crayonyesAvatar border
TS
crayonyes
[SHARE] Quick Review: Logitech VX Nano vs Razer Orochi ~Look & Feel~


Logitech VX Nano ........................Razer Orochi



Setelah akhirnya Razer Orochi available di Indonesia, saya ingin melakukan sedikit review perbandingan antara Logitech VX Nano dengan mouse baru dari Razer ini.
Terus terang saya bukan hardcore gamer, dan Orochi ini akan saya pakai utk pemakaian sehari2 (kerja, browsing, game kecil2an)..

Kenapa VX Nano dan Orochi? karena saya sangat suka dengan konsep "compact wireless" ... bebas dari kabel yg seliweran dan lebih nyaman dipakai (pendapat pribadi hehe)
VX Nano adalah mouse wireless pertama saya.. dan Orochi adalah mouse Razer pertama saya ..
terus terang stelah memakai mouse wireless,, saya ga akan ganti dengan mouse berkabel lagi wkwkwk
gmn perbandingan 2 mouse ini dari segi look and feel? warning: Lot of pics!!

Highlight features dari masing2 produk:

VX Nano
  • Plug & Forget
    dengan USB Nano receiver (menonjol kira2 6mm) idenya adalah colok dan lupakan (gak usah dicabut2)
  • take it with you
    design mouse yg slim gampang dibawa2, tinggal masukkan ke pouch, masukkan ke tas
  • scroll with it
    design Hyper-fast scrolling khas logitech membuat scroll menjadi hyper-fast!


Orochi
  • bluetooth 2.0 Connectivity
    konekfititas dengan bluetooth menjadikan pengalaman wireless murni tanpa receiver
  • dual mode: wired/wireless
    feature unggulannya orochi, bisa pakai kabel maupun wireless dengan bluetooth
  • razer precision 3G Laser sensor
    presisi laser 3G dari Razer yang ga perlu diragukan lagi


List feature diambil dari masing2 website, utk spek silakan mampir ke sana:
VX Nano: http://www.logitech.com/index.cfm/mi.../3271&cl=au,en
Orochi: http://www.razerzone.com/gaming-mice/razer-orochi/
Notes: VX Nano skrg telah digantikan oleh Anywhere Mouse MX

Jika dilihat dari penampilan, maka dapat terlihat ciri khas masing2 produsen,
Logitech dengan style "elegan dan bisnis"-nya, Razer dengan "wild dan cool"-nya .. style Razer di Orochi terlihat lebih "simple" dibanding dengan saudara2nya
(LED biru hanya terdapat di bagian scroll dan titik penunjuk batere, logo razer di body tidak menyala)



utk pengoperasian, VX nano menggunakan batere 2xAAA, Orochi menggunakan 2xAA, sehingga Orochi sdikit lebih berat dibanding vx nano
Spoiler for mouse & batteries:


pada gambar berikut terlihat perbedaan antara pemakaian usb nano receiver, dengan bluetooth, pemasangan dengan notebook Dell:
Spoiler for BW ngiler:


Untuk Scroll, VX Nano terasa lebih nyaman dan smooth dibandingkan Orochi. scroll pada orochi pun lebih berisik.. nilai plus pada orochi terdapat pada LED di scrolling yg "hanya" dapat dinyalakan melalui s/w driver yg bisa didownload dari website razer (defaultnya tidak nyala). Sedangkan utk VX Nano, tentu "hyper-fast" scrollnya menjadi nilai plus. Pada orochi tidak ada scroll kiri-kanan, dan untuk kedua mouse semua button dam scroll dapat dimodif kegunaannya dengan memakai s/w masing2.
Spoiler for LED di scroll:


Untuk click, saat pertama kali mencoba, Orochi terasa lebih keras walaupun tetap nyaman.. tentu hal ini juga karena microswitch di Orochi masih baru..
dan ternyata sama2 memakai microswitch Omron, entah tipenya sama atau tidak (bagian atas microswitch Orochi terlihat jelas begitu membuka bagian atas mouse/penutup kompartemen batere)

pengalaman pribadi saya dengan VX Nano, kurang dari setahun pemakaian klik kirinya bermasalah (single klik kadang menjadi double klik, dan kalau hold-drag bisa terlepas) .. lalu masuk service center logitech (suryachandra).. tp bbrp bulan stelah itu terjadi lagi (saya perbaiki sndiri dengan cara ini).. smoga tidak terjadi pada orochi.

Untuk Grip, karena besar kedua mouse hampir sama (mungkin Orochi lebih tinggi sdikit saja) jadi yg membandingkan adalah textur body .. sperti terlihat pada bagian bawah samping orochi terdapat penyangga jari dan button kiri-kanan pada mouse razer menyesuaikan dengan penempatan jari.
walaupun preferensi pribadi saya lebih nyaman meng-grip nano (karena terbiasa) tapi sptnya hanya butuh waktu sdikit utk terbiasa dengan grip orochi
Spoiler for grip masing2 mouse:


karena sifatnya mobile, maka kedua mouse dilengkapi dengan pouch..
utk bagian dalam pouch orochi terdapat sekat pemisah shingga dapat memasukkan kabel usb, tetapi ruang pouch menjadi sempit jika dimasuki oleh mouse dan kabel.. pouch logitech lebih elastis dan besar
Spoiler for perbedaan pouch:


dan ini yang paling saya suka dari Orochi, dengan dual modenya: wired dan wireless, mouse masih dapat digunakan jika batere sedang direcharge, tentunya dengan kabel USB orochi yg dapat dicopot-pasang ..

penggunaan dengan kabel USB tidak memerlukan batere.

Untuk sensitifitas, jelas razer pemenangnya,
vx nano hanya menggunakan laser 800dpi.. sedangkan laser 3G orochi jika dengan kabel: up to 4000dpi, jika mode bluetooth up to 2000dpi, dan dapat diganti on the fly dengan menggunakan tombol samping

Kedua mouse mempunyai fitur auto-sleep utk menghemat batere.. di Orochi 1 detik idle sudah masuk sleep-mode (terlihat dengan matinya LED pada scroll)
dan pengalaman pribadi, jika stelah > 2 detik sleep-mode dan mouse digerakkan, akan terasa se-persekian detik lag (cursor diam) ..walaupun jika sudah terbiasa tidak mengganggu, tapi jika baru pindah menggunakan vx nano ke orochi, akan terasa banget lag-nya.. smoga razer cepat mengeluarkan firmware update utk masalah ini.

Untuk garansi, logitech dapat 1 year service (dan parts) sedangkan utk razer 1 year 1-to-1 replacement.. msrp vx nano $69.99 dan orochi $79.99

Tentu utk wireless dan mobile-freak spt saya, kedua mouse ini sangat worthed dan enak untuk dipakai emoticon-thumbsup:





crayonyes
DIY Upgrade Notebook
Trit Undervolt kaskus : ademin processor panas


+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
0
9.1K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan