klikunicAvatar border
TS
klikunic
Tidak Sarapan dan Ngemil Sembarangan Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes
Jakarta - Diabetes bisa disebabkan oeh kebiasaan makan yang tidak sehat. Ada banyak kebiasaan dan pola makan yang dilakukan sebagai rutinitas. Akibatnya secara perlahan tubuh menyediakan peluang akan munculnya diabetes.

Diabetes merupakan ketidakmampuan tubuh untuk mempertahankan kadar gula darah. Beberapa kebiasaan makan yang direkomendasikan oleh Boldsky.com ini sebaiknya dihindari untuk mencegah diabetes.



1. Melewatkan sarapan


Melewatkan sarapan merupakan kesalahan yang dapat menimbulkan terjadinya diabetes karena saat kita lapar kadar gula darah tidak seimbang. Pada jam makan siang orang akan terpicu makan lebih banyak makanan yang mengandung gula.



2. Konsumsi makanan dengan GI yang tinggi


Mengonsumsi makanan tinggi Glycemic Index seperti roti putih, pasta, pizza, dan minuman berkarbonasi dapat meningkatkan risiko diabetes. Karena makanan tersebut mengandung gula dan rendah serat, sehingga cepat dicerna dan menimbulkan rasa lapar lebih cepat.



3. Mengonsumsi lemak tidak sehat


Tidak semua lemak buruk, lemak baik seperti lemak tak jenuh ada di dalam minyak zaitun dan ikan. Namun, mengonsumsi makanan yang digoreng, makanan cepat saji, makanan olahan yang dikemas memiliki banyak lemak trans dan tinggi lemak jenuh.



4. Ngemil yang tidak sehat


Biasanya penderita diabetes sering mengalami rasa lapar. Pilihlah camilan yang sehat dan tinggi serat seperti buah-buahan. Jangan mengonsumsi camilan yang mengandung gula dan minyak seperti goreng-gorengan, kue, dan lain-lain.



5. Minuman manis dan bersoda


Minuman soda berkafein yang biasa dikonsumsi bersama dengan makanan ringan adalah kebiasaan yang sangat tidak sehat. Ha ini menyebabkan kelebihan kalori dan risiko kesehatan yang serius seperti obesitas dan diabetes.



6. Mengabaikan buah-buahan dan sayuran


Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi dan serat yang membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula darah dan melancarkan sistem pencernaan. Jika tidak mengonsumsi sayur dan buah maka kadar gula darahpun biasanya tidak stabil.



7. Terlalu banyak makan


Jika Anda termasuk orang yang sibuk dan cenderung stres maka akan mudah menyebabkan terpicu makan lebih banyak dari biasanya. Hal ini akan menyebabkan peningkatan berat badan yang tidak menentu serta obesitas karena produksi kadar gula darah di dalam tubuh tidak normal.



8. Dessert setelah makan


Makan ice cream, puding atau permen setelah makan malam merupakan kebiasaan yang salah. Hal ini akan menyebabkan gula darah tidak seimbang karena konsumsi gula yang berlebih. Setelah makan malam sebaiknya konsumsi buah-buahan seperti apel sebagai dessert.
Diubah oleh klikunic 16-12-2013 06:04
0
1.4K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan