Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

funriseAvatar border
TS
funrise
( Setuju Ngak Gan ) Anggota DPRD: Larangan Bawa Mobil oleh Jokowi Banyak Manfaatnya


Jakarta - Kebijakan Gubernur DKI Jakarta (Jokowi) yang melarang PNS DKI membawa kendaraan pribadi maupun dinas saat berkantor di Jumat pertama setiap bulan, didukung oleh kalangan DPRD DKI. Kebijakan ini dinilai banyak manfaatnya.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Ashraf Ali mengatakan, kebijakan tersebut bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas di Jakarta, meski dilakukan sekali dalam sebulan. Selain itu, juga berdampak pada penghematan BBM.

"Ini kan kontribusinya bagus. Bisa ribuan kendaraan jadi berkurang di jalanan Jakarta. Akibatnya selain mengurangi kemacetan, juga menghemat BBM," ujar Ashraf saat berbincang dengan detikcom, Jumat (3/1/2014).

Ashraf bahkan mendorong agar kebijakan Jokowi ini bisa diikuti oleh pemerintah pusat. Sebab pemerintah pusat juga turut menyumbang tingginya jumlah kendaraan di Jakarta yang digunakan oleh PNS nya.

"PNS pemerintah pusat kan banyak sekali di Jakarta. Jadi seharusnya kebijakan ini bisa menjadi perhatian pemerintah pusat dan dapat diikuti," katanya.

"Kebijakan ini banyak manfaatnya, saya mendukung penuh," tambah Ashraf.

Mulai 3 Januari 2014, PNS Pemprov DKI Jakarta dilarang ke kantor menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Kebijakan tersebut akan berlaku setiap Jumat pekan pertama setiap bulannya.

Peraturan tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) DKI No. 150 tahun 2013, yang ditandatangani pada 30 Desember 2013 tentang penggunaan kendaraan umum bagi pejabat dan pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Mulai 3 Januari, mewajibkan kepada seluruh pejabat dan pegawai, agar dalam melaksanakan tugas ke tempat kerja menggunakan kendaraan umum dan dilarang menggunakan kendaraan bermotor pribadi baik beroda empat maupun dua. Juga kendaraan dinas operasional," ujar Jokowi dalam Ingub yang diterima detikcom, Rabu (1/1/213).

[URL="http://news.detik..com/read/2014/01/04/070433/2458120/10/?992204topnews"]Sumber[/URL]

Ane juga sependapat bahwa progam ini memang bagus untuk mengurangi macet dan bisa hemat subsidi BBM juga, bayangkan PNS DKI itu 80.000 orang kalau separuhnya saja gak bawa mobil atau motor kan lumayan tuh...

Progam ini adalah uji coba makanya dibikin sebulan sekali diawal bulan nanti jika sudah mulai terbiasa bakal tiap hari jumat setiap minggu..... emoticon-Kiss

Bonus gan,... emoticon-Kiss



Guru tak Bawa Kendaraan, Bensin Bisa Hemat 38.000 Liter

Bisnis.com, JAKARTA - Pro dan kontra instruksi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mewarnai hari pertama larangan pegawai Pemprov DKI Jakarta menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto sudah biasa gowes setiap Jumat bersama Kepala Bidang dari rumahnya Cibubur ke kantornya di Jl Gatot Soebroto Kuningan Jakarta Selatan.

Dia juga memerintahkan Kepala Sekolah dan Guru agar tidak membawa kendaraan bermotor ke sekolah tiap Jumat pertama. Jika semua guru ikut gowes setiap Jumat bisa menghemat bensin 38.000 liter dengan asumsi setiap guru menghabiskan satu liter bensin.

"Jumlah guru di Jakarta 38.000, kalau menghabiskan satu liter bensin sehari sudah bisa dihitung penghematannya," katanya saat menghadiri pengarahan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (3/1/2013).

Transportasi umum atau sepeda menjadi pilihan para aparat pendidikan, dan pengawasannya dilakukan oleh pribadi masing masing karena jajaran Dinas Pendidikan tidak sanggup mengawasi satu per satu para kepala sekolah dan guru.

Jika dibandingkan kendaraan pribadi, naik sepeda lebih cepat sampai kantor karena dalam keadaan biasa bisa ditempuh 50 menit. Jika dibandingkan naik mobil mencapai 1 jam 15 menit. "Naik sepeda lebih cepat dan sehat," ujarnya.


Sumber


Bagus kan kalau bisa setiap hari bisa irit BBM.... emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh funrise 05-01-2014 15:27
0
2.4K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan