dellahurahuraAvatar border
TS
dellahurahura
Suzzana , Ratu Horor Indonesia
Hallo .. balik sama Della , setelah sukses mengangkat profil ADA DIA DIBALIK FILM YANG AGAN PERNAH TONTON !!!

sebelumnya kita cek repsol dulu yah


nah skrg mau bahas tentang seseorang yang legend lagi si artisnya dari sutradara itu , yang kalian semua pasti tahu , dan pastinya juga bikin kalian semua emoticon-Takut, mau tau siapa , dia adalah ?


SUZZANNA MARTHA FREDERIKA VAN OSCH





Suzanna Martha Frederika van Osch populer dengan nama Suzanna (lahir di Bogor, Jawa Barat, 14 Oktober 1942 – meninggal di Magelang, 15 Oktober 2008 pada umur 66 tahun) adalah bintang film horor Indonesia yang berkecimpung di dunia layar perak sejak tahun 1950-an hingga 1990-an. Wanita bergelar "The Queen of Indonesian Horror" ini popular lewat film-film panas dan mistik seperti Bernapas dalam Lumpur (1970), film legendaris Beranak Dalam Kubur (1971), Pulau Cinta (1978), dan Ratu Ilmu Hitam (1981).

Kariernya berawal saat memenangkan kontes "Tiga Dara" dan diaudisi oleh Usmar Ismail. Meski awalnya gugup karena belum pernah memegang telepon, padahal dalam audisi ada akting mengangkat telepon, akhirnya Suzanna lolos. Dalam film drama seperti Asrama Dara yang disutradarai Usmar Ismail, ia membawakan peran Ina, gadis remaja yang menghadapi perpisahan ayah dan ibunya.
Gadis muda berjulukan The Next Indriati Iskak ini berhasil memukau penonton lewat Asrama Dara dan meraih banyak penghargaan, di antaranya The Best Child Actress (Festival Film Asia, Tokyo, 1960), dan Golden Harvest Award. Sulung dari lima bersaudara yang berdarah Jerman-Belanda-Jawa-Manado ini juga meraih gelar Aktris Terpopuler se-Asia saat Festival Film Asia Pasifik di Seoul tahun 1972.

Popularitas Suzanna diraih dari film-film panas dan mistik, seperti Bernafas Dalam Lumpur dan Bumi Makin Panas serta Pulau Cinta (1978) dan Ratu Ilmu Hitam (1981) yang membuatnya menjadi nominator FFI untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Suzanna berhenti bermain film pada awal tahun 1990-an. Namun bukan berarti dia sudah tidak lagi eksis. Pada tahun 2003, di usianya yang menginjak 61 tahun Suzanna berbinar lagi di Sinetron Selma dan Ular Siluman yang tayang di RCTI.

Suzanna pernah menikah dengan aktor Dicky Suprapto dan mempunyai anak perempuan bernama Kiki Maria, yang juga mengikuti langkah ibunya ke dunia pentas. Setelah bercerai, menikah kembali dengan Clift Sangra, "daun muda" (karena selisih umurnya lebih dari 20 tahun), teman mainnya di Sangkuriang (1982). Mereka memiliki seorang anak angkat, Rama Yohanes.

Meski telah berumah tangga lebih dari dua puluh tahun dengan Clift, hampir tidak terdengar kabar atau gosip miring. Sampai akhirnya di penghujung tahun 2003, Kiki Maria, anak pertama Suzanna melaporkan Clift Sangra yang dituduh melakukan penembakan terhadap suaminya, FX Abriyarso Prihanto Boyho.[2] Kasus penembakan itu sendiri kabarnya dipicu oleh harta warisan milik Suzanna yang akan dibagikan pada Kiki Maria, anaknya dari perkimpoian pertama dengan Dicky Suprapto. Sempat pula beredar kabar kalau Clift juga akan membunuh Suzanna demi harta warisan. Untuk memuluskan rencana mencabut nyawa Suzanna, kabarnya Clift menyewa pembunuh bayaran, yang disewa dengan imbalan Rp50 juta.[3] Selain Clift yang didakwa menganiaya, Abriyarso pun mendapat tuduhan yang sama karena menganiaya Clift. Akhirnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kota Magelang menjatuhkan vonis empat bulan penjara terhadap aktor laga Clift Andre Natalia atau Clift Sangra karena terbukti menganiaya menantu tirinya, Abriyarso Priharto Boyoh, pada 14 November 2005 itu dengan menembak Abriyarso menggunakan pistol berpeluru karet yang mengenai bagian perut.[4] Sedangkan Abriyarso Priharto Boyoh mendapat vonis bebas karena tidak terbukti melakukan penganiayaan pada aktor Clift Sangra.


dia disama samain sama Indriati Iskak , mmm mungkin secara face emang rada mirip ya gan

Spoiler for indriati iskak:


Suzzanna Pas Muda
Spoiler for cantik gan :



Spoiler for kumpulan filmnya :


buat yang belum tahu Dicky Suprapto dan Clift Sangra siapa , gue kasih liat fotonya

Spoiler for dicky suprapto:


foto anaknya
Spoiler for kiki maria:


pada mau tau ga fotonya arie , curhat dulu gan , susah nemu tapi perasaan dulu pernah liat fotonya , nih ada sedikit cerita tentang arie anaknya suzzana yang meninggal (katanya) ditembak .

Spoiler for his story:


yutubnya gan




tukang bapao gan , lucu

dan silahkan bisa cek sendiri di yutub ya gan ..

gue niat banget loh bikin ini trit tentang beliau jadi gausah ditanya lagi seberapa ngefansnya gue sama doi , gue yakin deh kalian semua sebenernya ngefans kan ama beliau , jadi bisa kan hargain TS dengan rate dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)cuma cumanya .

thx ya dah mampir
bye emoticon-Kiss
~dellahurahura~

sumurnya gan
gugel
wikipedia
indonesiancinematheque
yutub
[URL="wisnu pratama"]wisnupratama.com[/URL]
Diubah oleh dellahurahura 27-12-2013 08:35
0
42.7K
224
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan