Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

marsiswAvatar border
TS
marsisw
Geofisika
cuma pangen ngeshare sedikit ilmu yang sedang ane pepajari dikuliahan gan, semoga bermanfaat

Salah satu metode yang kita kenal dan terkenal di jagat keilmuan geofisika adalah Metode Seismik. Banyak yang tahu, bahwa metode ini digolongkan menjadi dua, yaitu Seismik Refraksi dan Seismik Refleksi. Seismik refraksi biasa digunakan untuk mengetahui keadaan bawah permukaan pada kedalaman yang dangkal, sedangkan seismik refleksi lebih dalam jangkauannya.

Pada metode seismik ini, keduanya mempunyai garis besar pelaksanaan yang serupa.


Akuisisi Data Seismik
Pada tahapan ini, akan banyak memerlukan kekuatan para ilmuwan yang tahan banting. Pekerjaan ini biasa dilakukan di lapangan (darat) atau laut. Produksi data ini memerlukan sumber gelombang buatan sehingga didapatkan frekuensi sumber yang sesuai untuk keperluan perekaman data. Sumber dapat berupa palu godam, petasan, atau dinamit. Data yang didapatkan akan berupa bentuk penjalaran gelombang seismik di bawah permukaan terkait dengan frekuensinya dan juga waktu tempuh yang dilalui gelombang pada tiap medium.

Pengolahan Data Seismik
Pengolahan data seismik memerlukan bantuan perangkat lunak (software). Tahapan ini dapat dilakukan di ruangan berkomputer. Data yang kita dapat berupa rincian angka waktu penjalaran dan traces, akan menjadi modal yang penting sampai kita dapatkan penampang seismik. Banyak koreksi yang harus dilakukan sehingga data yang kita miliki berubah menjadi penampang yang representatif. Ilmu pengetahuan yang cukup dan jam terbang akan menentukan keabsahan hasil pengolahan data kita.

Interpretasi Data Seismik
Tahapan terakhir ini akan menyempurnakan hasil penampang seismik (stack) yang sudah didapatkan dari pengolahan data sebelumnya. Berbagai penerapan perlakuan juga diperlukan. Interpretasi yang bersifat menyempurnakan melalui banyak hal, bukan berarti menjadi tidak penting. Tahapan ini juga sangat penting sehingga penampang seismik yang belum diinterpretasi akan belum menghasilkan informasi yang berarti. Tentu tahapan ini dapat dilakukan di ruangan berkomputer.

Dari ketiga langkah pengolahan data seismik di atas, dapat kita ketahui bahwa sesungguhnya tidak ada yang tidak mungkin kita lakukan. Bagi yang tidak suka berpanas-panas di lapangan, dapat memilih untuk menjadi ahli pengolahan atau interpretasi data. Semuanya jadi mungkin di dunia geofisika. Deretan angka yang belum tentu berarti bagi orang lain, ternyata mempunyai makna yang sangat besar, bahkan bisa ‘disulap’ menjadi informasi yang penting. Ilmu geofisika adalah ilmu yang menyenangkan, ketika sudah masuk, percayalah, susah untuk meninggalkannya.


sumber: http://hada28.wordpress.com/2011/09/...kaan%E2%80%99/
0
2.2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan