Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mezzinaAvatar border
TS
mezzina
98 Kota Sehat di Indonesia, Kota Anda Masuk Daftar?

Liputan6.com, Jakarta : Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, memberikan penghargaan kepada 98 bupati/walikota yang berhasil mewujudkan kabupaten/ kota sehat.

Penghargaan ini disampaikan dalam penutupan acara Konferensi Nasional Promosi Kesehatan (Konas Promkes) ke-6 tahun 2013 di Hotel Merlynn Park, Jakarta Pusat, ditulis Health Liputan6.com, Jumat (15/11/2013).

Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Pattiselanno Robert Johan, MARS menuturkan, pemberian penghargaan sudah melewati kriteria tersendiri dari pemerintah pusat.

"Kriteria pertama adalah kebijakan. Dilihat bagaimana kebijakan pemerintah daerah itu sendiri untuk membangun masyarakatnya supaya memiliki kesadaran untuk hidup sehat," kata dr. Pattiselanno yang didampingi Nafsiah Mboi sesudah memberikan penghargaan kabupaten/kota sehat," kata dr Pattiselanno.

Selanjutnya, tambah dr Pattiselanno, pemerintah pusat juga melihat dari segi peraturan daerah serta infrastrukturnya. "Peraturan daerah ini berupa SK Bupati atau Peraturan Daerah yang sudah ditetapkan oleh DPRD," kata beliau menjelaskan.

Dan yang paling penting, penilaian ini dilihat dari aturan-aturan serta pedoman yang diterapkan oleh pemerintah daerah itu sendiri, supaya masyarakatnya benar-benar menjaga lingkungan yang membuat orang di dalamnya menjalani kehidupan yang sehat pula.

Dalam proses penilaian, Menkes Nafsiah Mboi menjelaskan pihaknya tidak mengontrol kabupaten atau kota itu, melainkan mengevaluasinya.

Nafsiah Mboi mengatakan bahwa tim dari Jakarta keliling ke beberapa daerah untuk melakukan evaluasi.

"Diusulkan dari daerah, kabupaten dan kota mana saja yang bagus serta memenuhi syarat-sayarat tadi. Lalu, tim dari Jakarta pergi ke daerah itu untuk mengavaluasi," kata Menkes Nafsiah Mboi.

Berikut 98 nama kabupaten atau kota yang berhasil memyabet gelar sebagai kabupaten/kota sehat.

Spoiler for 98 Kota Sehat di Indonesia:

sumber
Diubah oleh mezzina 16-11-2013 01:06
0
12.2K
243
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan