Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Gita Wirjawan Minta Pedagang Teladani Berdagang Rasulullah


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendag Gita Wirjawan mengajak para pedagang Pasar Induk Kramat Jati mengikuti teladan berdagang seperti Nabi Muhammad SAW. Ia juga meminta agar semua pihak untuk selalu mencintai produk lokal dan membeli barang yang dibuat di dalam negeri.

"Sebagai pedagang, Rasul sangat amanah, jujur, profesional namun gigih dan memiliki wirausaha yang tinggi dalam menjalankan kegiatan usahanya," kata Gita, Selasa (14/1) malam.

Menurutnya, cara berdagang Rasulullah dapat diteladani dengan beberapa cara. Misalnya, dengan tertib mutu dalam memenuhi standar yang disyarakatkan.

Sering kali, kata dia, pedagang itu menjual buah-buahan, mainan, sepeda, hingga ponsel yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen. "Di sini pedagang harus bertanggungjawab untuk menjual buah, barang dan jasa yang dapat sesuai dengan harapan masyarakat luas," paparnya.

Ia juga menyitir surat Al A'raf ayat 85 untuk meminta pedagang melakukan tertib ukur dan timbangan. "Ini penting sekali untuk menyempurnakan takaran dan timbangan. Dalam Islam, hal ini sudah diatur," kata peserta konvensi capres Partai Demokrat tersebut.

Secara etika bisnis, ia meminta para pedagang untuk dapat membangun kepercayaan dan kelanggengan usahanya. Caranya dengan mengikuti aturan yang tidak menipu antarpedagang mau pun konsumen.

"Tertib usaha ini di antaranya tidak menahan atau menimbun ketika terjadi kelangkaan barang dengan tujuan untuk mencari keuntungan. Ini rekayasa pedagang dengan cara yang tidak terpuji."

Sementara itu, ujarnya, konsumen juga memiliki tanggung jawab sosial untuk mencintai produk dalam negeri. Karenanya, ia pun mengajak konsumen agar mencintai produk lokal dan membeli semua produk dalam negeri.

Dengan begitu, secara langsung akan mendukung perekonomian produsen lokal. "Dengan konsumsi dan terus memproduksi produk di dalam negeri maka kita bisa menaikkan dan meningkatkan daya saing nasional."

Ia bahkan yakin dalam 20 tahun ke depan, ekonomi Indonesia akan mampu menembus tujuh besar dunia. "Untuk itu mari selalu kita mencintai dan mendukung produk lokal," ujarnya.


SUMBER
0
3.4K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan