MarisolCammyAvatar border
TS
MarisolCammy
Agan tahu nggak cara main Minesweeper???
Mungkin udah pada mahir kali ya atau mungkin ada yang belum tahu gimana cara main Minesweeper? Biasanya kan agan-agan kaga suka kan main game beginian. Yang dimainin paling dota, line jelly, zombie, de el el emoticon-Matabelo
Padahal game ini menurut ane seru dan pakai logika loh.
Ane mau share aja cara mainnya.

Minesweeper sendiri artinya adalah Kapal Penyapu Ranjau/Bom. Gamenya sendiri bawaan kalu kita install Microsoft gan. Nah disini agan disediakan kotak yang tertutup dengan 3 variasi level dan agan diminta untuk membuka kotak mana saja yang tidak ada ranjaunya. Kalau kena bom game over kalau nggak kena sampai kotak terakhir berarti menang. Game nya gampang-gampang susah.

Lihat di bawah deh gan. Ini contoh yang level intermediate. Angka 40 di kiri itu artinya jumlah ranjau yang ada di semua kotak di bawah ini. Nah ini adalah ranjau yang harus agan cari. Kalau agan udah nemu dan nandai ranjaunya, nanti jumlah ranjau akan berkurang dari 40 ke 39 ke 38 dst. Timer di sebelah kanan untuk mengatur waktu berapa lama agan menyelasikan game ini

Spoiler for Minesweeper:


1. Klik mana saja yang agan suka. Tampilannya kaya gini Gan (Contoh)

Spoiler for Klik Pertama:


2. Perhatikan gan angka-angkanya yang muncul. Angka itu menunjukkan jumlah ranjau untuk delapan kotak yang mengelilingi angka itu. Jadi total kotak ada 9 (termasuk kotak yang ada angka itu sendiri ya gan). Jika dalam satu kotak ada angka paling tengah menunjukkan 1 maka jumlah ranjau dalam 9 kotak itu ada 1, jika ada angka paling tengah 2 maka jumlah ranjau dalam 9 kotak ada 2, dan seterusnya.
Nah yang saya tandain merah itu yang akan kita solve pertama kali.

Spoiler for Rule Kotak tengah:


Ini kotak dengan contoh angka tengah 1 dalam 9 kotak. Artinya dalam 9 kotak tsb pasti ada 1 ranjau. Nah Karena 8 kotak sudah di clear/di klik dan tinggal 1 kotak, artinya apa gan? Artinya tidak ada tempat lain buat si 1 ranjau ini untuk bersembunyi di dalam area 9 kotak itu selain di 1 kotak yang belum di buka. Jadi kotak 1 yang belum dibuka itu pastilah bom. Kalau udah tahu itu bom, Tandai bom dengan cara klik Kanan.

Kaya gini jadinya,

Spoiler for Ranjau:


3. Teruskan bermain dengan rule yang sama. Nih ane kasih contoh lagi ya gan. Ada yang tahu yang tanda panah merah bom atau bukan? Dan tanda penah biru bom atau bukan?

Spoiler for Ranjau:


Jawabannya gampang gan, yang merah bukan bom yang biru bom. Kenapa? Karena yang biru masuk dalam 9 kotak yang hanya punya 1 bom. Nah dimana lagi tempat selain disitu, Klik Kanan gan.
Terus kenapa yang merah bukan bom. Kan udah ada bom di bawahnya gan, dan dalam satu kotak itu cuma ada 1 bom kan (Lihat sampingnya ada angka 1) jadi ya nggak mungkin kan ada bom lagi. Jadi tinggal klik aja yang panah merah. Aman.

4. Kalau agan bingung hitung saja per 9 kotak, ini khusus untuk semua area kecuali 1 line paling pinggir ya. Jadi ada 4 sisi paling pinggir yang pakai rule berbeda. Dan semua angka yang ada disana itu ngelink gan antara per 9 kotak satu dengan per 9 kotak yang lain.

Perhatikan gan kotak biru, angka tengah menunjukkan 2 dan tanda bom sudah saya tandai, artinya 2 bom yang harus ditemukan sudah tuntas.
Gimana yang merah? Perhatikan angka paling tengah, ada angka 2 kan gan? nah berarti ada 2 ranjau dalam 9 kotak (Kotak merah). Eh eh ternyata sudah ada 2 ranjau hasil dari saat kita mengerjakan area dalam kotak biru. Jadi 2 ranjau sudah ditemukan. Tapi masih ada 1 kotak belum dibuka kan gan, klik aja dijamin nggak dor, aman karena 2 ranjau sudah ditemukan. Kalau ranjau sudah ditemuka semua, kotak yang belum di buka/klik sudah pasti bukan bom.
Intinya tugas agan menemukan jumlah bom sesuai dengan angka yang paling tengah. OK gan? emoticon-Kiss

Spoiler for Link:


5. Tips terakhir gan, Inget kalau di area tengah, kotak yang dihitung per 9 kotak, kalau yang dipinggir lain gan. Dihitung per 6 kotak ya. Kaya gini nih gan. Jadi dalam 6 kotak itu (seperti contoh) angka tengahnya adalah angka 1, artinya dalam 6 kotak ada 1 bom (udah ane tandain dimana ranjaunya). dst dst

Spoiler for Rule Pinggir:


6. Udah ngerti kan gan? Gampang kan. Monggo dicoba. Ingat ya gan angka-angka disana itu nggak sembarang angka loh, semuanya ngelink. OK.

Saran ane: Nyalakan efek sound yang kencang agar deg-deg an. emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

makasih buat nyang sudah komen positif

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


makasih buat nyang kasih tips gan
Quote:

Quote:


emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
Diubah oleh MarisolCammy 10-01-2014 14:55
0
23.2K
424
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan