jemmyrusdyAvatar border
TS
jemmyrusdy
Jokowi: Banjir Bukan Cuma Tanggung Jawab Pemprov
Jokowi: Banjir Bukan Cuma Tanggung Jawab Pemprov
metropolitan - Senin, 13 Januari 2014 | 12:20 WIB

inilah..com, Jakarta - Banjir kembali melanda wilayah Ibukota. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan jika masalah tersebut, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Penanganan banjir ini bukan hanya dilakukan oleh Pemprov DKI saja tapi juga tanggung jawab pemerintah pusat. Sungai kecil, 884 saluran penghubung itu ada di DKI," tegas pria yang akrab disapa Jokowi itu usai melantik Walikota Jakarta Utara, Senin (13/1/2013).

Jokowi melanjutkan, untuk membebaskan wilayah Jakarta dari masalah banjir, bukan perkara yang mudah. Ia mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan pengerukan waduk dan sungai, namun memang semuanya belum selesai.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan dibutuhkan peran masyarakat yang dalam mengantisipasi banjir. Ia meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga saluran air yang ada di wilayahnya.

"Ini kan juga kiriman dari daerah atas. Masyarakat juga agar tidak buang sampah di got, sungai, dan dan tidak menduduki tanah-tanah di bantaran sungai. Wilayah yang di atas juga agar tidak menebang pohon-pohon," katanya.

Mantan Walikota Solo itu juga mengapresiasi penertiban villa liar oleh Pemda Bogor di kawasan Puncak. Sebab hal tersebut bisa menambah ruang hijau dan daerah resapan air.

"Problem ini memang kompleks, tapi sekali lagi saya yakin ini bisa ditangani. Masalahnya jelas, tapi perlu waktu. Jangan hanya minta sebulan atau setahun rampung, ini perlu waktu," tandasnya.[bay]
SUMBER BANJIR

Spoiler for koment:
0
2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan