TBJamaluddinAvatar border
TS
TBJamaluddin
### QI GONG WEI-DAN ( Latihan & Manfaat ) ###
(Content Updated 05-07-2012)

Quote:

### Apa & Bagaimana Wei-Dan Qi-Gong
Latihan Qi-Gong, merupakan salah satu terapi kesehatan China tradisional yang efektif,murah dan banyak di minati saat ini. Latihan ini meliputi latihan manipulasi tubuh, melatih napas dan pelatihan pikiran relaksasi untuk membangun kesehatan dari dalam. Latihan ini menekankan pengaktifan qi (chi) agar lancar dan ber semangat untuk memulihkan kesehatan. Awalnya olah raga ini terinspirasi dari qi, yang di yakini sebagai alat Tuhan dalam tubuh manusia yang terus menerus bergerak dalam tubuh manusia untuk memberi kehidupan dan mendorong semua aktifitas hidup manusia. Dalam kitab kuno TCM di katakan ”jika qi bergerak, cairan tubuh bergerak, jika qi terhambat, cairan tubuh berhenti, jika qi bekerja, darah mengalir, jika qi lemah darah pun mati.”


Secara singkat qi bekerja sebagai pendorong, penggerak, pengikat kehidupan, pemberi nutrisi tubuh,penghangat seluruh tubuh dan organ, pertahanan tubuh dari penyakit dan kondisi lingkungan. Dengan adanya qi dinamika dan pergerakan hidup dapat berjalan. Dengan faktor inilah qi di anggap sebagai sumber kehidupan yang tak tergantikan. Dalam kitab Nanjing dikatakan ”Qi dinamis melahirkan segala sesuatu, qi bergerak untuk menjaga kehidupan.” Untuk mengaktifkan aliran qi tubuh dan membangkitkan kesehatan, telah di susun ribuan tahun lalu oleh para tabib kuno dalam berbagai metode, di antaranya dengan minum obat herbal, pijat, akupuntur dan terapi olah raga qigong.

Salah satu qigong kesehatan yang terkenal untuk kesehatan adalah qigong aliran wei-dan qigong. Sangat efektif, mudah, murah dan praktis untuk pasien sibuk dan tak banyak waktu. Hanya dengan 5-10 menit anda melakukan olah raga ini, bararti anda telah berinfestasi untuk kesehatan anda. Insya Allah Anda akan merasakan rileksasi kilat, penuh semangat dan berenergi sepanjang hari. Bila anda sakit, jadikan terapi ini untuk membantu pemulihan kesehatan Anda. Hanya dengan dengan 8 gerakan sederhana, Insya Allah Anda akan lebih sehat, semangat dan energik melewati aktifitas sehari-hari.
Quote:

Latihan ini berisi 8 paket gerak dinamis yang lengkap, memperbaiki sirkulasi energi 12 meridian dan 12 organ tubuh manusia. Yaitu hati-kandung empedu, jantung-usus kecil, limpa-lambung, paru-usus besar, ginjal-kandung kemih dan pericardium-sanciao (triple burner).

Gerak olah raga ini di kenal nama-nama puitis :

1. Gerak membuka kunci semesta(aktifkan saraf,melancarkan darah ke otak);

2. Gerak membuka pintu langit(Aktifakan organ jantung,paru,dan saraf otak);

3. Langit dan bumi menyatu padu(super energi menyalurkan qi ke seluruh 12 organ dan 12 meridian);

4. Panah suci dua kutub(melatih organ jantung dan kesehatan otot anggota gerak);

5.Orang suci berayun menyatukan semesta(menyehatkan lever,ginjal dan otot gerak);

6. Meriam api(latihan ketahanan kaki,ketahanan tubuh,latihan penyaluran qi);

7. Menghimpun energi bumi(ginjal,perut,paha);

8. Kembali ke asal kehidupan(penyatuan energi).

Akhirnya kami hanya dapat berdo’a semoga Anda mendapat anugrah sehat sejahtera dari Allah SWT yang Maha Kuasa yang telah menciptakan qi sebagai bagian penting dalam kehidupan manusia. Selamat dan sejahtera selalu. Terima kasih kami untuk Guru Ruru yang kami hormati

Quote:


### Falsafah Wei-Dan Qi Gong ( Klik LInk Ini Untuk Melihat Ulasannya !!!! )
### Qi gong wei-dan dan sisi spiritualnya

Kami menukil salah satu ajaran Guru-Guru kami yang menyatakan, ”Gerak melahirkan diam dan diam melahirkan gerak. ” Wei-Dan qi-gong dimaksudkan sebagai bentuk luar dari latihan qi untuk memperkuat weiqi (pertahanan luar). Ini di butuhkan untuk latihan selanjutnya, karena pertahanan luar yang baik akan melahirkan ying qi (kekuatan dalam tubuh), kedua kekuatan ini akan di latih terus menerus untuk di satukan dan di harmonikan untuk pencapaian spiritualitas.

Gerak melahirkan diam, luar melahirkan dalam, ini inti dari ajaran weidan. Bila tubuh telah siap dengan penuh energi dan semangat, saat inilah waktu yang tepat untuk melanjutkan diam melahirkan gerak.Latihan kedua inilah yang lebih bersifat bathin (spiritualitas).

Dalam tradisi jawa dikenal dengan ”jurus tarian rerangin” Bentuk latihan ini lebih melatih rasa, kepekaan dan sisi pasif dari weidan. Guru kami menyatakan dengan ”jurus gerak rasa / jurus manifestasi diri”. Di katakan sebagai diam melahirkan gerak, karena latihan ini tidak melakukan gerakan sama sekali, tapi bathin yang berlatih. Bila Anda berbakat dan berlatih sungguh-sungguh, pada saatnya Anda akan merasakan tubuh kita seluas semesta, bahkan tubuh ini adalah semesta.

Dalam seni akupuntur dikenal “qi melahirkan xue, xue menghidupi qi”. Keseimbangan kekuatan luar dan ketenangan di dalam bila telah menyatu, maka akan lahirlah shen. Yang kita kenal dengan kekuatan supranatural. Ada yang mengatakan melahirkan bayi kultivasi. Dalam tradisi jawa di sebut ketemu dengan saduluran...... Wah panjang banget nih ceritanya. Lebih enaknya alami sendiri dan gali jangan lupa untuk konsultasi yang benar.

### Teknik melatih sisi bathin Wei-Dan.

Duduklah dengan tenang, rileks dan hati bahagia. Tubuh tegak tapi santai tanpa paksaan. Bila Anda telah menemukan posisi paling menyenangkan dan benar, mulailah latihan.

Mulailah dengan do’a. Pejamkan mata perlahan, pindahkan perhatian dan penglihatan ke dalam bathin dan rasa. Dengan penuh perasaan mulailah telusuri sekujur tubuh dengan rasa bahagia atas karunia Tuhan pada diri kita. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Ingat !!! Lakukan dengan perlahan Penuh perasaan.

Affirmasikan dalam bathin agar seluruh jengkal tubuh kita, di berkahi dan di bersihkan dengan cahaya Tuhan. Perlahan namun pasti Anda akan merasakan rileks yang membahagiakan. Mohonlah ampun atas segala kesalahan. Diamlah dalam kondisi ini dalam beberapa saat, nikmati dan syukuri. Bila di lakukan dengan benar, Anda akan masuk ke dalam ketenangan bathin Anda. Saat inilah Anda memulai latihan sesungguhnya.

Bayangkan (visualkan) Anda melakukan latihan Wei-Dan satu persatu, namun tanpa bergerak. Bergeraklah dengan bathin Anda. Rasakan tubuh Anda sedemikaian besarnya, bahkan bayangkan saat melakukan jurus gerak Anda dapat mencapi ujung bumi. Dengan Visualisasi ini, membantu ketajaman rasa anda dan membangkitkan kekuatan supranatural dengan cepat.

Dengan latihan ini Anda dengan mudah anda membuka jalur 360 meridian dalam tubuh. Menyatukan langit besar dan langit kecil. Ini merupakan terobosan latihan energi yang cepat dan bermanfaat. Galilah kedalamnnya. Dengan mengalami sendiri Anda akan begitu menghargainya.

Akhiri dengan duduk kontemplasi dalam ketenangan, tanpa melakukan apapun. Rasakan aliran energi yang menyenangkan mengalir harmoni dalam tubuh Anda tanpa henti. Ucapkan syukur dan akhiri.

Agar penyelarasan lebih maksimal dan aman, Anda bisa share permasalahan ini dengan kami, sungguh kehormatan bagi kami Anda berkenan berbagi cerita dan pengalaman dengan kami.

Salam Sataretanan
Diubah oleh TBJamaluddin 30-12-2012 13:37
0
12.5K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan