Thread Keduax ane nih gan.. Monggo disimak..
Quote:
DREAMERSRADIO.COM - Jika pada umumnya jalan layang dibangun secara permanen, maka di China sesuatu yang tak mungkin bisa terjadi, salah satunya mereka berinovasi dengan membangun jalan layang besar yang dapat diputar. Dan hal ini tentu menjadi inovasi yang menakjubkan.
Dilansir dari dailymail, jalan layang tersebut berada di Kota Wuhan yang dibangun di atas rel kereta api peluru. Tak tanggung-tanggung berat jalan tersebut mencapai 17 ribu ton dengan tinggi mencapai 15 meter. Sementara itu, para teknisi butuh waktu 90 menit untuk memutar keseluruhan konstruksi hingga 106 derajat.
Sementara itu, teknik jalan layang putar ini pertama kali digunakan China. Walaupun teknologi ini sebelumnya pernah dibangun di Inggris. Sedangkan ahli meyakini mulai digunakan untuk lalu lintas publik mulai akhir bulan ini.
Jika selesai maka jalan ini panjangnya 256 meter dan memiliki 11 jalur. China saat ini memiliki jalur kereta paling panjang di dunia sejauh 6.200 mil. Jalur tersebut memiliki peranan penting sehingga teknisi harus putar otak membangun jembatan tanpa mengganggu aktivitasnya. Alhasil mereka membuat jalan layang yang bisa diputar tersebut.
Gimana menurut agan-agan dan aganwati sekalian?? kira-kira kalo di terapin di kota kita tercinta DKI Jakarta bakal mampu mengurangi kemacetan gk yah??
Sekian Thread ane yg singkat ini gan. maapin kalo berantakan
kalo suka boleh dong

nya..
kalo belom bisa di

yak gan biar jadi HT..
asal jangan di

yak gan sakit...
Sumur
UPDATE GAN !!
Quote:
Original Posted By nrywax►itu diputer buat apaan -.-?
apa cuma pas ngebangun doang terus diputer biar ngepas ama jalan yang laen??
apa pas ada mobil bisa di puter2 pas kereta lewat??
klo pas ngebangun terus di puter sih orang indonesia juga dah nemuin dari jaman dulu >.<...
Iya bener gan...ternyata di Jakarta dulu bikin Jembatan Layang nya pake teknik kayak ini juga...Nama teknik nya itu
Sosrobahu. Cekidot Penjelasannya
Quote:
Teknik Sosrobahu merupakan teknik konstruksi yang digunakan terutama untuk memutar bahu lengan beton jalan layang dan ditemukan oleh Tjokorda Raka Sukawati. Dengan teknik ini, lengan jalan layang diletakkan sejajar dengan jalan di bawahnya, dan kemudian diputar 90° sehingga pembangunannya tidak mengganggu arus lalu lintas di jalanan di bawahnya.
Pada tahun 1980-an, Jakarta yang memang sudah mengalami kendala kemacetan lalu lintas, banyak membangun jalan layang sebagai salah satu solusi meningkatkan infrastruktur lalu-lintas. Sebagai kontraktor saat itu, PT. Hutama Karya mendapatkan order membangun jalan raya di atas jalan by pass A. Yani di mana pembangunannya harus memastikan bahwa jalan itu harus tetap berfungsi.
Dengan permasalahan tersebut, para direksi Hutama Karya berdiskusi setelah mendapatkan order membangun jalan layang antara Cawang sampai Tanjung Priok sekitar tahun 1987. Persoalan rumit diurai, yang diperlukan untuk menyangga badan jalan itu adalah deretan tiang beton, satu-sama lain berjarak 30 meter, di atasnya membentang tiang beton selebar 22 meter. Batang vertikalnya (pier shaft) berbentuk segi enam bergaris tengah 4 meter, berdiri di jalur hijau. Hal ini tidak sulit, yang merepotkon adalah mengecor lengannya (pier head). Jika dengan cara konvensional, yang dilakukan adalah memasang besi penyangga (bekesting) di bawah bentangan lengan itu, tetapi bekesting itu akan menyumbat jalan raya di bawahnya. Cara lain adalah dengan bekesting gantung tetapi membutuhkan biaya lebih mahal.
Di tengah masalah itu, Ir. Tjokorda Raka Sukawatimengajukan gagasan dengan membangun tiangnya dulu dan kemudian mengecor lengannya dalam posisi sejajar dengan jalur hijau, setelah itu diputar membentuk bahu. Hanya saja kendalanya adalah bagaimana cara memutarnya karena lengan itu nantinya seberat 480 ton.
Step-Stepnya kyk gini nih gan
Step 1:
![[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!](https://dl.kaskus.id/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/3/37/Sosrobahu1.gif)
1. Bangun tiang jalan.
Step 2:
![[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!](https://dl.kaskus.id/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/1/10/Sosrobahu2.gif)
2. Lengan beton jalan dibangun di antara dua jalur jalan, sejajar dengan jalanan yang padat di bawahnya.
Step 3:
![[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!](https://dl.kaskus.id/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/f/f7/Sosrobahu3.gif)
3. Lengan beton jalan diputar 90 derajat. Jalan layang pun kemudian dibangun di atas lengan ini.
Sumur