Kaskus

Entertainment

ahli.otomotifAvatar border
TS
ahli.otomotif
Penting! Empat Teknik Dasar Mengendarai Motor Dari Jepang
Penting! Empat Teknik Dasar Mengendarai Motor Dari Jepang


Agan-agan sekalian pasti setuju kan kalau Safety Riding dalam berkendara adalah sebuah bagian penting untuk keselamatan semua pengguna jalan raya. PT Astra Honda Motor (AHM) dalam acara kompetisi Safety Riding Hondatingkat Asia di Jepang, tepatnya di Suzuka Circuit mengajak para biker untuk selalu safety riding dengan empat teknik berkendara motor yang benar. Mau tahu?

Teknik berkendara motor terbagi dalam 3 teknik dasar dan 1 teknik pengereman , yaitu braking, narrow plank dan slalom course. Apa dan bagaimana tekniknya?

Penting! Empat Teknik Dasar Mengendarai Motor Dari Jepang

Braking
saat mraking atau teknik pengereman, cara melambatkan dan menghentikan laju motor. Saat mengerem kita harus pakai kedua rem, porsi rem depan lebih besar dari rem belakang. Roda tidak boleh sampai mengunci, motor tetap stabil dan setelah berhenti wajib kaki kiri dulu yang turun.

Jika mengerem dengan teknik di atas, dijamin tidak akan terpelanting dan jarak pengereman bisa pendek. Kenapa kaki kiri turun duluan? “Memastikan rem belakang tetap terkontrol hingga berhenti. Karena lalu lintas kita jalan di kiri, kalau kaki kanan turun dikhawatirkan ada kendaraan lain, jadi lebih aman.

Penting! Empat Teknik Dasar Mengendarai Motor Dari Jepang

Narrow Plank
Ini merupakan ujian keseimbangan, narrow plank atau meniti jalur sempit dengan cara sepelan mungkin. Ibaratnya kita jalan di jembatan sempit, atau jalan pelan di kemacetan.

Pakai gigi 1 lalu mainkan gas dan kopling secara halus untuk keseimbangan, rem pakai belakang untuk control

Mata harus lurus ke depan melihat jalan, pundak harus rileks, siku sedikit menekuk untuk menjaga keseimbangan, badan enggak boleh keluar dengan pinggul pas di jok jangan terlalu ke depan atau belakang, lutut wajib menjepit tangki, terakhir kaki lurus stand by di rem dan persneling.

Penting! Empat Teknik Dasar Mengendarai Motor Dari Jepang

Slalom Course
Slalom course adalah gabungan semua teknik dalam kompetisi. Makanya banyak teknik yang dipakai. Pertama adalah prosedur start, sama dengan kalau kita mau mulai jalan. Wajib menengok ke belakang untuk memastikan kondisi belakang, lalu jalan dari gigi 1 dan kaki kiri di bawah.

Penting! Empat Teknik Dasar Mengendarai Motor Dari Jepang

Kedua adalah teknik menikung, hal pertama yang wajib diperhatikan posisi tubuh harus lean with dengan motor, atau seirama. Tidak boleh seperti MotoGP atau motocross. Berikutnya adalah cara buka tutup gas harus lembut, terakhir jalur harus sesuai dengan jenis motor yang dipakai. Motor besar ambil tikungan harus lebih lebar. Sebelum masuk tikungan wajib ambil jalur agak lebar untuk melihat kondisi lalu lintas, setelah tikungan langsung merapat.

Ketiga adalah pengereman, teknik seperti yang dibahas di atas namun dalam slalom course ada tambahan wajib memperhatikan titip pengereman. Jangan lupa mengerem harus pakai 4 jari.

Keempat adalah teknik berhenti. Kaki kiri harus yang pertama turun, dan tentu roda sebaiknya tidakh locking saat mengerem.

Sumber : HondaCommunity.net


Minta cendol nya Agan agan sekalian emoticon-Smilie

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
2.3K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan