Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

montie84Avatar border
TS
montie84
[Kejadian Lagi] : Tikar Bidai Diklaim Malaysia
Spoiler for Makasih Buat Ijo2nya:


Tikar Bidai Diklaim Malaysia, DPR akan Panggil Kemendikbud




JAKARTA - Ketua Komisi X DPR, Agus Hermanto, mengatakan akan mendalami kasus Tikar Bidai khas Dusun Seluas, Kalimatan Barat, yang diklaim sebagai salah satu kerajinan tangan milik Malaysia.

"Tentunya kita akan melakukan raker atau dengar pendapat dengan Kemendikbnbud. Kan di sana ada Ditjen dan Wamen. Agar kita bisa mengetahui secara rinci yang telah terjadi," kata Agus kepada Okezone, Kamis (26/12/2013).

Hal itu dilakukan karena sudah banyak kasus serupa yang melibatkan dua negara serumpun antara Indonesia dengan Malaysia.

"Kalau kita diam saja, kan tidak bisa menyelesaikan masalah. Namun kalau kita melihat ini dengan terburu-buru dengan tidak melihat latar belakang, tentu kita juga salah," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Basiran (45), salah seorang pengrajin Tikar Bidai, mengatakan, modus yang dilakukan Malaysia yakni mengganti merek dari tikar tersebut. Mereka melakukan borong terhadap pedagang di daerah perbatasan kemudian menjual kembali dengan memberi nama Bidai Serawak.

“Kalau sudah masuk Malaysia mereka mengklaim menjadi Bidai Serawak dengan terlebih dahulu mereka poles dan mereka kemas," kata Basiran.

Tidak hanya itu, harga jual pun dinaikkan hingga lima kali lipat. Jika harga jual awalnya 220 Ringgit Malaysia (RM), setelah sampai di Negeri Jiran naik menjadi 1.000 RM.

Dia menjelaskan, tidak hanya Malaysia, tikar ini memang diminati dari berbagai wilayah. Tikar yang berasal dari kayu Kapuak ini bisa dianyam untuk beberapa jenis kerajinan seperti tikar, taplak meja, sajadah, dan hiasan dinding.

“Kalau pemesanan tidak hanya dari Malaysia, tetapi juga pemesanan dari Pontianak dan luar Kalbar," jelasnya.


Spoiler for Komeng Agan2:



Diubah oleh montie84 26-12-2013 07:17
0
2.3K
35
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan