia, pada tahun 1550. Ia adalah anak dari seorang tanah yang kaya yang meninggal pada saat ia masih muda. Ia belajar bahasa Latin, Yunani, dan matematika dari seorang guru privat. Pada usia 13 tahun, ia belajar di Universitas St. Andrews. Secara mengejutkan, ia tidak menyelesaikan gelar universitasnya akan tetapi pergi ke Eropa. Ia kembali ke rumah pada usia 21 tahun dan menikah setahun kemudian. Istri pertamanya meninggal dunia di tahun 1579, dan ia menikah lagi beberapa tahun kemudian.
Pada masa tersebut terjadi pergolakan untuk menentukan siapa penguasa kerajaan Inggris selanjutnya. Beberapa pertikaian muncul mengenai penentuan apakah Inggris akan menjadi negara Katolik atau Protestan. John Napier terlibat dalam tiga peristiwa untuk mendukung gereja Protestan sebagai pembelaannya terhadap King James VI dari Skotlandia.
Tidak mengherankan jika John terlibat dalam perang. Akan tetapi, ia akhirnya mengalihkan ketertarikannya pada bidang matematika dan astronomi. Ia ingin mencari cara untuk mengurangi waktu yang diperlukan pada saat menghitung bilangan yang panjang, seperti 57162958 x 6173298.
Pada tahun 1614, ia telah menyelesaikan buku pertamanya mengenai logaritma. Ia menemukan metode perkalian bilangan dengan menambah logaritmanya kemudian menggunakan invers logaritma untuk mendapatkan hasil akhir. Napier juga menemukan sehimpunan bilangan batang, yang sekarang disebut denganNapier's bones, yang digunakan untuk mengalikan bilangan-bilangan. Penemuan-penemuan Napier adalah awal dari digunakannya penggaris geser dan kalkulator.
Napier meninggal dunia di Puri Merchiston pada tanggal 4 April 1617 dalam usia 67 tahun.
Pada masa tersebut terjadi pergolakan untuk menentukan siapa penguasa kerajaan Inggris selanjutnya. Beberapa pertikaian muncul mengenai penentuan apakah Inggris akan menjadi negara Katolik atau Protestan. John Napier terlibat dalam tiga peristiwa untuk mendukung gereja Protestan sebagai pembelaannya terhadap King James VI dari Skotlandia.
Tidak mengherankan jika John terlibat dalam perang. Akan tetapi, ia akhirnya mengalihkan ketertarikannya pada bidang matematika dan astronomi. Ia ingin mencari cara untuk mengurangi waktu yang diperlukan pada saat menghitung bilangan yang panjang, seperti 57162958 x 6173298.
Pada tahun 1614, ia telah menyelesaikan buku pertamanya mengenai logaritma. Ia menemukan metode perkalian bilangan dengan menambah logaritmanya kemudian menggunakan invers logaritma untuk mendapatkan hasil akhir. Napier juga menemukan sehimpunan bilangan batang, yang sekarang disebut denganNapier's bones, yang digunakan untuk mengalikan bilangan-bilangan. Penemuan-penemuan Napier adalah awal dari digunakannya penggaris geser dan kalkulator.
Napier meninggal dunia di Puri Merchiston pada tanggal 4 April 1617 dalam usia 67 tahun.
Spoiler for 7. Penemu Penyedot Debu:
Hubert Cecil Booth
(4 Juli 1871 - 14 Januari 1955)
Spoiler for :

Seorang insinyur Inggris yang menemukan vacuum cleaner pertama bertenaga.
Ia juga dirancang roda Ferris, suspensi jembatan dan pabrik-pabrik. Kemudian ia menjadi Chairman dan Managing Director dari Vacuum Cleaner Inggris dan Engineering Co
Booth lahir di Gloucester, Inggris. Ia dididik di Gloucester College dan Gloucester Sekolah di County bawah kepala Pendeta H. Lloyed Brereton. Pada tahun 1889 ia memasuki Sekolah Teknik Tengah, Kota dan Guild, London setelah melewati ujian masuk. Ia menyelesaikan kursus tiga tahun di bidang teknik sipil dan teknik mesin di bawah Profesor Unwin WC FRS. Dia menyelesaikan Diploma Associateship (ACGI), datang kedua dalam departemen teknik. Ia menjadi seorang mahasiswa dari Institution of Civil Engineers.
Karier
Pada bulan Desember 1892 ia masuk kantor menggambar dari Bapak Sons Maudslay & Field, Lambeth, London di bawah Mr Charles Menjual, sebagai insinyur sipil. Dalam kapasitas ini ia merancang jembatan dan roda ferris besar untuk taman hiburan di London, Blackpool, Paris, dan Wina.
Dia bekerja pada desain mesin untuk kapal perang Royal Navy. Setelah melihat demonstrasi agak tidak memadai dari sistem udara tekan pembersih berbasis gerbong kereta api di stasiun St Pancras, Booth beralasan bahwa mengisap udara melalui filter mungkin sistem yang lebih baik, dan dengan demikian menciptakan versi awal dari penyedot debu yang diproduksi oleh Fielding & Platt of Gloucester. Pendekatannya lebih cocok untuk keperluan industri selain untuk keperluan rumah tangga, dan perusahaannya segera dikalahkan oleh pesaing, Hoover. Dia menerima paten Inggris untuk karyanya pada tanggal 18 Februari dan 30 Agustus 1901, dan perusahaannya terus mengkhususkan diri dalam pembersih vakum industri. Sebelum Booth memperkenalkan versinya penyedot debu, mesin pembersih meniup atau membersihkan kotoran pergi, bukannya mengisap itu. Semua Vacuums modern didasarkan pada prinsip Booth.
Ia juga dirancang roda Ferris, suspensi jembatan dan pabrik-pabrik. Kemudian ia menjadi Chairman dan Managing Director dari Vacuum Cleaner Inggris dan Engineering Co
Booth lahir di Gloucester, Inggris. Ia dididik di Gloucester College dan Gloucester Sekolah di County bawah kepala Pendeta H. Lloyed Brereton. Pada tahun 1889 ia memasuki Sekolah Teknik Tengah, Kota dan Guild, London setelah melewati ujian masuk. Ia menyelesaikan kursus tiga tahun di bidang teknik sipil dan teknik mesin di bawah Profesor Unwin WC FRS. Dia menyelesaikan Diploma Associateship (ACGI), datang kedua dalam departemen teknik. Ia menjadi seorang mahasiswa dari Institution of Civil Engineers.
Karier
Pada bulan Desember 1892 ia masuk kantor menggambar dari Bapak Sons Maudslay & Field, Lambeth, London di bawah Mr Charles Menjual, sebagai insinyur sipil. Dalam kapasitas ini ia merancang jembatan dan roda ferris besar untuk taman hiburan di London, Blackpool, Paris, dan Wina.
Dia bekerja pada desain mesin untuk kapal perang Royal Navy. Setelah melihat demonstrasi agak tidak memadai dari sistem udara tekan pembersih berbasis gerbong kereta api di stasiun St Pancras, Booth beralasan bahwa mengisap udara melalui filter mungkin sistem yang lebih baik, dan dengan demikian menciptakan versi awal dari penyedot debu yang diproduksi oleh Fielding & Platt of Gloucester. Pendekatannya lebih cocok untuk keperluan industri selain untuk keperluan rumah tangga, dan perusahaannya segera dikalahkan oleh pesaing, Hoover. Dia menerima paten Inggris untuk karyanya pada tanggal 18 Februari dan 30 Agustus 1901, dan perusahaannya terus mengkhususkan diri dalam pembersih vakum industri. Sebelum Booth memperkenalkan versinya penyedot debu, mesin pembersih meniup atau membersihkan kotoran pergi, bukannya mengisap itu. Semua Vacuums modern didasarkan pada prinsip Booth.
Spoiler for 8. Penemu Resleting:
Spoiler for :

Dialah penemu resleting itu, produk yang hingga kini menjadi bagian penting dunia busana. Hampir tak ada orang yang tak menggunakannya setiap hari. Pada celana, baju, tas, sepatu, dan sebagainya, resleting menjadi bagian penting.
Gideon Sundback lahir di tanah pertanian Sonarp, Ödestugu Parish, Jönköping County, Småland, Swedia, pada 24 April 1880.Orangtuanya adalah petani kaya, pasangan Jonas Otto Magnusson Sundbäck (ayah) dan Kristina Karolina Klasdotter (ibu). Karena makmur itulah Gideon bisa mendapat pendidikan tinggi hingga bisa sekolah ke Jerman. Ia mengambil bidang pendidikan politeknik dan lulus tahun 1903.
Tahun 1905 Gideon memutuskan hijrah ke Amerika Serikat. Sebagai ahli listrik ia bekerja di Westinghouse Electric and Manufacturing Company di Pittsburgh, Pennsylvania. Tahun 1906 ia memutuskan pindah kerja ke perusahaan pembuat kancing baju bernama Universal Fastener Company yang berlokasi di Hoboken, New Jersey. Perusahaan ini sebenarnya mengembangkan model kancing baru yang disebut Clasp Locker, yang bisa disebut generasi pertama resleting hasil temuan pendiri perusahaan itu, Whitcomb Judson. Namun hingga beberapa tahun kurang berhasil di pasaran.
Di perusahaan ini Gideon ketemu jodohnya, yaitu putri manajer pabrik bernama Elvira Aronson, yang ia nikahi tahun 1909. Ternyata pernikahan itu juga membawa berkah. Tak lama kemudian ia mendapat promosi jadi kepala desainer dan bersama-sama pendiri perusahaan itu Whitcomb Judson, ia mengembangkan desain Clasp Locker. Ia mulai menambah "locker"-nya dari empat locker (pengait) per inchi menjadi 10-11 locker per inchi sehingga nyaris tanpa celah. Model inilah yang kemudian jadi resleting. Gideon mematenkan temuannya pada tahun 1917. Ia juga membuat mesin pembuat resleting.
Temuan-temuannya itu membuat Gideon mendapat berbagai penghargaan. Antara lain mendapat Gold Medal dari the Royal Swedish Academy of Engineering Sciences pada tahun 1951. Ia meninggal pada tahun 1954.
Gideon Sundback lahir di tanah pertanian Sonarp, Ödestugu Parish, Jönköping County, Småland, Swedia, pada 24 April 1880.Orangtuanya adalah petani kaya, pasangan Jonas Otto Magnusson Sundbäck (ayah) dan Kristina Karolina Klasdotter (ibu). Karena makmur itulah Gideon bisa mendapat pendidikan tinggi hingga bisa sekolah ke Jerman. Ia mengambil bidang pendidikan politeknik dan lulus tahun 1903.
Tahun 1905 Gideon memutuskan hijrah ke Amerika Serikat. Sebagai ahli listrik ia bekerja di Westinghouse Electric and Manufacturing Company di Pittsburgh, Pennsylvania. Tahun 1906 ia memutuskan pindah kerja ke perusahaan pembuat kancing baju bernama Universal Fastener Company yang berlokasi di Hoboken, New Jersey. Perusahaan ini sebenarnya mengembangkan model kancing baru yang disebut Clasp Locker, yang bisa disebut generasi pertama resleting hasil temuan pendiri perusahaan itu, Whitcomb Judson. Namun hingga beberapa tahun kurang berhasil di pasaran.
Di perusahaan ini Gideon ketemu jodohnya, yaitu putri manajer pabrik bernama Elvira Aronson, yang ia nikahi tahun 1909. Ternyata pernikahan itu juga membawa berkah. Tak lama kemudian ia mendapat promosi jadi kepala desainer dan bersama-sama pendiri perusahaan itu Whitcomb Judson, ia mengembangkan desain Clasp Locker. Ia mulai menambah "locker"-nya dari empat locker (pengait) per inchi menjadi 10-11 locker per inchi sehingga nyaris tanpa celah. Model inilah yang kemudian jadi resleting. Gideon mematenkan temuannya pada tahun 1917. Ia juga membuat mesin pembuat resleting.
Temuan-temuannya itu membuat Gideon mendapat berbagai penghargaan. Antara lain mendapat Gold Medal dari the Royal Swedish Academy of Engineering Sciences pada tahun 1951. Ia meninggal pada tahun 1954.
Spoiler for 9. Penemu Mesin Foto Copy:
Chester Flood Carlson
Spoiler for :

Merupakan Penemu dari Mesin Fotocopy dilahirkan pada tanggal 8 Februari 1906 di Seattle, Washington, Amerika Serikat Ayahnya mengidap penyakit TBC membuat dia harus bekerja keras untuk mendapatkan biaya pengobatan. Pada saat berusia 17 tahun Ibunya meninggal dan empat tahun setelah ibunya meninggal ayah Carlson menyusul. Hal ini tidak membuat Carlson patah semangat untuk belajar. Dia bisa menyelesaikan pendidikannya hingga bangku kuliah yaitu di California Institute of Technology. setelah menamatkan kuliahnya, Carlson kemudian bekerja di sebuah perusahaan pembuat barang elektronik. Chester Carlson mengawali pekerjaannya sebagai penyalin dokumen paten di sebuah peruahaan analisis paten, Carlson berpikir untuk mempercepat pekerjaannya yaitu dengan membuat sebuah alat yang bisa mencetak dokumen secara berulang-ulang. Ia pun membaca berbagai referensi mengenai mesin cetak. Akhirnya, ia menemukan konsep elektrofotografi, yang sekarang kita kenal sebagai mesin fotokopi.
Pada 1938, Chester Carlson membuat eksperimen kecil yang memanfaatkan bubuk jelaga (karbon) dan penyinaran cahaya dan memindahkan suatu tulisan dari sebuah medium ke medium yang lain. Ia juga menggunakan konsep yang disebut photo-conductivity, sebuah proses perubahan elektron jika terkena cahaya. Intinya, dengan proses ini, gambar bisa digandakan dengan proses perubahan elektron tersebut. Sebagian besar literatur menyebutkan, temuan Carlson menciptakan proses mengkopi dengan menggunakan energi elektrostatik, yaitu xenography.
Pada 1938, Chester Carlson membuat eksperimen kecil yang memanfaatkan bubuk jelaga (karbon) dan penyinaran cahaya dan memindahkan suatu tulisan dari sebuah medium ke medium yang lain. Ia juga menggunakan konsep yang disebut photo-conductivity, sebuah proses perubahan elektron jika terkena cahaya. Intinya, dengan proses ini, gambar bisa digandakan dengan proses perubahan elektron tersebut. Sebagian besar literatur menyebutkan, temuan Carlson menciptakan proses mengkopi dengan menggunakan energi elektrostatik, yaitu xenography.
Spoiler for 10. Penemu Kereta Api:
Spoiler for :

Pada mulanya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang hanya terdiri dari satu rangkaian kereta. Kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi dan dinamakan dengan trem. Kereta ini digunakan khususnya di daerah-daerah pertambangan.
Awal mula terciptanya jalan rel bisa dikatakan bermula di Inggris pada tahun 1630, yaitu dengan adanya pengangkutan batu bara. Hasil penambangan batu bara semula diangkut dengan kereta yang ditarik kuda. Pada tahun 1804, Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta. Kemudian George Stephenson menyempurnakan lokomotif tersebut untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak. Akhirnya di tahun 1815, lokomotif uap temuan George Stephenson berjalan diatas jalur antar rel selebar 1,42m. Kemudian dia menambahkan 1,3 cm pada lebar jalur. Lebar inilah yang menjadi ukuran rel standar saat ini.
Di tahun 1888, Frank J. Sprague menyelesaikan jalur kereta api listrik yang pertama dengan panjang 19 km di Richmond, Virginia. Tetapi, lokomotif listriknya sendiri baru diperkenalkan pada tahun 1895. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Pada 1925 kereta bermesin diesel yang pertama berjalan.
Pada awal abad ke 19 kereta di atas rel mulai ditarik oleh kendaraan yang dijalankan dengan mesin (lokomotif) uap. Perkembangan sarana dan prasarana kereta api terus berjalan dari tahun ke tahun, misalnya kereta api super cepat, kereta api monorail (dengan satu rel), kereta api levitasi magnetik (maglev), kereta api pengangkut berat. Begitu pula perkembangan dalam teknologi penggeraknya, misalnya lokomotif diesel, diesel-listrik dan penggerak listrik. Teknologi persinyalan juga berkembang sehingga tidak hanya digunakan sinyal mekanis tetapi juga sinyal elektris.
Awal mula terciptanya jalan rel bisa dikatakan bermula di Inggris pada tahun 1630, yaitu dengan adanya pengangkutan batu bara. Hasil penambangan batu bara semula diangkut dengan kereta yang ditarik kuda. Pada tahun 1804, Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta. Kemudian George Stephenson menyempurnakan lokomotif tersebut untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak. Akhirnya di tahun 1815, lokomotif uap temuan George Stephenson berjalan diatas jalur antar rel selebar 1,42m. Kemudian dia menambahkan 1,3 cm pada lebar jalur. Lebar inilah yang menjadi ukuran rel standar saat ini.
Di tahun 1888, Frank J. Sprague menyelesaikan jalur kereta api listrik yang pertama dengan panjang 19 km di Richmond, Virginia. Tetapi, lokomotif listriknya sendiri baru diperkenalkan pada tahun 1895. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Pada 1925 kereta bermesin diesel yang pertama berjalan.
Pada awal abad ke 19 kereta di atas rel mulai ditarik oleh kendaraan yang dijalankan dengan mesin (lokomotif) uap. Perkembangan sarana dan prasarana kereta api terus berjalan dari tahun ke tahun, misalnya kereta api super cepat, kereta api monorail (dengan satu rel), kereta api levitasi magnetik (maglev), kereta api pengangkut berat. Begitu pula perkembangan dalam teknologi penggeraknya, misalnya lokomotif diesel, diesel-listrik dan penggerak listrik. Teknologi persinyalan juga berkembang sehingga tidak hanya digunakan sinyal mekanis tetapi juga sinyal elektris.
Quote:
Terimakasih telah mengunjungi thread ane , semoga bermanfaat 

Jangan Lupa

Dan
Budayakan



Jangan Lupa

Dan
Budayakan

Sumur
Update di post #20
Diubah oleh jihad2231 18-01-2014 19:24
0
4.3K
Kutip
33
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan