Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mieminAvatar border
TS
miemin
Anas tebak SBY batalkan kenaikan elpiji dan Dahlan: gas elpiji 12kg akan turun besok
Anas tebak SBY akan batalkan kenaikan harga elpiji


Bukan Anas Urbaningrum jika tidak berkomentar soal isu dan masalah yang dihadapi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Melalui akun Twitter miliknya, Anas menebak SBY akan membatalkan kenaikan harga elpiji 12 kg, besok.

"Besok, kalau tidak ada halangan, Pak SBY akan umumkan pembatalan kenaikan harga elpiji. #jelangpemilu," tulis Anas dalam akun @anasurbaningrum, Sabtu (4/1).

Pria yang juga Ketua Presidium Nasional Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) ini menilai, pembatalan ini masih berjalan sebaris dengan pembatalan Perpres 105 dan 106 yang hanya beberapa saat berlaku.

"Jika kenaikan harga elpiji dibatalkan, menyusul batalnya Perpres 105 dan 106 Th 2013, sempurnalah "drama dua babak". #jelangpemilu," lanjutnya.

Dia menilai, drama dua babak tersebut merupakan strategi SBY dalam meraih simpati, yakni dengan memenuhi aspirasi rakyat. Dengan demikian, SBY bersama partainya kian mendapat tempat pada Pemilu 2014 mendatang.

"Di waktu normal, keputusan berguna ketika dilaksanakan. Di masa #jelangpemilu, bisa jadi keputusan itu berfaedah jika dibatalkan," pungkasnya.

Sebelumnya, rapat koordinasi (Rakor) membahas kenaikan harga elpiji non subsidi 12 Kg, digelar selama 3 jam di Istana Wakil Presiden, Sabtu (4/1). Wakil Presiden Boediono telah menyampaikan bahwa hasil rapatnya ke meja presiden.

"Kita menyimpulkan sesuatu laporan yang kita laporkan ke pak presiden apa yang dibahas. Dilaporkan besok, barangkali ada penjelasan dari pertemuan itu. Besok ada semacam pembahasan bapak Presiden dan menteri-menteri terkait dan Dirut," ujar Boediono saat konferensi pers di Istana Wapres, Jakarta.

Dahlan Iskan: Harga gas elpiji 12kg akan turun besok


Menteri BUMN Dahlan Iskan memberi sinyal harga gas elpiji 12 kilogram akan turun besok hari. Dalam waktu 1x24 jam, Pertamina akan konsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan(BPK) agar keputusan ini tidak merugikan Pertamina.

"Kita akan lakukan peninjauan dan kira kira begitu (ada penurunan harga)," ucap Dahlan ketika ditemui usai rapat terbatas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (5/1).

Meski demikian, Dahlan belum bisa memastikan berapa persen penurunan harga gas tersebut. Besaran penurunan harga akan ditentukan setelah konsultasi dengan BPK.

"persenan belum tau karena konsultasi dulu dengan BPK. Sekarang lagi dibuat janji dengan BPK agar Pertamina tidak rugi terus," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono meminta Pertamina meninjau kembali kenaikan harga elpiji 12 kg. Oleh sebab itu, besok menteri terkait bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Pertamina untuk mencari solusi tepat soal kenaikan harga elpiji itu.

"Agar solusi yang dilakukan Pertamina berkaitan dengan elpiji 12 kg itu sesuai hasil audit dan rekomendasi BPK. Saya harap konsultasi itu bisa dilakukan besok, Senin, 6 Januari 2014. Saya harap konsultasi rampung besok pagi," kata SBY dalam jumpa pers di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (5/1).

SBY menjelaskan, prinsip yang dipegang pemerintah dalam hal kebijakan kenaikan harga elpiji ini adalah Pertamina dan negara tidak terus menerus dirugikan, apalagi dalam jumlah besar, sebagaimana ditemukan BPK.

"Namun demikian, kata dia, mekanisme kenaikan harga tetap harus dipertimbangkan daya beli masyarakat. Juga harus ditempuh dalam tahapan yang tepat," ujar SBY mengimbuhkan.


Quote:


Spoiler for ember:
Diubah oleh miemin 06-01-2014 05:30
0
3.3K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan