Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mimizyAvatar border
TS
mimizy
Nih gan cara ngelihat bakteri diair tanpa mikroskop
Ijin share aja gan yang ane tahu… mohon maaf sebelumnya kalau ada kesalahan atau acak adut threadnya. Masih premier yang pertama ini gan.
Ane mau share pengalaman pribadi ane gan.
Singkat cerita waktu SMP kita ada pelajaran IPA/Biologi gan, ini salah satu pelajaran favorit ane gan. Apalagi kalau ada praktek-praktek sangat menyenagkan. Yang paling ane inget bermain2 dengan Mikroskop, dengan alat ini kita bisa lihat sesuatu yang ngak bisa kita lihat seperti : bakteri, molekul sayuran/buat, zat-zat. Keren ngak gan hasilnya?? Yang paling ane suka lihat bawang merah gan dengan mikroskop. Keren banget beraturan cakep.

Tapi kali ini ane mau share air aja dulu ya gan, tanpa campuran apa pun. Ngelihatnya ngak usah pakek mikroskop gan. Cukup sediain ini aja ya gan LAMPU DOP KUNING, AIR dan yang pasti MATA. Jangan sampek agan-agan ngak ada mata tapi bisa ngaskus. Hehehehe
Ini hasil iseng kalau dikamar mandi gan, ngak sengaja juga. Langsung aja ya gan.

- Agan berdiri depan lampu dop yang menyala, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh gan.
Agan buat tetesan air dari jari agan atau agan sekalian mandi nanti bakal ada tetesan air dari rambut agan atau bulu mata.

- Kalau sudah bisa bikin tetesan air yang ngak mudah jatuh, agan pasti menemukan satu sisi air yang berkilau / bersinar.



Agan coba dekat kan mata agan dengan silauan air itu, fokus ya gan. Lebih enak lihat dengan satu mata, sebelah kanan atau kiri saja biar ngak pusing. Kalau agan berhasil, agan akan bisa ngelihat bakteri yang ada pada air sama kayak agan lihat dengan mikroskop.


Sedikit penjelasan dari ane gan
Tetesan air membentuk bidan cembung, dan sinar yang masuk kedalam bidang cembung seperti air yang jenih hasil nya akan memperbesar obyek tersebut. Dan kenapa harus lampu berwarna?? Sebenarnya bisa mengngunakan lampu berwarna putih, tapi hasilnya ngak sejelas lampu berwarna kuning. Banyak sebenernya gan kalau dijabarkan. hehehe

Copas dari google gan, fokus kalau bidang cembung


Sekian aja gan, ane Cuma mau share aja gan. Kalau agan berkenan share kesannya kalau udah bisa ngelihat penampakan itu gan.

Ane ngak minta apa-apa gan, apa lagi minta kasih saying. Hehehe
Tapi ane nerima abu-abu sama ijo-ijo gan.
Thanks gan udah nyimak. Bantu RATE ya..

sumber nya ngetik sendiri gan, gambarnya dari google sama gambar sendiri.
maaf kalau berantakan gan. Nembie mohon mangap

Quote:


Quote:


Mungkin ada agan yang tanya kayak pertanyaan diatas ane coba jawab ya ga, kalau salah mohon koreksinya.

sampai seberapa jauh mata kita bisa melihat suatu obyek? 5km? 10mil? lebih ya gan karna kita bisa melihat bintang-bintang dilangit, bulan dan matahari. karna obyek tersebut bercahaya dan memantulkan cahaya. nah bagaimana kalau obyek ini dekat?? dan air ini kan transparant gan alias tembus pandang, jadi silauan dari air tadi membawa pesan seperti theater siluet, orang2 yang kecil bayangan nya bisa terlihat menjadi besar. sistim kerja nya sama kayak proyektor, cahaya sebagai medianya. kalau proyektor itu seperti pantulan cahaya yang besar jadi kita ngelihatnya mudah. cukup itu dulu ya gan, mulai mual. hehehehehe
Diubah oleh mimizy 01-01-2014 11:42
0
15.3K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan