bafaddyanAvatar border
TS
bafaddyan
Mengapa Anak Muda Sekarang Perlu Paham Filosofi Wayang ?!

TO
MY THREAD


Assalamualaikum gan , ane mau ulas sedikit ni tentang pentingnya kita mempelajari sejarah , wait bukan masalah perang atau apa , cuma lebih ke tata krama kita sebagai bangsa indonesia yang dikelnal sebagai negara yang ramah , emang orang tua doang yang boleh ramah dan apa cuma orang di pedesaan sana yg dikenal ramah ? di perkotaan seperti jakarta misalnya , jarang sekali sesama pengguna kendaraan bermotor umumnya saling bersapa saat memberi jalan atau apalah , yang ada malah arogan yang timbul !

okey back to the topic , ane cuma mau kasih sedikit gambaran tentang kehidupan sosial anakmuda jaman sekarang , udah makin miris aja gan melenceng kemana mana , pokoknya ikutin budaya barat keliatan keren , cool , macho , elegant dll....
tapi coba balik lagi kita berkaca gan , apa iya kita harus ikutin terus terusan dicekokin budaya kayak gitu , nah sedikit gue mau kasih ulasan kenapa pentingnya anak muda jaman sekarang perlu mengenal filosofi wayang biar gak kebablasan saat bergaul dan sebagai bekal berkehidupan sosial . langsung aje gan !!


Agan pasti pernah pernah dong dengar kata “wayang”, ? yah setidak nya ada beberapa agan-agan yang pernah dengar dari orang tua kita, nonton pertunjukannya, atau bahkan ada yang udah pernah memainkannya. Widiih,, keren. Sejak dahulu kala wayang merupakan salah sah satu media hiburan yang paling efektif untuk menyebarkan ajaran moral dan kepribadian bangsa Indonesia yang kuat (Sebelum adanya bioskop/layar tancep )

Peninggalan kebudayaan bangsa yang satu ini, emang hampir punah, termasuk didaerah yang pertama kali mengembangkannya, Jawa. Sungguh ironis, mengingat wayang merupakan salah satu warisan keberagaman budaya Indonesia yang semestinya kita lestarikan dan menyimpan banyak filosofi misterius dan bermakna dalam.

Namun sayangnya, mungkin kebanyakan agan-agan(termasuk ane masih kurang gan ) enggan untuk tahu tentang the true meaningdari wayang ini. Atau malah merasa asing dengan kebudayaan bangsa sendiri. Padahal jika kita benar benar memahami filosofi dari pewayangan itu sendiri, kita akan menemukan pembelajaran yang super dari yang yang disiratkan dalam tokoh wayang.

Agan mungkin ga asing lagi yah dengan tokoh tokoh pewayangan semisal, Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Ternyata nama mereka menyimpan makna dalam nih. Nama nama mereka sendiri berasal dari bahasa sansekerta. Syimar (Semar), Khairan(gareng), Fatruki (petruk), dan Bagho (Bagong). Jika nama tersebut digabungkan, akan menjadi “Syimar khairan fatruki Bagho”. Yang jika dalam bahasa Indonesia berarti ; “sebarkan kebaikan, jauhi keburukan”. Pesan ini lah yang selalu ingin di sampaikan para dalang kepada penonton dalam setiap pertunjukan wayang. Dan hal ini benar benar terwujud dlam setiap ceritanya.

Ternyata jika kita kaji lebih dalam, wayang bukan hanya sekedar tontonan biasa, namun syarat akan filosofi filosofi dalam hidup dan kehidupan. Hmm,, coba bayangkan bagaimana semisalnya jika kebudayaan yang penuh nilai kenormaan ini punah di Generasi Muda ini. kita juga harus aktif dan sadar akan pentingnya wayang. Selain kita dapat melestarikan kebudayaan, kita juga akan tahu tentang norma dan nilai-nilaikehidupan, dan tentunya untuk memperbaiki diri menjadi kawula muda yang lebih menghargai bangsa.

Sedikit Mengenal Tokoh Tokoh Wayang


Quote:



Dalang-Dalang Ternama Di Indonesia


Quote:


Mungkin kurang lebihnya segitu gan , kalo secara luas malah gak menarik yang ada . Simpel , dikit , tapi insyAllah paham agan semua , ya ane juga kurang dan gak bener bener amat jadi anak muda ,cuma ane mau sekedar share aja sesama anak muda gak salah nginetin kalo kita nanti calon supir yg ngebawa bangsa ini mau di bawa kemana , nah kalo supir supirnya udah di cekokin hal dari luar dan sampe mabok , bisa di bawa pergi jati diri bangsa kita sama orang asing , dan di jual dah .

Dari goresan jemari tangan mengelitik di atas dapat di simpulkan bahwa budaya adalah jati diri bangsa Indonesia, karena di Indonesia banyak terdapat perbedaan suku, adat istiadat dan lain – lain, tetapi menjadi suatu yang sangat penting untuk di lestarikan, akan tetapi saat ini sudah mulai jarang sekali generasi muda yang mau ikut serta dalam melestarikan budaya daerah yang ada di Indonesia, oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus ikut serta dalam melestarikan budaya daerah yang ada di Indonesia agar tidak hilang karena masuknya budaya asing ke Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)

Ni gan pertunjukan wayang sinden nya bule , di waffer yak .


Quote:


Berhubung ane juga masih kurang mohon maaf bila banyak yg kurang , apabila agan mau menambahi , dengan senang hati ane terima emoticon-Shakehand2

Semoga Bermanfaat gan , ENJOY !


Quote:





Mampir Ke Thread Ane Yang Gak Kalah ENJOY !

Quote:

Diubah oleh bafaddyan 25-12-2013 17:45
0
7.4K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan