Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rafa2208Avatar border
TS
rafa2208
Ini 6 Penggunaan Lampu Kendaraan yang Salah Kaprah
Ini 6 Penggunaan Lampu Kendaraan yang Salah Kaprah

Siapa yang tidak setuju lampu kendaraan merupakan instrumen yang paling penting peranannya. Meskipun kendaraan tetap bisa berjalan ketika semua lampu-lampunya mati, tetapi hal itu akan sangat berbahaya.

Bahkan disadari atau tidak lampu kerap berfungsi sebagai alat komunikasi bagi pengendara dengan pengguna jalan raya lainnya. Seperti Lampu utama, lampu dim, lampu sein, lampu hazard dan lampu rem ibarat kata-kata yang diucapkan kendaraan satu kepada kendaraan lainnya.

Sama seperti sabuk keselamatan dan rem kendaraan, lampu juga merupakan salah satu alat keselamatan bagi pengendara dan penumpang kendaraan. Namun tidak sedikit pengendara salah mengartikan peran lampu dijalan.

Selain itu banyak dari pengendara yang juga tidak menyadari dengan modifikasi lampu kendaaraan, memiliki potensi mendatangkan bahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan raya lainnya.

Dan berikut ini 6 penggunaan lampu kendaraan yang salah kaprah dan perlu diperbaiki

Ini 6 Penggunaan Lampu Kendaraan yang Salah Kaprah
1.Penggunaan Lampu Utama

Lampu utama (head lamp) pada kendaraan merupakan perangkat pemberi pencahayaan yang utama bagi kendaraan di malam hari.

Berdasarkan PP No. 44 Tahun 1993 pasal 30 dan 31 (diringkas): lampu utama dekat dan jauh berwarna putih atau kuning muda.

Namun saat ini banyak pemilik kendaraan yang memodifikasi lampu utama dengan lampu utama warna putih, biru dan kuning tua yang sangat menyilaukan. Bagi pengendara mobil tersebut, modifikasi lampu ini akan sangat membantu memberikan tambahan penerangan di malam hari.

Namun akan sangat mengganggu dan dapat membahayakan bagi pengendara kendaraan dari arah berlawanan karena sangat menyilaukan.

Hendaknya gunakan lampu utama kendaraan standar dari pabrikan. Jika hendak melakukan modifikasi, biasanya banyak yang beralih ke HID (High Intensity Discharge) atau yang lebih dikenal dengan lampu Xenon yang mampu menghasilkan cahaya lebih terang, dengan konsumsi daya yang lebih rendah (35 watt).

Pilihan yang paling tepat dalam menggunakan lampu HID adalah yang 4.300 Kelvin (K) yang menjadi standart kebanyakan pabrikan. Batas toleransi penggunaan lampu HID adalah 5.000 s/d 5.300 K, dimana cahaya yang dikeluarkan masih putih kekuning-kuningan. Di atas itu, cahaya lampu HID terlihat putih kebiru-biruan yang sangat menyilaukan.

Ini 6 Penggunaan Lampu Kendaraan yang Salah Kaprah
2.Penggunaan Lampu Dim

Lampu dim atau mengedipkan lampu jauh, digunakan untuk memberi tanda sesama pengemudi yang saling kenal, untuk meminta jalan, sebagai isyarat ketika mau belok, pada saat cuaca buruk, digunakan untuk memperjelas orang atau hewan yang akan menyeberang jalan di tempat gelap, dsb.

Jangan menggunakan lampu dim secara berlebihan dan sembarangan. Misalkan ketika jalan tol padat dan terjadi konvoi panjang. Ketika pengemudi berkali-kali menyalakan lampu dim, pasti membuat jengkel pengemudi di depannya. Ibarat seperti laki-laki atau perempuan yang lebay, cerewet dan banyak cakap, seperti itulah mobil yang berlebihan menggunakan lampu dim.

Lampu dim digunakan sebagai sarana memberi informasi kita ke pengendara lain. Harap menggunakannya tidak berlebihan, sesuai kebutuhan saja. Jangan selalu digunakan jika kondisi jalan sedang padat merayap atau lancar dan aman-aman saja.

Ini 6 Penggunaan Lampu Kendaraan yang Salah Kaprah
3.Penggunaan Fog Lamp

Fog lamp sudah menjadi kelengkapan standar untuk berbagai jenis mobil, bahkan city car pun juga telah dilengkapi fog lamp sebagai fitur standar. Sesuai namanya, lampu ini mustinya digunakan sebagai penerangan tambahan ketika cuaca berkabut atau hujan deras. Tapi banyak pengemudi mobil salah kaprah menggunakannya. Fog lamp sudah dianggap sama fungsinya dengan lampu utama (head lamp). Ketika berkendara di malam hari, dalam situasi apapun, lampu utama dan fog lamp seperti satu paket yang harus dinyalakan.

Keluar komplek perumahan pergi ke mini market nyalakan fog lamp. Pulang kantor menuju mall di CBD yang sama pakai fog lamp. Berkendara macet-macetan di tol dalam kota yang terang-benderang pun nyalakan fog lamp. Yang lebih berlebihan, banyak yang mengganti lampu fog lamp dengan lampu HID menyilaukan dan menyalakannya sepanjang waktu.

Ini 6 Penggunaan Lampu Kendaraan yang Salah Kaprah
4. Penggunaan Lampu Hazard

Sesuai namanya “hazard”, lampu ini hanya digunakan dalam kondisi darurat atau bahaya. Misalkan saat kendaraan mengalami masalah ban bocor dan harus mengganti ban bocor di bahu jalan, kendaraan mogok ditengah jalan, dsb.

Sepertinya telah menjadi salah kaprah massal bahwa jika hujan deras turun, maka pengendara mobil wajib menyalakan lampu hazard. Sebenarnya cukup nyalakan lampu senja atau lampu kecil. Mestinya lampu utama (head lamp) pun sudah mencukupi di malam hari.

Jika harus mengemudi di perempatan jalan tanpa lampu lalulintas, tidak perlu menyalakan lampu hazard sebagai isyarat bahwa anda akan jalan lurus. Cukup memperlambat laju kendaraan, jika situasi aman, kemudikan kendaraan perlahan dan terkendali melewati perempatan tersebut.

Demikian pula saat memasuki terowongan (underpass), cukup nyalakan lampu senja atau lampu kecil, dan bukan lampu hazard.

Ini 6 Penggunaan Lampu Kendaraan yang Salah Kaprah
5. Penggunaan Lampu Rem

Terinspirasi dari adu balap Formula-1, akhir-akhir ini banyak sekali pemilik mobil yang menambahkan stop-lamp kedip berbentuk segitiga kecil sebagai tambahan lampu rem. Biasanya stop-lamp ini ditempatkan dibagian bawah bumper.

Mobil MPV dan SUV keluaran terbaru saat ini biasanya sudah terpasang high mount stop lamp sebagai kelengkapan standard. Lampu rem ketiga ini terpasang dibagian atas tengah kendaraan atau di bagian tengah spoiler belakang mobil. Jika kemudian ditambah lagi dengan 'stop lamp F1' kesannya terlalu ramai dan berlebihan. Bahkan tidak sedikit saat pengendara menyetir malam hari di belakang mobil yang terpasang lampu rem standard kanan-kiri, high mount stop lamp dan stop lamp F1 yang keempatnya dibuat berkedip-kedip ketika pedal rem diinjak.

Sehingga bukannya menambah faktor safety, tetapi justru mengganggu dan membahayakan karena membuat silau pengendara di belakang.

Ini 6 Penggunaan Lampu Kendaraan yang Salah Kaprah
6. Penggunaan Lampu Isyarat dan Sirene

Yang juga sedang menjadi trend saat ini adalah penggunaan lampu isyarat dan sirene berupa lampu strobo atau rotor. Bermula dari mobil polisi dan mobil pengawal VVIP, lalu diikuti oleh klub-klub otomotif hingga saat ini banyak motor dan mobil pribadi yang memasang lampu isyarat dan sirene ini.

Padahal telah diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No. 22 Tahun 2009 pasal 59 tentang penggunaan lampu isyarat dan/atau sirene pada kendaaran bermotor untuk kepentingan tertentu sebagai berikut:

a.Lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia;

b.Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah; dan

c.Lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan, dan angkutan barang khusus.

Yang paling sering ditemui dan sangat mengganggu adalah penggunaan lampu isyarat pada motor dan mobil pribadi. Dengan lampu isyarat warna biru tersebut, mereka mengemudikan kendaraan dengan sangat arogan dan mengintimidasi pengguna jalan lainnya. Mestinya penyalahgunaan semacam itu segera ditindak oleh PJR baik pada saat operasi maupun seketika ditemukan pelanggaran.


maaf ya gan brantakan malum nubi
kl ga berkenan jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya...kl berkenan di emoticon-Rate 5 Star boleh juga kl di lempar emoticon-Blue Guy Cendol (L) .
maa juga gambarnya ga di spoiler soalnya ga bisa,,hehehe
Diubah oleh rafa2208 09-01-2014 06:56
0
4K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan