78110059Avatar border
TS
78110059
LIBURAN HEMAT DENGAN KAPAL PESIAR
Hai agan dan aganwati, ane hanya mau bagi pengalaman liburan hemat ane & keluarga dengan kapal pesiar. Ane bisa bilang hemat karena ane sudah 3x naik kapal pesiar, mulai dari
Spoiler for Star Virgo:
Spoiler for Legend Of The Seas:
dan
Spoiler for Mariner Of The Seas:


Rute perjalanannya sangat banyak, mulai dari Eropa, Amerika, Australia, Asia, Asean bahkan ada yang ke Alaska. Untuk lebih jelasnya ane kasih webnya nih. Karena ane masih kuliah dan bisnis orang tua belum bisa ditinggal lama-lama, kita pilih rute asean aja yang deket dan pendek, yaitu Singapura – Kuala Lumpur (Port Klang) – Penang – Phuket – Cruising) – Singapura, hanya 6 hari 5 malem, dari tanggal 23 Desember 2013 – 28 Desember 2013. Nama kapalnya Mariner Of The Seas, kapal terbesar yang pernah ane dan keluarga ane naikkin. Tingginya aja ada 14 deck (lantai). Waktu ane pegi sih tamunya ada 3.800an orang, ditambah kru kapal ada 1.200an orang.

6 Hari di kapal? Apa ga bosen? Ane yakin agan & agan wati ga bakalan bosen. Pertama, kapal ini punya banyak fasilitas, mulai dari :
Spoiler for basket:
Spoiler for panjat tebing:
tenis meja,
Spoiler for mini golf:
,
Spoiler for sepatu roda:
Spoiler for Ice Skatting:
Spoiler for kolam renang:
Spoiler for fitnes:
Spoiler for Yoga:
&
Spoiler for Jogging Track:
. Semua sarana olahraga ini gratis gan, agan boleh pake sepuasnya cumen untuk panjat tebing, ice skatting dan sepatu roda ada jam-jam tertentu yang ga boleh pake dan tergantung cuaca juga. Semua perlengkapan olahraga sudah ready, seperti bola basket, golf, tenis meja, stik golf sepatu roda sudah disediakan, tinggal main aja.

Ga hanya itu, ada bioskop yang muterin film-film bioskop kayak Iron Man 3, Skyfall, Arthur Christmass, dll. Savoy theater, yang menampilkan pertunjukan kayak balet, drama musical, konser musik, dan orchestra. Promenade walk, dimana agan & agan wati bisa belanja jam tangan, baju, minyak wangi, gelang, kalung, dan fovorit ane wine. Saran ane khususnya buat aganwati kalau mau belanja pas hari-hari terakhir aja karena bakalan ada discount gede-gedean deh + promo menarik emoticon-Matabelo

Masih ada lagi seperti bar, lounge, pub, dan
Spoiler for Kasino:
Buat aganwati yang mau relax juga ada spa, sauna, whirlpool, dan solarium. Anak-anak juga ada fasilitas sendiri. Mulai dari video arcade (hampir sama kayak Timezone), adventure ocean, tempat bermain anak yang didesain menurut kelompok umur. Balita di ruangan tersendiri, 6-9 tahun sendiri, dan remaja sendiri. Bagi agan & aganwati yang pengen tetep ngaskus juga bisa, disediakan warnet dan jaringan wifi cumen untuk yang ini harus bayar emoticon-Sorry

Selain bisa menikmati semua fasilitas tadi, agan & aganwati juga bakalan disuguhin berbagai acara menarik yang bisa dilihat di
Spoiler for Cruise Compass:
yaitu semacam jadwal acara 1 hari penuh yang berlaku di kapal ini. Mulai dari pertunjukan balet, tari-tarian, drama musikal, konser musik, film bioskop, pertunjukan di arena ice skatting, dll. Setiap hari acaranya beda-beda gan, jadi tenang aja. Saran ane agan & aganwati ikutin aja cruise compassnya, soalnya kalau kerjaannya cumen makan tidur doang ya rugi dong Semua fasilitas dan acara yang disediakan ini free gan, karena sudah include di harga tiket kapalnya.

Selain dari itu, waktu kapalnya bersandar di Port Klang & Penang (Malaysia) dan Phuket (Thailand) semua tamu boleh turun kok. Tapi mesti ati-ati nih. Pertama, kapalnya berenti ga lama-lama. Biasanya dari jam 8 pagi sampe jam 4 sore, jadi agan & aganwati kalo telat balik, bye-bye dh. Kedua, menyangkut passport agan & aganwati akan ditahan sama pihak manajemen kapal selama perjalanan ini, maka sebelum turun mereka biasanya akan kasih secarik kertas yang isinya kira-kira begini. “Saya tamu Royal Caribbean, nama kapalnya Marinner Of The Seas, kapalnya bersandar di pelabuhan Port Klang, tolong antarkan saya kesana” Tujuannya adalah agar kalau agan & aganwati nyasar ada yang bantuin. Oleh karena itu, kertasnya jangan dibuat kapal-kapalan yah….. . Kalau agan & aganwati pengen ikut tur, Royal Caribbean nyediain kok, tapi bayar lagi yah……

Untuk urusan perut, Ini yang ane paling demen. Makanan melimpah ganemoticon-Toast. Ada 2 restaurant yang gratis, yaitu
Spoiler for Windjammer café :
Spoiler for Windjammer Cafe:
dan
Spoiler for Top Hat And Tails Dining Room:
Windjammer makanannya sama seperti buffet dan all you can eat di hotel bintang 5. Buah segar, sayur, bubur, daging, kentang, nasi, roti, pudding, lengkap deh. Bahkan sewaktu-waktu disediakan makanan Indonesia, seperti sate ayam, gado-gado dan mi masakemoticon-Matabelo. Agan & aganwati ga bakal kelaperan karena Windjammer café jam bukanya santai alias panjang. Kalaupun mungkin tutup, cumen sebentar buat mereka persiapan makan siang & malem. Selama mereka tutup, bakal ada gerai hotdog dan ice cream gratis di deck 12. Kalo yang Top Hat And Tails itu masakan western gan, kayak lamb shank, escargot, antipasti dan banyak nama-nama makanan yang unik lainnya. Jam bukanya pun biasanya pas makan malem aja. Lagi-lagi ane saranin cobain aja makanannya karena gratisss….., uda include dan juga bisa makan berkali-kali. Agan & Aganwati makan pagi di Windjammer jam 8 sampai jam 9, keliling-keliling bentar, jam 10 mau masuk buat makan lagi silahkan. Agan mau ngabisin nasi 1 Rice Cooker (kalau kuat) silahkan. Ada juga beberapa restaurant dan coffee shop kayak Starbucks, Jhonny Rockets tapi mesti bayar. Kalau yang ini ane ga bisa komentar karena ane sendiri juga ga beli gan.

Mengenai cabin (kamar) tipenya banyak, mulai dari Interior (ga ada jendelanya), Ocean View (Pake jendela cumen ada pilihannya, yang bentuknya lingkaran atau kotak), Balcony (agan & aganwati punya balkon sendiri kayak di apartemen), & Suites. Masing-masing tipe kamar ini ada yang untuk 2 orang, ada juga yang 4 orang, tergantung agan & aganwati requestnya seperti apa. Untuk lebih jelasnya silahkan agan & aganwati cek webnya aja. Kalo saran ane pribadi ya agan & aganwati jangan pilih yang window, karena letaknya yang di tengah, kira-kira dari deck 3 sampai deck 7 dan viewnya terbatas karena ukuran jendelanya juga ga gede-gede amat dan agan pasti bakal naik ke deck 12 juga supaya bisa liat pemandangan. Mengenai kebutuhan kamar juga uda disediain seperti handuk, sabun, shampoo, shower cap, hair dryer, gelas, sikat gigi, pemanas air elektrik, brankas, keset, lap tangan, dll.

Mengenai keamanan kalau untuk rute asean sih ane yakin aman, karena di laut asean ga ada pembajak kayak di Somalia sono tuh emoticon-Takut. Terus ane juga belom pernah denger sih kapal pesiar Royal Caribbean yang dibajak atau tenggelem. Keamanannya juga terjamin sih gan, petugas keamanannya sih patrol kok tiap deck. Kalau masalah cuaca ya kapal-kapal pesiar begini sih sudah pasti dibuat dan diperlengkapi dengan peralatan super canggih untuk mengatasi badai dan gelombang tinggi. Kapten (Nahkoda) dan krunya juga sudah punya pengalaman banyak mengatasi badaiemoticon-thumbsup. Guncangannya juga tidak kencang seperti kapal Feri & roro, namun ane tetap menyarankan agan & aganwati membawa antimo untuk jaga-jaga. Selain itu juga disetiap kamar sudah disiapkan jaket pelampung / life jacket untuk masing-masing tamu.

Gan, bahasa inggris ane pas-pasan emoticon-Bingung, gimana dong? Sama ane sekeluarga juga pas-pasan kok emoticon-Ngakak. Memang bahasa utama di kapal ini adalah Inggris dan Mandarin, tapi tenang aja gan, banyak kru kapal yang asli orang Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S). Jadi begini, setiap kru kapal dari petugas keamanan sampai kapten itu punya name tag, yang isinya nama dia dan dia berasal dari negara mana. Agan & aganwati liat aja nametagnya, orang mana dia. FYI, kru kapal dari Indonesia di kapal Marinner Of The Seas waktu ane pegi ada sekitar 100 orang dan itu tersebar dimana-mana. Sebagai contoh, petugas housekeeping ane namanya Allen, asli Solo, asisten manajer restaurant Top Hat And Tails namanya I Kadek Yasa, asli Bali. Asisten manajer restaurant Windjammer Café namanya Abdul, asli Bandung. Kru-kru yang bukan orang Indonesia juga baik kok, mau ngobrol & ngerti omongan ane walaupun kadang ane pake body language. Sebagai contoh, ane mau minta tisu, tapi ane ngomongnya salah sehingga salah satu kru kapal ga ngerti-ngerti. Akhirnya ane belaga bersin aja deh, langsung dikasih tisu gan.

Gan, berapa harga tiketnya? Ini yang paling penting. Ane sekeluarga 4 orang kamarnya interior itu kena 35 juta. Harga ini tentu diluar tiket pesawat yah…… . Rata-rata orang Indonesia langsung kaget dan bilang kaga jadi deh gan, muahall amat. Kalo buat ane sh itu murrraaahhh banget. Pertama, ane keliling 3 negara, Singapura, Malaysia (Port Klang dan Penang), dan Thailand (Phuket) walaupun memang ga nginep di masing-masing negara, tapi ane ga perlu lagi bayar pesawat untuk pindah dari dari satu negara ke negara lain. Kedua, ane bebas makan apa aja di dalem kapal ini dan sebanyak apa pun dan terserah ane mau porsi kucing atau porsi kuli. Ketiga ane bisa gratis nikmatin fasilitas setara hotel bintang 5 bahkan bintang 6 kali. Ane mau main basket, futsal, golf, dll seharian juga boleh. Keempat, ane bisa nonton acara-acara pertunjukan yang bagus dan menarik setiap hari. Kelima, sudah mendapatkan semua itu, ane pun bisa tdiur di kamar yang enak, aman, mewah dan nyaman. Jadi, karena ane berempat berarti 35 juta dibagi empat ketemunya = Rp. 8.750.000,00/Orangemoticon-2 Jempol. Masih mau bilang mahal?

Kedepannya sih ane & keluarga bakalan naik kapal pesiar trus deh, dan bakal naik kapal pesiar yang lebih gede lagi

Demikian pengalaman liburan yang unik dari ane, semoga bisa menambah referensi emoticon-Traveller
liburan agan & aganwati. Selamat berlayar.





Diubah oleh 78110059 08-01-2014 04:46
0
42.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan